Wednesday, July 27, 2016

Pantai Krakal Gunungkidul, Tempat Surfing Dan Pemandangan Alam Indah di Djogja

Pantai Krakal (wisataku.id)
Pantai Krakal Gunungkidul ialah salah satu di antara sekian destinasi wisata pantai Gunungkidul yg terkenal. Pantai ini merupakan lokasi surfing yg menarik bagi para peselancar selain itu juga mempunyai pemandangan alam yg cantik.

Pantai Krakal Gunungkidul sejatinya sudah terkenal sejak lama, bahkan jauh sebelum Pantai Indrayanti, Pantai Jogan, Pantai Baron, atau Pantai Pok Tunggal jadi ramai oleh kunjungan para pelancong.

Banyaknya pihak menyatakan bahwa Pantai Krakal mempunyai spot paling indah di antara sederet pantai yg membentang di pesisir Gunungkidul.

Di Pantai Krakal, Kamu akan menemukan pantai yg demikian landai bersama taburan pasir putih yg terhampar luas. Air laut yg jernih disertai hempasan ombak yg berirama menambah keindahan panorama pantai tersebut.

Kamu membutuhkan waktu tempuh sekitar 2,5 jam buat sampai di area pantai ini bila perjalanan dimulai dari pusat Kota Yogyakarta. Di sepanjang jalan menuju Pantai Krakal, terdapat jajaran warung makan yg menjajakan hidangan menu khas Jogjakarta dan makanan olahan hasil laut.

Utk bisa masuk ke kawasan pantai ini, Kamu mesti membayar karcis masuk Pantai Krakal Gunungkidul 10 ribu Rupiah per orang. Ticket ini dibayar di post retribusi Pantai Baron.

Budget ticket sudah include wisata Pantai Baron, Pantai Sundak, pun Pantai Kukup. Ke-4 pantai ini berada di jajaran yg sama di pesisir Gunungkidul.

Kontur Pantai Krakal, Gunung Kidul

Di Pantai Krakal Gungkidul, terdapat batu-batu karang yg berdiri kokoh di sepanjang pantai. Uniknya, bebatuan karang tersebut ditempati ribuan ikan karang yg berwarna-warni.

Sekian Banyak spesies ikan tersebut, contohnya Damselfish yang mempunyai ciri khas warna kuning & sedikit aksen biru di punggungnya.
Suasana pantai krakal (initempatwisata.com)
Ada pula yg dinamakan ikan Butterflyfish yg oleh warga lokal dinamakan sbg ikan Kepe-kepe bersama warna garis-garis biru tua bercampur biru muda. Tidak Cuma itu, ada juga group ikan-ikan mungil berwarna biru yg main di sela-sela karang.

Batu-batu karang di Pantai Krakal Gunungkidul menghadirkan kekhasan yg menarik utk dieksplorasi. Kamu bisa berjalan-jalan di jajaran bebatuan karang yg menyembul ke permukaan laksana menempa jalan setapak yg membelah lautan.

Utk menyusuri jajaran batu karang ini, Kamu mesti mengenakan alas kaki karena sebahagian batu ada yg bertekstur agak runcing & tajam. Dari bongkahan batu karang ini, Kamu akan melihat para penangkap ikan yg asyik dgn joran mencari area strategis utk memancing.
Air laut yang jernih di pantai Krakal (wikiwisata)

Tapi, masih banyak di antara penangkap ikan tersebut yg justru lebih menyukai menyelam mencari umbal. Umbal ialah sejenis binatang laut berbentuk mungil yg hidup menempel di batuan karang. Umbal kecil ini umumnya diolah penduduk lokal jadi makanan rempeyek yg gurih rasanya.

Tidak Cuma panorama alamnya yg elegan, gulungan ombak di Pantai Krakal Gunungkidul pun disukai para peselancar. Tiap-tiap hri, terdapat wisatawan yg tampak asyik berselancar di sana, menari-nari di atas lidah ombak laut.

Para surfer umumnya berjalan terlbih dahulu menuju jajaran batu karang di lepas pantai utk menyongsong kehadiran ombak pemecah karang yg disebut-sebut lumayan menantang. Tapi ada yg pantas untuk diketahui, bawah lautnya tidak sedikit didominasi bebatuan karang yg menuntut para surfer mesti ekstra hati-hati.

Aktivitas surfing bukanlah kategori olahraga yg populer di tengah-tengah penduduk lokal. Seandainya Kamu mau berselancar di pantai ini, Kamu mesti menggunakan papan surfing sendiri dikarenakan disekitar pantai tak ada rental surfboard.

Penginapan di Pantai Krakal Gunungkidul 

Surfing di Pantai Krakal
Di kawasan Pantai Krakal terdapat jumlahnya hotel dgn tarif yg terbilang murah. Keberadaan hotel dekat Pantai Krakal Gunungkidul ini menguntungkan bagi para surfer yg menginap sembari menunggu ombak paling yang tepat utk berselancar. Dgn begitu, para wisatawan tak butuh membawa tenda atau perlengkapan berkemah.

Rute menuju ke Pantai Krakal 

Jalur perjalanan ke Pantai Krakal Gunungkidul mempunyai arah yg sama dgn trayek ke Pantai Baron atau Pantai Kukup. Dari pusat Kota Yogyakarta, ambilah arah menuju Wonosari. Memasuki kota Wonosari, Kamu bakal melintasi tiga lampu merah, seterusnya berbeloklah ke kanan, lalu ikuti jalan lurus hingga Kamu menjumpai papan petunjuk arah.

Arah ke kiri ialah arah menuju Pantai Sundak, Pantai Siung, & Pantai Wediombo. Kamu tinggal ambil lurus saja sama seperti arahan papan petunjuk ke Pantai Krakal, Baron, & Kukup.
Disqus Comments