Monday, April 18, 2016

Magnet Diving di Pulau Weh Sabang

http://atjeh.biz/
Obyek wisata Pulau Weh merupakan satu buah objek wisata di Aceh yg baru diketahui sedikit wisatawan, khususnya wisatawan lokal. Tapi, bagi mereka para penggemar wisata laut, Pulau Weh merupakan lokasi wisata yg sudah populer lantaran menjadi salah satu tempat untuk melakukan aktivitas menyelam & berselancar.

Pantai Iboih, yg berada di Pulau Weh, merupakan pantai yg sering didatangi oleh mereka yg mau melakukan penyelaman. Kamu bisa menikmati keindahan bawah laut di Pulau Weh, termasuk juga menyusuri jejak-jejak alam yg memisahkan pulau Sabang dari pulau  Sumatera. Dikarenakan ombak lautnya kuat, Pulau Weh pun jadi lokasi berselancar yg seru di Aceh.

Wisata Pulau Weh di Sabang 

Lokasi penyelaman atau diving di Pulau Weh contohnya yakni Taman Laut yg berada di Pulau Rubiah. Di sini Kamu bisa menjumpai aneka satwa laut yg menakjubkan, diantaranya hiu, paus, lumba-lumba, penyu, & pari manta.

Dari banyaknya berita yg didapat, pengalaman menyelam (diving) di Pulau Weh merupakan salah satu yg paling baik di Indonesia. Keindahan alam bawah laut Pulau Weh bakal disejajarkan dengan pesona laut Raja Ampat yg populer itu. Itulah sebabnya kenapa penggemar diving mendatangi lokasi wisata laut ini.

diving di pulau weh
Wisata Pulau Weh mempunyai terumbu karang yg indah & hidup. Salah satu area menarik di Aceh ini terletak di sebelah paling barat dari peta Indonesia. Pulau Weh terletak di rute pintu masuk ke Selat Malaka, makanya jangan heran kalau Kamu bakal menemukan tidak sedikit  kapal pesiar atau kapal yacht yg melintas di kawasan laut Pulau Weh tersebut. Pastinya, ini merupakan pemandangan yg pass sembari menyusuri & menikmati wisata di Pulau Weh Sabang.

Menikmati wisata Pulau Weh dapat membawa Kamu kepada kehidupan pantai yg menyenangkan. Kamu bisa memilih penginapan, dari yg paling sederhana sampai mewah.

Terdapat pondok kayu yg bisa Kamu sewa dengan budget begitu murah,  bahkan ada bungalow yg berbiaya mahal seandainya itu yg Kamu inginkan. Tersedia tidak sedikit guesthouse buat para pelancong yg tiba di Pulau Weh.

tipikal penginapan di Pulau Weh (pulauwehtravelguide.com)
Kamu bisa menikmati ayunan jaring tempat tidur yg terikat di antara pohon kelapa sambil menikmati panorama pantai & kehidupan sekitarnya yg luar biasa. Bila Kamu menyewa penginapan yg persis berada di pinggir pantai, Kamu mungkin saja bakal tercengang betapa jernihnya air laut yg berada di Pulau tersebut. Pantulan sinar bln ketika tengah malam tiba kian menambah eksotisme wisata di Pulau Weh ini. Satu Buah pengalaman wisata yg teramat berkesan!

Namun, entahlah apa yg menyebabkan kenapa banyak orang masih belum berdatangan ke Aceh utk menikmati wisata di Pulau Weh ini. Argumen yg paling logis yaitu minimnya berita yg mengekspose keindahan wisata laut & aneka aktivitas air yg menarik di Pulau Weh tersebut.

Akibatnya, publik Indonesia banyak yang belum mengetahui salah satu objek wisata di Aceh ini. Tetapi, tren wisata Pulau Weh makin meningkat waktu demi waktu seiring pembangunan infrastruktur & upaya-upaya pemerintah daerah di sana. Ini satu buah hal yg menggembirakan pastinya.

Kamu pastinya sudah sering mendengar kota Sabang bukan? Dari Sabang sampai Merauke, berjajar pulau-pulau. Itu adalah salah satu penggalan dalam syair lagu nasional kita. Sabang ialah ibu kota Pulau Weh. Berjalan-jalan di Pulau Sabang pastilah akan meninggalkan kesan tersendiri.

tugu kilometer 0 indonesia (http://nurulnoe.com/)
Mengunjungi Sabang berarti Kamu sudah menginjakkan kaki di Km Nol Indonesia. Di sana, berdiri tugu yg menandakan hal ini. Tugu ini disebut sbg Tugu Kilo Meter Nol Indonesia. Buat menjelajahi Sabang & pantai di sana, sebenarnya paling nikmat dgn berjalan kaki, taksi-pun juga ada jika Kamu malas berjalan kaki. Minibus ada, sepeda motor & bahkan becak roda tiga siap mengantar Kamu menjelajah pulau Sabang ini. Kamu pun bisa menyewa mobil.

Menjelajahi Pulau Weh akan berkesan bila Kamu mendatangi tempat-tempat menarik di Sabang seperti gunung berapi, air terjun, air panas, bunker Jepang dalam Perang Dunia II, kuburan bersejarah, Durian Keramat (Durian suci), & kota Sabang.

Wisata Belanja di Pulau Weh (Sabang) 

Ciri khas oleh-oleh dari daerah ini yakni produk kreatif yg terbuat dari kayu kelapa. Mungkin Saja Kamu mau membelinya untuk kenang-kenangan, atau buat hadiah untuk kawan, keluarga, atau pasangan. Kamu bisa pergi ke pasar tradisional untuk memperoleh buah-buahan segar & aneka makanan ringan. Ada dodol (permen yg terbuat dari tepung tertentu, gula, gula kelapa & kadang-kadang buah), keripik, kue, & roti (khas pulau ini) yg bisa Kamu beli.

Transportasi ke Pulau Weh (Sabang) 

Bila Kamu dari Banda Aceh, Kamu bisa memakai feri dipagi hri dari pelabuhan Ulee Lheue & akan tiba di Pantai Gapang. Memakai feri memerlukan waktu beberapa jam, lain halnya seandainya memakai speedboat yg butuh waktu kira kira 45 menit. Bila Kamu dari Medan, Kamu mesti bertolak ke Banda Aceh lebih dulu, dapat naik bus atau pesawat.

Anggaran biaya ke Pulau Weh (Sabang) 

Bandara di Banda Aceh – Pelabuhan Ulee Lheu : 100,000 rupiah (mobil);  70,000 rupiah (motor)
Terminal Bus – Pelabuhan Ulee Lheu : 60,000 rupiah/mobil; 30,000 rupiah (becak)
Pelabuhan Balohan (Sabang)- Pantai Iboih : 50,000 rupiah/person

Kapal Cepat (45 min)
Banda Aceh – Sabang : 08:00, 09:30, 16:00
Sabang – Banda Aceh : 08:00, 14:30, 16:30
65,000 rupiah

Kapal Lambat (90 min)
Banda Aceh-Sabang : 14:00 (senin, selasa, kamis, jumat); 10.30, 16:00 (rabu, sabtu, minggu)
Sabang-Banda Aceh : 08:00 (daily); 13:30 (rabu, sabtu, minggu)
25,000 rupiah

Balohan – Pantai Iboih : 50,000 rupiah
Balohan – Pantai Sumur Tiga : 25,000-30,000 rupiah

Rental motor : 60,000 rupiah – 100,000 rupiah

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon