10 Tebing Spektakuler di Indonesia Yang Serasa di Luar Negeri


Sadarkah kamu teman-teman jika liburannya orang Indonesia itu kebanyakan kalau tidak pergi ke pantai, paling banter nongkrong di mall. Atau pun menghabiskan waktu di taman hiburan yang ada di sekitar lingkunganmereka. Padahal, negara kita mempunyai beragam keindahan dari bawah laut sampai pucuk gunung yang terlalu indah untuk dilewatkan. Khususnya pemandangan tebingnya, ada banyak yang keindahannya membuat kamu lupa diri lalu bertanya, ini di Indonesia ataukah luar negeri ya?

Karena letaknya sulit dijangkau, tebing-tebing di Indonesia bisa dikatakan ‘hidden trasure’ atau permata tersembunyi. Nah, biar kamu sadar betapa kerennya tebing di tanah air, berikut ini deretan bukit-bukit tersebut. Awas jatuh hati nggak ditanggung!

1. Tebing Koja kandang Godzilla Tangerang, tidak ada yang menyangka kota industri menyimpan keindahan seperti ini



Jika kamu tinggal di padatnya Kota Jakarta, sebaiknya luangkan waktu senggang dan datang ke Tebing Koja kandang Godzila ini. Pemandangan eksotisnya akan membuat akhir pekan kamu menjadi berkesan. Bertempat di Desa Cisuka Tangerang, tebing-tebing di tempat ini berwarna kecoklatan dikelilingi hijaunya sawah. Belum lagi kolam di tempat ini masih sangat alami dan menyegarkan. Sampai di tempat ini, kamu bakalan linglung saking kerennya.

2. Tebing Bukit Kelam, mirip banget sama Ayers Rock di Australia



Seperti namanya, bukit ini memiliki warna kelam alias hitam. Terletak di dekat Kota Sintang, menggapai tempat ini perlu menyusuri perjalanan sekitar 395 km dari Pontianak. Tebing Bukit Kelam adalah sebongkah batu raksasa. Bongkahan batu raksasa ini diapit dua sungai besar yaitu Sungai Melawi dan Sungai Kapuas. Cobalah naik ke bongkahan batu ini, kamu akan merasakan sensasi berada di tengah dua sungai besar.

3. Tebing Masigit Bandung, pacu adrenalinmu dengan sensasi mengambang di udara



Bagi kamu yang suka keindahan sekaligus hobi pacu adrenalin, buruan datang ke Tebing Masigit ini. Tempat yang berada di Gunung Masigit, Cipatat, Jawa Barat ini akan menyuguhkan sensasi berdiri di atas bukit seolah mengambang di udara akibat terpaan angina kencang. Untuk menikmati spot ini, kamu harus menunggu antrean panjang saking populernya.

4. Tebing Karst Maros, sensasi keindahan karst terbesar ketiga di dunia



Kawasan tebing Karst Maros menyuguhkan panorama pedesaan indah yang tenang dan sederhana. Setiap sudutnya, tersimpan keindahan alami yang tak bisa dipungkiri. Bertempat di Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Sulawesi Selatan, kawasan tebing ini merupakan karst terbesar ketiga di dunia yang jadi incaran turis asing.

5. Tebing Kapur Pantai Melasti, menawarkan eksotisme tebing dan pantai indah



Tebing Kapur Pantai Melasti menyuguhkan keindahan perpaduan lereng-lereng curam penuh belokan dan turunan. Terletak di Kecamatan Kuta Selatan, Badung Bali, destinasi ini menjadi spot menarik untuk menghasilkan foto keren. Setelah menaklukkan tebing, kamu bisa menikmati indahnya Pantai Melasti yang berada di Desa Ungasan.

6. Taman Tebing Breksi, suguhan seni tingkat tinggi dalam megahnya tebing



Saat ini, Tebing Breksi jadi destinasi hits di Jogjakarta. Keindahan alami tebing ini dipercantik dengan ukiran para seniman kreatif, hasilnya pun membuat tebing semakin elok. Kamu yang malas trekking bisa datang menikmati tebing indah ini tanpa bersusah-susah. Tempat ini pun kerap ramai sebab sering dipakai sebagai tempat pagelaran acara-acara besar.

7. Tebing Bukit Kapur Sekapuk, peradaban ala Yunani kuno yang membuatmu terbelalak



Meski sebenarnya bukan tempat wisata, melainkan bekas lokasi penambangan, Tebing Bukit Kapur Sekapuk sangat indah. Terdiri dari lekukan, lubang, dan lorong kapur yang indah ditumbuhi rumput liar membentuk landscape menakjubkan. Maka tak heran jika banyak wisatawan yang menyebut tempat ini tak ubahnya peradaban kuno ala Yunani.

8. Tebing Cukang Taneuh, nuansa alami yang menyegarkan mata



Jika mencari nuansa tebing yang benar-benar alami dan segar, kamu perlu memasukkan Cukang Taneuh di Pangandaran sebagai list destinasimu. Tebing yang mengapi Cukang Taneuh memiliki panorama yang berbeda dari tebing lainnya. Gundukan batu raksasa dilapisi hijau dedaunan dan lumut dijamin membuatmu merinding saking kerennya.

9. Brown Canyon Semarang, kemegahan tebing yang menakjubkan



Disebut-sebut mirip Grand Canyon yang ada di utara Arizona, tempat ini selalu ramai didatangi pengunjung. Tebing-tebing yang menjulang inggi dipadu pohon-pohon di puncaknya, tempat ini menjadi panorama alam eksotik yang sayang untuk dilewatkan. Sayangnya, tempat ini belum menjadi daerah wisata resmi. Karena itu, belum ada petunjuk yang mengarahkan ke lokasi yang berada di Desa Rowosari, Kecamatan Tembalang, Semarang.

10. Bukit Kapur Arosbaya, Madura



Bukit instagrammable ini menjadi incaran pecandu foto baik dari dalam sampai luar negeri. Spot tebing bergerigi menjadi unsur paling menarik karena merupakan perwujudan seni yang tinggi. Untuk mencapai tempat ini, kamu hanya perlu ke daerah Plalangan Madura.

Sepuluh tebing di atas membuktikan jika negara kita tidak melulu mempunyai pantai-pantai indah saja. Tapi ada juga tebing-tebing keren serta destinasi lain yang mungkin belum sempat kamu datangi. Jadi, manakah dari 10 tebing di atas yang ingin banget kamu datangi?

Sumber

0 komentar