Wisata ke Alam Pegunungan nan Eksotis di Berastagi di Tanah Karo

karokab.go.id
Kawasan wisata Berastagi di Sumatera Utara merupakan daerah dgn iklim yg sejuk­­­­­­­ khas pegunungan. Berastagi merupakan suatu kecamatan di Tanah Karo, populer karena hasil bumi, seperti sayur & buah. Di daerah Berastagi, terdapat beberapa tempat menarik buat berekreasi. 
Suasana alam yg segar & sejuk bisa Kamu dapatkan di Berastagi. Kamu bakal menjumpai hamparan pepohonan, kebun-kebun, pun rumput hijau di bukit-bukit. Inilah sebabnya kenapa kawasan ini jadi destinasi idola wisata keluarga, ramai dikunjungi kalangan pelancong, baik dari Medan, dan daerah yang lain di Sumatera. Wisatawan lokal sampai turis mancanegara.

Kawasan wisata Berastagi ini mempunyai persamaan yg serupa dengan kawasan Puncak Bogor di Jawa Barat, wisata Kaliurang di Djogja, atau wisata Batu Malang di jatim. 

Daerah wisata Berastagi secara administratif berlokasi di wilayah Kab Tanah Karo, Sumatera Utara. Topografi wilayahnya mencerminkan daerah yg terletak di jajaran Pegunungan Bukit Barisan, berketinggian 1.300 meter dpl & diapit oleh dua gunung berapi aktif, adalah Gunung Sinabung & Gunung Sibayak. 

Inilah yang membuat Berastagi mempunyai hawa yg demikian sejuk & ternama dengan kesuburan tanahnya. Sejak lama, Berastagi dikenal sbg ruangan penghasil sayur & buah paling produktif di Sumatera Utara. Di zaman kolonialisme Belanda, Berastagi sudah menjadi satu buah pusat perkebunan & masih berjalan sampai saat ini. 

Dikala memasuki kawasan wisata Berastagi, Kamu bisa menjumpai para bakul sayur & buah-buahan yg berjejer menjajakan dagangan di sepanjang jalan. Di antara beberapa hasil bumi Berastagi, buah jeruk manis & markisa yaitu yg paling ternama. 

Berastagi pun dikenal dgn aneka tanaman hias. Setiap tahun diselenggarakan Pesta Bunga & Buah. 

Spot Menarik Kawasan Wisata Berastagi 

Berikut ini ialah sejumlah titik wisata & destinasi menarik yg bisa Kamu jumpai di kawasan wisata Berastagi. 

1. Pemandian Air Panas Lau Debuk-Debuk 

Pemandian ini berlokasi di Desa Doulu, di kaki Gunung Sibayak. Air panas Lau Debuk-Debuk bersumber dari retakan aliran lava di daerah selatan lereng Gunung Sibayak. Objek wisata Berastagi yg satu ini berjarak lebih kurang 10 kilo meter dari pusat kota Berastagi. Kamu bisa tiba di kolam menggunakan bus atau kendaraan pribadi. 
pariwisatasumut.com
Sesudah mendaki Gunung Sibayak, lazimnya tidak sedikit wisatawan berendam di kolam air panas ini buat menyegarkan badan. Durasi pendakian ke gunung dari kolam ini rata rata ditempuh dalam tempo 2-4 jam berjalan kaki. Kamu cuma butuh membayar tiket masuk kolam air panas di Berastagi ini tidak lebih dari 8 ribu rupiah per orang. 

2. Bukit Gundaling 

tempatwisatamu.com
Inilah salah satu area wisata Berastagi yg menyuguhkan panorama alam indah. Di Bukit Gundaling, Kamu bisa berkeliling menunggangi kuda. Hawa yg sungguh sejuk di bukit ini membuatnya disukai tempat favorit untuk rekreasi & relaksasi di Berastagi. Di kawasan Bukit Gundaling, terdapat kedai-kedai & lokasi makan apabila Kamu mau bersantap. 

3. Jagung Bakar di Panatapan 

blogspot.com
Spot menarik Berastagi yg satu ini berada di Desa Douluh. Dalam bahasa Karo, “Panatapan” berarti area melihat-lihat. Di sini, Kamu bisa menimati panorama alam Berastagi yg indah sambil menikmati bersantap jagung rebus, jagung bakar, dgn ditemani kopi susu hangat atau segelas teh manis panas. Kamu bisa menonton sejenis kera yg berada di kawasan ini, warga lokal menyebutnya juga sebagai “gibon”. 

4. Air Terjun Sikulikap 

Air Terjun Sikulikap yaitu salah satu tempat wisata Berastagi yg menarik utk didatangi. Berlokasi di Desa Doulu, air terjun ini berjarak lebih kurang 11 kilo meter dari pusat kota Berastagi. Di gerbang perbatasan Kab Tanah Karo – Deli Serdang, Kamu bisa menjumpai pintu masuk ke lokasi air terjun Sikulikap. 
mustangcorps.com
Untuk sampai ke air terjun, Kamu butuh turun melintasi anak tangga & jalan setapak sejauh  800 meter atau kurang lebih 15 menit. 

Air Terjun Sikulikap berketinggian lebih kurang 30 meter, mengalirkan air yg bersumber dari Taman Hutan Rakyat (Tahura) Bukit Barisan. Panorama alam di kawasan air terjun Berastagi yg satu ini sungguh indah. Kamu bisa menonton hutan tropis lebat yg mengelilinginya, dgn dinding tebing batu berdiri tegak lurus. 

5. Taman Alam Lumbini 

Inilah salah satu spot wisata di Berastagi yg ternama, yakni destinasi wisata yg ramai dikunjungi wisatawan. Di Taman Alam Lumbini, terdapat satu buah pagoda indah yg juga pagoda paling besar di Indonesia. 
http://tekooo.com/
Kamu bisa melihat ornamen-ornamen indah dgn balutan warna emas selagi berkeliling pagoda tersebut. diluar itu, menikmati keindahan taman yg mempesona di areal pagoda Lumbini merupakan kegiatan yg sangat sering dilakukan wisatawan. 

6. Kebun Raya Tongkoh 

blogspot.com
Terletak di Desa Tongkoh, Kamu bisa memilah & memilih tanaman hias yg ada di kebun ini apabila mau menjadikannya oleh oleh dari Berastagi buat dibawa pulang. Tidak Hanya itu, Kamu bisa berkeliling melihat-lihat kebun milik warga, dari tanaman markisa, jeruk, sampai stroberi. 

7. Desa Lingga 

initempatwisata.com
Desa Lingga adalah suatu desa kuno yg berada di Kecamatan Simpang Empat, berjarak seputar 15 kilo meter dari Berastagi. Di desa ini, Kamu bisa menelusuri wisata budaya & memperoleh wawasan sejarah di sana. Di desa tersebut, terdapat rumah-rumah tua yg berusia sampai beberapa ratus th. diluar itu, Kamu pun dapat menjumpai suatu museum berisi peninggalan Kerajaan Karo di desa tersebut. 

8. Bukit Kubu 

tribunnews.com
Di Bukit Kubu, Kamu bakal disuguhi panorama padang rumput hijau yg menyejukkan. diluar itu, Kamu bisa berkeliling di sana buat menonton rumah-rumah peninggalan kolonial Belanda, termasuk juga di antaranya hunian yg sempat jadi ruang persinggahan Bung Karno selama berkunjung ke Berastagi di jaman dahulu. 

9. Pasar Buah Berastagi 

nonikhairani.com
Sempurnakan perjalanan wisata Berastagi Kamu dengan mendatangi pasar buah yg ada di sana. Kamu bisa menemukan buah-buahan & sayuran segar di pasar ini. Aktivitas ternama yang dilakukan wisatawan biasanya dengan membeli oleh-oleh khas Berastagi yg populer, yakni buah jeruk & markisa. 

Hotel di Kawasan Wisata Berastagi 

Jangan kuatir tentang masalah penginapan di Berastagi, lantaran ada tidak sedikit pilihan lokasi menginap yg bisa Kamu pilih. Banyak hotel, villa, resor, sampai guest house dengan bermacam macam fasilitas di Berastagi. Beberapa hotel di Berastagi yg ternama, di antaranya yaitu Mikie Holiday Resort, The Hill Hotel dan Resort Sibolangit, & Grand Mutiara Hotel. 

Rute Perjalanan ke Kawasan  Berastagi 

Daerah wisata Berastagi berada di Tanah Karo, berjarak 78 kilometer dari kota Medan. Seandainya Kamu berangkat dari Medan, Kamu bakal membutuhkan waktu 45 menit utk bisa tiba di Berastagi. Kamu dapat juga bertolak ke Berastagi lewat rute Sembahe, yang memakan waktu perjalanan sekitar 25 menit.

Dalam perjalanan menuju wisata Berastagi ini, Kamu akkan melintasi daerah Sibolangit yg bakal menyuguhkan sajian pembuka berupa wisata alam yg indah. Di sepanjang perjalanan, Kamu bisa berhenti sejenak di pos-pos pemberhentian yg ada di sana buat beristirahat.

0 komentar