Wisata Gunung Rinjani Lombok Melihat Pemandangan Eksotis dari Ketinggian

Danau Segara Anak (Source)
Salah satu destinasi wisata alam di Lombok yg disukai banyak wisatawan adalah Gunung Rinjani, Lombok.

Daya tarik Lombok sbg sebuah pulau yg populer dengan destinasi wisata baharinya seperti Gili Trawangan, Pantai Senggigi,  Pantai Kuta Lombok, dan juga daya tarik Gunung Rinjani yg menantang & menyuguhkan lanskap indah nan jelita dari ketinggian. Tak gampang menaklukkan Gunung Rinjani dikarenakan Kamu mesti melaksanakan pendakian lebih dari 4 kilo meter, belum lagi melintasi rintangan tatkala pendakian.

Bila Kamu mau melaksanakan pendakian ke Gunung Rinjani, hendaknya tak sekedar coba-coba. Kamu mesti mempunyai nyali yg lumayan, keadaan fisik yg memadai, pun sedikit wawasan dasar tentang pendakian gunung.

Gunung Rinjani Lombok terletak di sebelah utara Pulau Lombok, ialah gunung paling tinggi di Propinsi Nusa Tenggara Barat dgn ketinggian mencapai 3.726 meter dpl (dari permukaan laut). Gunung Rinjani juga merupakan gunung tertinggi ke tiga di Indonesia.
Sunrise dari puncak Rinjani (Source)

Berdasarkan kisah lokal yg beredar, Gunung Rinjani adalah istana yg jadi area bersemayam ratu jin yg mempunyai nama Dewi Anjani. Dewi Anjani ini ialah puteri satu orang raja bernama Datu Tuan & permaisurinya Dewi Mas yg konon berkuasa di suatu kerajaan mungil di Pulau Lombok.

Eksotisme Gunung Rinjani Lombok 

Terlepas benar atau tidaknya mitos Gunung Rinjani Lombok tersebut, area wisata kebanggaan penduduk Nusa Tenggara Barat ini mempunyai daya tarik alam yg eksotis & mempesona. Tidak Sedikit spot ­menarik yg bisa Kamu temui di Gunung Rinjani, mulai dari bidang kawah, danau, mata air panas, goa, air terjun, lubang letusan, panorama kaldera, puncak, sampai aliran lava baru.
Air terjun Sendang Gile (Source)

Beberapa spot wisata Gunung Rinjani & menjadi favorit di kalangan wisatawan, adalah Tetebatu, Senaru, & Sembalun dgn keindahan alam pegunungan yg eksotis. Ada satu spot lagi yg tidak kalah menarik di Gunung Rinjani Lombok, ialah Segare Anak, suatu danau yg terbentuk dengan cara alami akibat letusan Gunung Rinjani di zaman dahulu. Segare artinya laut, dgn begitu Segare Anak dapat diartikan juga sebagai lautan mungil anak dari Gunung Rinjani.

Oleh penduduk lokal, danau ini tidak jarang disebut laut lantaran air danau tersebut berwarna biru jernih sebagaimana air laut yang asli. Danau Segare Anak terletak pada ketinggian 2.800 meter dpl & mempunyai beraneka ragam type ikan, seperti ikan harper, mujair, sampai ikan mas.

Konon menurut keyakinan lokal, Danau Segare Anak diakui sanggup menyembuhkan beraneka macam penyakit. Bahkan area ini dulunya tidak jarang dijadikan ruang pemujaan atau ritual utk mendapati ilmu atau benda-benda sakti.

Tidak jauh dari Danau Segare Anak, Kamu akan mendapatkan suatu gunung mungil yg bernama Gunung Baru atau New Mountain. Sedikit orang yg berani menaklukkan puncak Gunung Baru ini dikarenakan sampai waktu ini gunung tersebut konsisten mengeluarkan gas.

Flora dan Fauna Gunung Rinjani Lombok 

Selain mempunyai panorama alam yg eksotis, Gunung Rinjani Lombok pun menghadirkan keindahan dunia flora & fauna. Di ketinggian 1.000 meter s/d 2.000 meter di bagian selatan & barat gunung, Kamu bisa menemukan banyak tumbuhan yg jarang dijumpai di dataran rendah. Tumbuh-tumbuhan tersebut antara lain: Dysoxylum sp, Ficus Superba, dan Pterospermum.
Desa Sembalung Lawang, 1200 dpl (Source)

Apabila Kamu bertolak lebih ke atas lagi sampai di ketinggian 2.000 – 3.000 meter, Kamu dapat menemukan tumbuhan Cemara Gunung (Casuarina Junghuhniana). Diatas ketinggian lebih dari 3.000 meter, hanya sedikit tumbuhan yg hidup terkecuali hamparan rumput & bunga Edelweiss (Anaphalis Javanica). Kalau Kamu memalingkan pandangan ke arah timur, Kamu dapat menonton pepohonan Akasia yg tumbuh di sana.

Di Gunung Rinjani Lombok ini terdapat lebih dari 109 spesies burung. Sekian Banyak di antaranya merupakan tipe burung banyak hidup di Australia. Ada spesies monyet, rusa, & landak yg berasal dari Bali. Jikalau Kamu mendatangi Pelawangan Sembalun, Kamu bakal menjumpai spesies monyet berekor panjang yg gemar mengganggu pendaki. Umumnya kawanan monyet ekor panjang ini akan merusak tenda pendaki, dulu melakukan pencurian makanan dalam tenda. Monyet ekor panjang ini populer karena teramat cerdas & berani.
Monyet ekor panjang gunung Rinjani (Source)

Dikarenakan mempunyai tidak sedikit hal unik & daya pikat alam yg eksotis, Gunung Rinjani Lombok tidak jarang dijadikan sbg arena trekking oleh para pendaki yg suka tantangan & adventure. Setiap hari, ada puluhan pendaki baik yg berasal dari daerah setempat, luar pulau Lombok, sampai turis luar yg melakukan pendakian.

Namun perlu diketahui juga bahwa di balik daya tarik & keindahan yg dimilikinya, Gunung Rinjani, Lombok merupakan juga salah satu dari 6 gunung paling berbahaya di Indonesia. Ini dikarenakan gunung tersebut tetap menyimpan tidak sedikit misteri yg belum ketahuan. Tidak jarang cuaca yg cerah tiba-tba beralih jadi jelek & bisa saja menyebabkan pendaki tersesat, yang bisa berakibat meninggalnya si pendaki.
Berkemah di gunung Rinjani (Source)

Tetapi yang pasti jangan menjadikan hal tersebut sebagai penghalang bagi Kamu untuk mendaki gunung Rinjani, cukup persiapkan diri Kamu dgn sebaik-baiknya buat melakukan pendakian ke Gunung Rinjani Lombok.

Rute Menuju ke Gunung Rinjani 

Ada 2 rute utk menuju ke Gunung Rinjani Lombok, yakni lewat rute darat & udara, tergantung dari mana Kamu mengawali perjalanan.

Apabila Kamu mengawali perjalanan dari Banyuwangi, Kamu mesti menuju ke Pelabuhan Gilimanuk Bali dgn memakai kapal ferry berbiaya 8 ribu Rupiah per orang. Dari pelabuhan Gilimanuk, perjalanan dilanjutkan ke Terminal Ubung Denpasar dengan memanfaatkan bus berbiaya 35 ribu Rupiah (perjalanan kurang lebih 3 jam). Dari terminal Ubung, dilanjutkan lagi ke Terminal Mandalika Mataram dgn anggaran 25 ribu Rupiah. Dari terminal Mandalika, setelah itu naik kendaraan yg berjenis Elf menuju Pasar Aikmel dengan biaya kurang lebih 20 ribu Rupiah. Di pasar ini, Kamu bisa membeli kepentingan logistik yang merupakan modal untuk pendakian ke Gunung Rinjani.


2 komentar