Saturday, April 30, 2016

Melihat Komodo dan Wisata ke Taman Nasional Komodo NTT

komodo dragon
Daya pikat wisata Pulau Komodo terletak kepada hewan komodo, kategori reptil yg dilindungi di Taman Nasional Komodo. Hewan ini sudah mendiami pulau tersebut lebih dari 40 juta tahun yg lalu.

Sekarang ini, satwa langka ini sedang mengalami periode kepunahan, dengan jumlah cuma tinggal lebih kurang 4 ribu ekor. Sebab keunikan & kelangkaannya itu, Taman Nasional Komodo dinyatakan sebagai “World Heritage Site & Man and Biosphere Reserve” oleh UNESCO pada th 1986. 

Taman Nasional Komodo merupakan gugusan 3 pulau utama yg membntuk satu kesatuan dgn dgn 175 pulau pulau kecil lainnya (kira kira 90% tak berpenghuni) yang luas taman nasional mencapai 1.817 kilo meter persegi. Ke-3 pulau tersebut merupakan Pulau Komodo, Pulau Rinca, & Pulau Padar. Taman Nasional Komodo berada dalam wilayah administratif Nusa Tenggara Timur.

Di areal wisata Pulau Komodo, Kamu bisa menjumpai makhluk besar serupa kadal raksasa dgn panjang antara 2-3 m & berat mencapai 165 kg, atau 100 kg diwaktu perut kosong. Hewan ini adalah predator yg sabar. Di alam liar, komodo memburu mangsa yg lemah atau telah terluka, cukup satu gigitan utk melumpuhkan mangsanya. 

Waktu berkeliling di lokasi wisata Pulau Komodo ini, Kamu harus ditemani “jagawana”, yang sekaligus sebagai pawang. Tugasnya yaitu memandu perjalanan Kamu melihat-lihat hewan komodo. Jangan Sampai lupa utk membawa camera, Kamu mungkin saja mau mengabadikan momen special dengan background habitat mahkluk yg unik tersebut. 
komodo di loh liang
Namun, untuk mencapai area habibat hewan unik ini di Pulau Komodo, Kamu mesti mendaki Gunung Ara lebih dulu sekitar 3-4 jam. Jangan kuatir, sudah tersedia trek pendakian utk tiba disana. 

Jikalau Kamu tiba di Pulau Rinca, utk bisa tiba di habitat hewan komodo, Kamu mesti menempuh perjalanan sekitar 1.5 jam. Daya Pikat unik yg cuma terdapat di Taman Nasional Komodo yakni melihat hewan-hewan tersebut hidup dalam habitat alami mereka di sana. 

Magnet Wisata Pulau Komodo 

Inilah beberapa spot menarik wisata Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur yg pantas Kamu ketahui. 

1. Loh Liang di Pulau Komodo 

Inilah pintu masuk & area wisata utama di Pulau Komodo. Bila Kamu sudah puas berkeliling di Pulau Komodo sampai Pulau Rinca, Kamu barangkali tertarik utk menyelam & snorkeling di Pantai Merah (Pink beach). Pantai ini dangkal, mempunyai daya pikat terumbu karang yg indah dan memikat hati. 
pantai pink pulau komodo
Di pantai ini, kegiatan yg amat sering dilakukan yakni snorkel, diving, sampai berjemur. Di Loh Liang inilah tersedia pondok wisata, pusat info, cafetaria, dermaga, shelter, & lainnya yg bakal Kamu butuhkan sepanjang menikmati wisata di Pulau Komodo. 

2. Loh Buaya di Pulau Rinca 

Sebagai bagian dari pulau yang membentuk Taman Nasional Komodo, Kamu bisa pula menjumpai hewan komodo dalam habitat alami mereka. Tidak Cuma itu, Kamu bisa melihat kehidupan hewan liar di wisata pulau yg satu ini. Mulai dari rusa timor, kerbau liar, monyet ekor panjang, kuda liar, sampai beraneka ragam type burung. Kegiatan berkeliling merupakan aktivitas yg paling menarik dilakukan di Pulau Rinca. Mengabadikan momen-momen unik di pulau ini merupakan kegiatan yg amat menyenangkan selagi berkeliling. 

Tidak beda jauh dengan Loh Liang, di lokasi ini pula terdapat banyak pondok wisata, cafetaria, & shelter yang siap melayani Kamu. Dari Pulau Rinca, cuma dalam jarak yg dekat Kamu bisa mampir ke Pulau Kalong utk menonton kelelawar dalam jumlah yg banyak, lebih-lebih ketika sore hri lantaran hewan ini mulai keluar mencari makan. 

3. Pulau Padar 

Pulau Padar berlokasi di antara Pulau Komodo & Pulau Rinca. Inilah area diving & snorkel di Taman Nasional Komodo dgn keindahan pantai yg menakjubkan. 
aktivitas snorkeling di pulau Komodo
Bagi Kamu para penggemar olahraga diving & snorkel, terdapat 42 titik penyelaman yg bisa Kamu pilih di kawasan wisata Komodo ini. Sekian Banyak di antaranya yaitu, Batu Samsia, yg digambarkan sbg serangkaian saluran air dimana seorang bisa berbaur bersama segala macam kehidupan laut seperti mackerel, kura-kura, hiu, dan seterusnya. 

Ada pula Batu Toko-Toko, satu buah istana seperti batu di kedalaman 7 meter dgn sensasi menyelam yg seru. Atau, Kristal Rock, satu buah spot diving dimana Kamu bisa menjumpai ikan-ikan besar, seperti Barramundi cod, parrotfish, katak ikan, & sebagainya.

Disqus Comments