7 Tempat Wisata Aktratif di Sragen Yang Wajib di Kunjungi


Berjarak kurang lebih 30 km ke arah utara dari Kota Surakarta atau Solo, Sragen adalah sebuah kabupaten yang masuk wilayah karesidenan Solo atau biasa disebut Solo Raya. Dibandingkan dengan kabupaten lainnya yang masuk wilayah Solo Raya, Sragen memang paling jarang terdengar.

Sragen, kabupaten yang dijuluki sebagai Bumi Sukowati mempunyai wilayah yang lumayan luas. Wilayah kabupaten ini termasuk Situs Purbakala Sangiran yang dipercaya sebagai pusat beradaban manusia purba pada masa pra-sejarah. Sebuah museum yang menyimpan fosil serta berbagai peralatan manusia purba dibangun di kawasan Sangiran, Sragen untuk keperluan edukasi.

Sangiran adalah salah satu tempat yang paling terkenal di Sragen. Tetapi, masih ada beberapa tempat lain yang dapat kamu datangi jika kebetulan Kamu sedang berkunjung ke Sragen.

Berikut ini 7 tempat menarik di Sragen yang dapat Kamu datangi.


1. Museum Purbakala Sangiran


Museum Sangiran adalah aset wisata terpenting untuk Kabupaten Sragen. Di lokasi inilah Kamu bisa melihat tulang belulang manusia serta binatang purba yang sering kali kita pelajari waktu mata pelajaran Sejarah. Disamping fosil, Kamu juga dapat melihat perlengkapan berburu seperti kapak batu yang zaman dahulu digunakan oleh manusia purba untuk survive. Buku-buku tua juga bisa kamu lihat di museum ini. Lokasi museum sendiri berlokasi di kawasan Situs Sangiran yang dipercaya sebagai salah satu pusat kehidupan manusia purba pada jaman pra-sejarah.

Museum Sangiran berlokasi di Desa Krikilan, Kemacatan Kalijambe, Kabupaten Sragen. Museum ini juga dapat diakses dengan mudah dari Kota Solo. Malahan, kalau diukur jaraknya lebih dekat daari Solo dibandingkan dari pusat kota Sragen.

2. Waduk Kedung Ombo


Aset wisata unggulan lain yang dimiliki Sragen selain situs Sangiran yaitu Waduk Kedung Ombo. Lokasi waduk ini terletak di perbatasan antara Kabupaten Sragen, Boyolali dan Grobogan. Tetapi, lokasi pengembangan wisata di waduk ini berada di wilayah Kabupaten Sragen. Adapun luas waduk ini mencapai  6.576 ha. Pemandangan di sekitarnya terlihat sangat indah. Yang menarik dari waduk ini yaitu padang rumput yang terletak di bendungan. Terlihat sangat luas serta hijau.

Di lokasi wisata Waduk Kedung Ombo sudah dibangun banyak sekali fasilitas. Antara lain bumi perkemahan dan pasar ikan. Berkeliling danau memakai perahu adalah aktivitas paling menyenangkan di Waduk Kedung Ombo.

3. Pemandian Air Panas Bayanan


Bayanan terkenal sebagai tempat wisata pemandian air hangat. Tempat ini berlokasi di kawasan kaki Gunung Lawu sehingga mempunyai udara yang cenderung sejuk jika dibandingkan tempat-tempat lain di Sragen yang hampir seluruhnya terletak di dataran rendah. Pemandian ini dulunya bernama Pemandian Hyang Tirto Nirmolo dan dibangun di tahun 1808 oleh seorang Belanda yang bernama Tuan Praul. Pemandian ini sendiri terletak di Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen.

4. nDayu Park


Di Sragen mempunyai sebuah taman wisata yang lumayan menarik. Namanya yaitu Dayu Park. Jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat kota, hanya sekitar 6 km. Tempat ini adalah semacam kawasan wisata terpadu. Ada sejumlah wahana bermain bertema air yang dapat kamu jajal di taman ini. Selain itu, ada juga wahana lain seperti outbond sampai flying fox yang dapat kamu coba. Dayu Park juga dilengkapi dengan agrowisata dan kebun binatang mini.

 5. Taman Krido Anggo


Krido Anggo adalah sebuah taman yang letaknya berada di depan rumah dinas bupati Sragen. Lokasi taman ini berjarak 500 meter dari alun-alun kota. Sebelum dikembangkan menjadi sebuah taman, tempat ini dulunya adalah gedung KNPI. Tetapi, bangunan gedung kini sudah dirobohkan untuk pembuatan public space baru di Bumi Sukowati. Taman Krido Anggo adalah salah satu tempat menarik untuk sejenak bersantai sambil menikmati suasana Kota Sragen. Keberadaan pohon-pohon yang rindang bisa membuat acara nongkrong di taman ini menjadi semakin asik.

6.  Kolam Renang Kartika


Kartika adalah kolam renang yang lumayan terkenal di Sragen. Lokasinya terletak persis di samping Stadion Taruna. Tempat ini seringnya dikunjungi para pelajar yang hendak belajar berenang dan cenderung sangat ramai saat hari libur. Jika kamu mau menyegarkan diri di tengah cuaca Sragen yang panas, tidak ada salahnya untuk datang serta berenang di tempat ini.

7. Alun-alun Kabupaten Sragen


Alun-alun adalah salah spot terbaik untuk menikmati suasana Kota Sragen. Datanglah ketika sore hari untuk menikmati suasana yang lebih ramai. Saat sore tiba, biasanya akan banyak anak-anak muda yang nongkrong. Kamu dapat menikmati suasana sambil menikmati jajanan murah meriah yang banyak dijajakan di sekitar alun-aun.

Alun-alun ini mempunyai nama Alun-Alun Sasono Langen Putro, tetapi sepertinya tidak banyak yang mengetahui nama itu. Pada tahun 2015 lalu dinas terkait setempat melakukan perbaikan terhadap alun-alun ini. Sejumlah fasilitas dibangun agar pengunjung semakin nyaman. Keberadaan air mancur juga turut menjadikan alun-alun ini lebih menarik. Jika malam Minggu tiba, Alun-Alun Sasono Langen Putro akan lebih ramai dengan kunjungan manusia.

0 komentar