Friday, February 12, 2016

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan Di Karimun Jawa


Tujuan wisata Karimunjawa merupakan salah satu obyek wisata Jepara yang ternama, baik di kalangan turis lokal sampai para pelacong mancanegara. Kepulauan Karimunjawa tersusun dari 27 pulau-pulau mungil yang menawari Kamu keindahan bahari yang mempesona dengan beberapa kegiatan wisata yang menarik.

Secara lokasi, kawasan wisata Karimunjawa merupakan wilayah administrasi Kab Jepara di Jawa Tengah, berjarak lebih kurang 83 kilometer ke arah barat laut kota Jepara. Karimunjawa sudah ditetapkan menjadi cagar alam laut yang dilindungi di Indonesia & terkenal dinamakan sebagai Taman Nasional Karimunjawa.

Nama Karimujawa diberikan oleh Syekh Amir Hasan sebagai putera Sunan Muria & yang merupakan murid dari Sunan Kudus. Disebabkan kenakalannya, putra & murid dari penyebar agama Islam di Jawa itu lalu dibuang ke kepulauan yang kalau dari kejauhan cuma tampak kerimun-kerimun (dalam bahasa Jawa, artinya samar-samar). Oleh karena itulah kenapa kepulauan ini seterusnya disebut juga sebagai Karimunjawa.

Dari total pulau yang ada di Kepulauan Karimunjawa, terdapat lima pulau yang ada penduduknya, dan sisanya kosong. Kawasan wisata Karimunjawa mempunyai 90 type karang laut, lebih dari 240 kategori ikan, juga 133 genera akuatik. Secara keseluruhan, Karimunjawa mempunyai luas tempat segede 107.225 ha.

Tidak cuma satwa laut, disana banyak satwa darat yang dapat Kamu temui, seperti kera, rusa, penyu, burung, & lain-lain. Faktor ini disebabkan topografi wilayahnya tak cuma didominasi oleh pantai semata, namun pula hutan mangrove & hutan pantai.
Alamat Karimunjawa : Kepulauan Karimunjawa, Kab Jepara, Jawa Tengah

Aktivitas Wisata Menarik Di Karimunjawa

Terdapat tidak sedikit aktivitas wisata seru yang bisa Kamu lakukan di Karimunjawa. Sungguh, Kamu membutuhkan waktu sekitar 4-7 hari untuk dapat memuaskan diri menjelajahi bermacam tempat & aktivitas yang ada di sana.
Apabila Kamu mempunyai jeda liburan yang sedikit, sekian banyak aktivitas berikut ini layak Kamu lakukan selagi berada di Karimunjawa, Jepara.

1. Berenang bersama Hiu

Kawasan wisata Karimunjawa memberikan Kamu pengalaman sensasional berenang & main-main bersama ikan hiu. Yaitu blacktip reef shark, hiu yang menyukai perairan dangkal berpasir, yang bisa Kamu temui dikala berenang atau snorkeling di Pulau Menjangan Agung.
Spesies hiu ini sungguh jinak & tak menyerang manusia. Ukuran panjang tubuhnya cuma kira kira 1,6 meter. Kamu tak usah takut. Namun bila rasa khawatir Kamu tetap ada, Kamu bias mencoba sensasi berenang bersama hiu-hiu yang lebih mungil di penangkarannya.

2. Snorkeling

Kamu tak perlu kuatir kehabisan spot-spot snorkeling selagi datang ke kepulauan ini. Banyak spot snorkeling menarik yang menyebar di berbagai lokasi obyek wisata Karimunjawa.
Spot-spot idola buat snorkeling, antara lain di Pulau Menjangan Akbar, Pulau Menjangan Mungil, Pulau Tengah, Pantai Tanjung Gelam, & Pulau Cemara Agung. Semuanya mempunyai pemandangan yang sama, yaotu pantai berpasir putih dengan air laut yang berwarna turquoise bening.
Apabila Kamu mau melihat pemandangan terumbu karang & ikan-ikan hias kece, paling banyak terdapat di Pulau Menjangan Mungil. Tapi dikarenakan kedalaman laut yang dangkal, banyak wisatawan yang sedang snorkeling menyentuh karang-karang yang ada di area. Dikhawatirkan, hal ini bakal mengganggu proses kelangsungan hidup terumbu karang.

3. Main-main ke “Gosong”

Ini bukanlah kata “gosong” yang mempunyai sinonim terbakar. Gosong ialah istilah yang dipakai buat mendeskripsikan daratan berpasir yang menyembul ke permukaan laut disaat air sedang surut waktu pagi hari. Dikala mendekati siang, gosong akan hilang dengan sendirinya.
Di area wisata Karimunjawa, Kamu bakal teramat gampang mendapatkan gosong. Namun gosong yang paling populer ialah Gosong Cemara yang berlokasi di timur Pulau Cemara Gede. Di area gosong ini pula, Kamu bias bersnorkel ria menikmati pemandangan terumbu karang yang rimbun dan asri, atau kalau beruntung Kamu bakal melihat penyu dan juga biota laut menarik yang lain.

4. Diving di Bangkai Kapal Karam

Liburan ke Pulau yang mendapat julukan Carribean of Java ini belumlah komplit jikalau Kamu tak melakukan aktivitas diving di kedalaman lautnya. Tak akan membuang waktu bila Kamu mempersiapkan lisensi diving Kamu untuk menjelajahi lebih dalam surga dibawah laut Karimunjawa yang sangat mengagumkan.
Di Karimunjawa, Kamu bakal mendapatkan pengalaman diving yang mengagumkan di dekat bangkai-bangkai kapal karam. Spot bangkai kapal karam ini tak cuma satu, namun berjumlah banyak. Sebut saja contohnya Karang Kapal, Bangkai Kapal Pinisi, Bangkai Kapal Indonoor, dan yang paling populer yaitu Bangkai Kapal Biblis yang mempunyai baling-baling dari perunggu berhiaskan sekian banyak soft coral yang menawan.

5. Penginapan Terapung

Ini jelas pengalaman yang luar biasa. Kamu bisa bersantai sembari tinggal di penginapan yang mengapung.
Di area wisata Karimunjawa, Kamu bisa coba tinggal di Kura-Kura Resort atau Wisma Apung buat merasakan sensasi tinggal di tengah-tengah lautan.

Cara Menuju ke Karimunjawa

Rute yang populer menuju Karimunjawa yaitu lewat rute laut. Menggunakan kapal Bahari Express, Kamu dapat mencapai Karimunjawa jangka waktu lebih kurang 2 jam dari Pelabuhan Kartini di Jepara. Apabila pilih memakai kapal motor cepat Kartini, Kamu bakal tiba dalam waktu 4 jam. Sementara itu, memakai kapal motor Muria memerlukan waktu tempuh sampai 6 jam untuk sampai di pelabuhan Karimunjawa.
Tapi, Kamu juga bisa menggunakan transportasi udara untuk mencapai Karimunjawa. Dari Bandara Ahmad Yani Semarang, Kamu dapat memesan ticket penerbangan dari maskapai Wings Air, Merpati Airlines, atau Sky Aviation. Seterusnya, Kamu bakal tiba di Bandara Dewandaru yang berlokasi di Pulau Kemujan, Karimunjawa.
Dari sana, Kamu setelah itu tinggal menaiki kapal motor untuk bertolak ke pulau-pulau wisata Karimunjawa yang lain.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon