Daya Tarik Taman Laut Bunaken, Manado

taman laut bunaken (wikiwisata.com)
Taman Laut Bunaken merupakan suatu lokasi wisata di Manado paling terkenal. Jumlah kunjungan wisata ke Bunaken, Manado ini memperlihatkan tren yg meningkat dari tahun ke tahun. Data statistik mencatatkan di akhir Agustus 2012, jumlah kunjungan wisata ke Bunaken mencapai 21.889 dari turis lokal & 7.850 dari turis luar. Secara rata-rata Bunaken di Manado ini dikunjungi lebih dari 35 ribu orang per thn.

Keindahan terumbu karang & surga bawah laut di Bunaken Manado merupakan keunggulan komparatif yg paling memikat dari banyaknya spot penyelaman yg ada di dunia. Wisata Bunaken Manado ini merupakan salah satu yg paling baik di Indonesia, disamping Raja Ampat Papua & Pulau Weh, Sabang.

Taman Laut Bunaken berlokasi di kawasan Teluk Manado, yang secara geografis terletak disebelah utara Sulawesi. Bersama dgn Pulau Siladen & Pulau Mantehage, Taman Laut Bunaken membentuk suatu Taman Nasional Bunaken Manado yg sudah diresmikan pemerintah Republik Indonesia sekian thn dulu.

Daya Tarik Taman Laut Bunaken 

Terumbu karang di alam bawah laut Bunaken merupakan hal utama dari daya tarik wisata Bunaken. Terumbu karang ini jadi area hidup bagi 2.000 type ikan & bermacam macam biota laut. Spesies ikan yg umum dijumpai ialah wrase, dansel, trigger, sweetlip, unicorn, & sebagainya. Karakter unik Taman Laut Bunaken yaitu kedalaman lautnya yg mencapai kedalaman 1000 m.

Dibagian dalam laut, Kamu bisa melihat bermacam macam kategori ikan besar, seperti ikan marlin, tuna, hiu kepala palu, pari, monitor, cakalang, barakuda, lumba-lumba, sampai paus. Jikalau Kamu beruntung, bahkan Kamu bisa menyaksikan spesies ikan yg tergolong langka & nyaris punah, seperti dugong, kura-kura, & ikan raja laut (coelacanth).

Karakteristik alam bawah laut di Bunaken yakni adanya Underwater Great Walls, atau dinamakan serta hanging walls, yg artinya dinding-dinding karang raksasa yg berdiri vertikal & melengkung ke atas setinggi 25-50 m. Dinding karang ini merupakan sumber makanan bagi ikan-ikan di kawasan Teluk Manado.

Snorkel & Diving di Bunaken 

snorkeling di bunaken (youtube.com)
Banyak tempat persewaan fasilitas snorkel & diving di Bunaken, dengan harga berkisar dari 150 ribu rupiah per orang per hri. Biasanya, harga penyewaan alat telah sama & berlaku seluruh area penyewaan di Bunaken. Sebagai contoh, denagn membayar 150 ribu rupiah Kamu bisa memperoleh peralaan snorkel seperti masker, sepatu katak, & wetsuit.

Utk membuat foto-foto dibawah laut, Kamu bisa juga membayar sejumlah 350 ribu rupiah. Untuk menyewa jasa pemandu snorkel, Kamu bakal dikenai anggaran yg sama besar nya dgn anggaran sewa peralatan snorkel. Kalau Kamu belum pernah atau belum terbiasa menyelam (diving), pemandu akan mengajari Kamu teknik-teknik menyelam.

Akitivitas Lainnya di Wisata Bunaken 

Sebenarnya, cuma dgn berjalan kaki mengelilingi pantai di Bunaken saja sudah merupakan pengalaman yg menarik. Lantaran, ruangan wisata di Manado ini benar-benar mempunyai panorama pantai yg indah. Air lautnya yg kehijauan, panorama alam sekeliling laut di Bunaken akan meninggalkan kesan yg kuat bagi Kamu. Seain itu kamu dapat mengarungi lautan Bunaken dengan menaiki Katamaran, yaitu suatu kapal berkaca yg disewakan di lepas pantai Pulau Bunaken.

Katamaran ini berlantai kaca, sehingga Kamu bisa menikmati keindahan bawah laut Bunaken. Terkecuali Katamaran, ada pula kapal selam Blue Banter yg sayangnya cuma dapat beroperasi ketika air laut pasang. Pasti saja, Kamu mesti merogoh kocek yg pastinya tidak sedikit untuk menikmati pengalaman wisata bahari ini. Tapi, nikmatnya tentulah sepadan dengan biayanya! Aktivitas wisata yg seperti ini bisa Kamu temui juga di obyek wisata Pulau Siladen di Manado.

Tiket masuk ke Wisata Bunaken 

Utk bisa masuk ke kawasan wisata Taman Laut Bunaken, Kamu mesti mempunyai tanda masuk & tiket ke Pulau Bunaken yg bisa diperoleh di kota Manado atau secara langsung di Taman Nasional Bunaken. Harga karcis masuk wisata Bunaken 2 ribu rupiah per orang per hri buat turis lokal. Sedangkan bagi turis asing, harga ticket masuk Bunaken yaitu 50 ribu rupiah per orang per hri atau bisa dibeli tahunan (berlaku selama setahun) seharga 150 ribu rupiah per th.

Transportasi dari/ke Bunaken Manado 

Akses transportasi menuju obyek wisata Bunaken Manado teramat gampang. Bandara Sam Ratulangi melayani jurusan penerbangan langsung dari & keluar negara, seperti ke Singapura, Manila, Kuala Lumpur, & Davao di Filipina. Terminal penumpang di bandara ini juga telah mempunyai akomodasi dan sarana prasarana berstandar internasional. Buat menuju kota Manado, Kamu bisa memakai jasa taksi dengan budget 150 ribu rupiah sampai 200 ribu rupiah dari bandara tersebut.

Sedangkan untuk menuju ke Pulau Bunaken dari kota Manado, ada dua pilihan area bertolak, pertama dari Pasar Bersehati dan kedua dari Marina. Biaya sewa kapal dari Pasar Bersehati ke Bunaken lebih kurang 300 – 400 ribu rupiah. Tarif bakal lebih mahal seandainya Kamu bertolak dari Marina, adalah berkisar 600 – 800 ribu rupiah. Alternatif yang lain, Kamu bisa memakai kapal tradisional dgn budget cuma 50 ribu rupiah per orang. Dari pelabuhan Manado menuju Pulau Bunaken dapat memakan kala kurang lebih 30 menit.

Seandainya Kamu hendak langsung ke area penyelaman di Pulau Bunaken, hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit. Seandainya Kamu pergi dari Marina, Kamu dapat menaiki kapal pesiar, & inilah  kenapa biayanya lebih gede, & menempuh perjalanan antara 10-15 menit untuk sampai di Pulau Bunaken.

Penginapan & Hotel di Bunaken 

Pastilah Kamu tertarik mencari penginapan atau hotel murah di Bunaken. Tapi, sebenarnya Kamu bisa pilih antara menginap di kota Manado atau di Bunaken. Seandainya pilihannya di kota Manado, akan terdapat bayak penginapan, mulai hotel melati berbiaya 100 ribu rupiah per malam sampai hotel bintang lima dengan tarif jutaan rupiah per malam.

Kalau Kamu mau menginap di Pulau Bunaken, Kamu bisa menyewa cottage atau rumah tinggal yg tidak sedikit tersedia di sepanjang pantai. Harga sewa cottage bervariasi, tergantung jarak cottage ke lokasi taman laut. Makin dekat tempat cottage dgn taman laut, maka harga sewanya semakin mahal.

Umumnya, harga sewa dihitung per orang di sana. Rata-rata besar nya anggaran sewa cottage di Bunaken berkisar 150 ribu rupiah sampai 350 ribu rupiah per orang per malam. Harga tersebut telah termasuk juga makan 3 kali sehari dgn menu yang didomiasi masakan laut alias seafood.

0 komentar