Monday, July 24, 2017

4 Tempat Wisata Pantai Jakarta Paling Terkenal

Pulau Pramuka
Pesona wisata pantai di kota Jakarta memang berbeda jauh jika dibandingkan dengan beberapa destinasi wisata pantai lain yang ada di Indonesia, seperti Pantai Kuta di Bali, Pulau Gili di Lombok atau bahkan dengan yang berlokasi dekat Jakarta, yaitu Pantai Anyer di Banten.

Tahukah kamu, destinasi wisata pantai di Jakarta ini tetaplah terletak di dereten terpopuler untuk warga ibukota. Ini dikarenakan faktor jarak tempuh yang dekat, biaya yang murah, dan ketersediaan waktu yang tidak banyak membuat banyak warga ibukota pergi ke obyek wisata pantai di Jakarta, contohnya Ancol serta Pulau Seribu, dua tujuan wisata pantai Jakarta yang paling populer.

Jakarta merupakan pusat pemerintahan negara, dan juga pusat bisnis di Indonesia. Tapi, potensi besar kepariwisataan Jakarta sudah menjadi perhatian serius bagi pemda DKI. Disamping wisata pantai, masih banyak sejumlah tempat-tempat menarik di Jakarta yang layak dikunjungi.

Wisata Pantai Jakarta


Bagi kamu yang mau pergi menikmati wisata pantai di Jakarta, maka berikut ini ada beberapa destinasi wisata pantai di Jakarta yang bisa kamu pilih. Tempat wisata ini merupakan yang paling terkenal di Jakarta, banyak penduduk jakarta khususnya keluarga menyukai obyek wisata di bawah ini untuk menghabiskan liburan mereka dengan anak-anak. Dan juga, jadi tempat wisata anak muda di Jakarta yang digemari.

#1. Wisata Kepulauan Seribu



Kepulauan Seribu merupakan bagian dari Provinsi DKI Jakarta yang terdiri dari ratusan pulau dengan panorama pantai yang cantik serta alam bawah lautnya yang menarik untuk dinikmati. Sejumlah tempat yang sering didatangi wisatawan di Kepulauan Seribu yaitu Pulau Pramuka (ibukota kecamatan), Pulau Tidung, Pulau Harapan, serta Pulau Pari.

Tersedia banyak penginapan serta homestay di sana yang disewakan dengan harga yang bervariasi. Jika kamu hanya ingin mengambil pilihan seperti resort di Kepulaun Seribu, maka pulau-pulau yang harus kamu datangi yaitu Pulau Putri, Pulau Bira, Pulau Bidadari, serta Pulau Macan.

Sebagai salah satu destinasi wisata pantai di Jakarta yang digemari banyak warga ibukota, Kepulauan Seribu menyediakan faisilitas yang baik untuk tempat menginap bagi keluarga. Jika kamu tertarik untuk snorkel ataupun menyelam (diving) di sana, maka kamu harus pergi ke Pulau Sepa serta Pulau Pramuka. Karena di kedua pulau tersebut, terdapat dive center untuk belajar dan melakukan snorkling dan diving.

Untuk dapat sampai ke Kepulauan Seribu, Anda dapat pergi dari beberapa pelabuhan yang ada di Jakarta, seperti Marina Ancol, Kali Adem Muara Angke, atau pelabuhan Muara Saban di Tangerang. Namun sebaiknya Anda memiliki tempat spesifik yang ingin dituju di Kepulauan Seribu ini, misalnya Pulau Pramuka atau Tidung, dan lain-lain.

Sebagai ilustrasi, jika kamu melalui kaliadem, maka dari Kali Adem menuju Pulau Lancang akan dikenakan biaya transportasi sebesar Rp 43 ribu per orang, memakai kapal cepat Katamaran dengan waktu tempuh antara 45 menit sampai 1.5 jam. Untuk tujuan yang sama, jika  kamu lewat pelabuhan lewat Marina Ancol, biayanya sekitar  Rp 150 ribu, dengan catatan: hanya jika jumlah penumpang yang diangkit cukup banyak.

Perlu kamu ketahui, ada banyak paket wisata ke Kepulauan Seribu yang bisa kamu pilih. Tentu saja, jika pergi berombongan akan terasa lebih seru. Paket wisata pantai di Pulau Seribu pada umumnya sudah termasuk biaya sewa kamar, wisata sepeda, acara barbeque, dan sebagainya. Kamu bisa memilih hal lain yang mau dimasukan ke paket tentunya dengan tambahan biaya.

#2. Wisata Ancol Dreamland



Taman Impian Jaya Ancol (Ancol Dreamland) merupakan tempat wisata di Jakarta favorit untuk masyarakat ibukota. Ketika liburan tiba, tidak terbayangkan betapa ramainya para pengunjung yang memadati kawasan wisata Ancol ini. Ancol bisa dikatakan sebagai tempat wisata rakyat, khususnya warga Jakarta. Lokasi yang dekat serta akses yang mudah membuat banyak keluarga datang ke salah satu pantai di Jakarta ini untuk menghabiskan waktu, bersantai, bermain, serta berekreasi.

Tak hanya warga Jakarta, banyak wisatawan Indonesia yang sudah mengunjungi Ancol. Ancol merupakan tempat wisata di ruang terbuka, ada banyak fasilitas hiburan, antara lain Dunia Fantasi, Arena lumba-lumba, Dunia Bawah Laut, dan masih ada lainnya. Ancol sudah menjadi favorit untuk tujuan wisata anak di Jakarta. Ancol juga sudah menjadi destinasi wisata anak muda di Jakarta yang sangat digemari

Harga tiket masuk ke Ancol pun juga terjangkau, berkisar antara Rp 250 ribu sampai 270 ribu per orang. Jika mau menikmati banyak wahana hiburan dan permainan di Ancol, sebaiknya kamu datang di pagi hari dan bukan di saat akhir pekan.

Jika kamu mau mencoba aneka permainan di Sea World, Dunia Fantasi (Dufan), Gelanggang Samudera, dan banyak yang lainnya, maka kamu harus membayar karcis masuk wahana permainan tersebut. Masing-masing permainan mempunyai tiket masuk masing-masing.

Pantai Ancol bisa dibilang tidak bersih dan jernih karena kelalaian pengunjung menjaga kebersihan serta tantangan polusi alam yang dihadapi kota Metropolitan Jakarta itu sendiri. Tapi, pemandangan kawasan pantai di Ancol amat menyenangkan, terlebih jika kamu bersantap di resto-resto yang banyak tersedia didalam kawasan wisata pantai di Jakarta ini. Jangan khawatir, banyak pilihan resto dari harga yang murah sampai mahal.

#3. Wisata Teluk Jakarta



Teluk Jakarta dikenal karena kawasan Pulau Seribu yang menjadi satu bagian dengannya. Salah satu destinasi wisata pantai di Jakarta ini merupakan tempat melepas penat dan beban setelah lelah bekerja berhari-hari.

Beberapa pilihan aktivitas wisata di Teluk Jakarta contohnya, menyewa kapal (boat) di dermaga Ancol atau bisa juga memakai perahu nelayan di Teluk Gong di Tangerang untuk memutari serta berkeliling pulau-pulau yang tersebar di Kepulauan Seribu.

Kamu bisa singgah di pulau-pulau tersebut, contohnya Pulau Bidadari, Pulau Pramuka, serta pulau-pulau lainnya. Di Teluk Jakarta ini juga tersedia cottage-cottage yang bisa kamu sewa untuk tempat beristirahat sambil menikmati sepoinya angin laut Jakarta, bermain-main di laut teluk yang dangkal, bahkan menyelam untuk melihat keindahan terumbu karang di Teluk Jakarta.

Obyek wisata Teluk Jakata ini digemari banyak wisatawan karena sudah menjadi tempat bersantai, menikmati pemandangan menawan sambil menghirup udara panyai yang egar. Hal yang kelihatannya sepele itu tentunya sulit untuk ditemukan di kota sebesar Jakarta.

#4. Wisata Pulau Tidung



Pulau Tidung merupakan salah satu pulau di Kepulauan Seribu, sudah bertransformasi menjadi tempat wisata Jakarta yang digemari banyak warga ibukota untuk menghabiskan hari libur akhir pekan mereka dengan keluarga.

Wisata Pulau Tidung mempunyai suasana yang tenang, karenanya Pulau Tidung disukai dengan suasana pantainya yang teduh serta air laut yang tenang. Di Pulau Tidung, ada banyak wisatawan bersantai di saung ataupun di bawah pohon rindang, ada juga yang berjemur, melihat sunrise, serta menikmati permainan air seperti Water Spot, Banana Bout, Angsa Laut, Cano, dan jetsky.

Sekarang, ada banyak agen travel yang menawarkan paket travel ke Pulau Tidung. Kamu bisa memilih paket-paket wisata ke Pulau Tidung dari banyak agen travel yang ada di Jakarta.
Disqus Comments