10 Lokasi Wisata di Balikpapan Paling Menarik

Walaupun dijuluki Kota Minyak, area wisata di Balikpapan terus menarik utk dikunjungi. Kamu bisa saja lebih mengenal kota ini dgn minyaknya. Meskipun begitu, kepariwisataan di Balikpapan dapat memberikan sesuatu yg menghibur bagi Kamu yg barangkali sedang berkunjung ke sana. 

Kota Balikpapan terletak di pesisir tenggara Kalimantan Timur, kota ini menghadap ke arah Selat Makassar. Area wisata di Balikpapan mempunyai dukungan infrastruktur yg baik. Di samping penerbangan dari beraneka ragam maskapai, Balikpapan pun mempunyai banyak hotel berbintang yg memberikan pelayanan kelas VIP tidak cuma pun beraneka ragam hotel bersama tarif terjangkau yang lain disekitar kota. 

Ada dua pantai yg jadi area wisata yg paling ramai dikunjungi di Balikpapan, adalah Pantai Kemala & Pantai Manggar. Kalau Kamu suka wisata alam, sehingga area paling baik yg akan Kamu datangi ialah Hutan Lindung Sungai Wain, suatu hutan tropis yg amat alami & yaitu hunian bagi sebanyak flora & fauna langka di dunia. Kalau Kamu mau sesuatu yg berlainan, Kamu akan berangkat ke Penangkaran Buaya Teritip utk menonton & berikan makan buaya-buaya yg ada di sana. 

Area Wisata di Balikpapan 

Dihimpun dari bermacam macam sumber, berikut ini merupakan 10 area wisata Balikpapan yg layak Kamu jenguk. 

1. Caribbean Island Waterpark 

carribbean island waterpark (wisataku.id)
Inilah taman wisata air paling besar di Indonesia Bidang Timur, Caribbean Island Waterpark menawari bermacam macam wahana air yg sangat menarik. Berlokasi di Jl. Kol. Syarifuddin Yoes II (Ring Road II) Balikpapan, Caribbean Island Waterpark ini jadi destinasi pujaan wisata keluarga di Balikpapan. 

Ga Ada yg lebih menyenangkan bagi putra & putri Kamu tidak cuma main-main bersama ragam wahana air yg menyenangkan. Kamu bisa menikmati pemandangan dari salah satu pondok kayu sambil menjaga anak-anak main, atau seandainya gemar Kamu bahkan sanggup ikut melompat ke dalam kolam renang. Tidak Cuma wahana air, gerakan wisata yang lain yg sanggup dilakukan di lokasi wisata Balikpapan yg satu ini yakni melihat pertunjukan air di panggung terbuka & flying fox. 

Buat tiket masuk, Kamu mesti membeli karcis masuk Caribbean Island Waterpark sebesar  45 ribu per orang (umum) atau 25 ribu per orang utk pelajar. Di akhir minggu, harga ticket masuk berlaku sama buat seluruh tingkatan usia ialah  60 ribu per orang. 

2. Hutan Bakau Margomulyo 

hutan bakau margomulyo (desgia.com)
Hutan Bakau Margomulyo ini merupakan hutan kota di Balikpapan, lokasinya dekat bersama pusat kota. Di dalam kawasan hutan, terdapat jembatan kayu sepanjang 800 meter yg berfungsi juga sebagai fasilitas penunjang bagi Kamu yg mau menikmati pengalaman wisata di hutan tersebut. 

Ruang wisata di Balikpapan yg satu ini mempunyai menara intai, yg bermanfaat utk melihat aneka burung yg tinggal & hidup di hutan bakau tersebut. Bila Kamu mau menonton hewan bekantan, sehingga datanglah di kala pagi hri tiba atau ketika matahari kembali ke peraduannya. Janganlah khawatir, Kamu tak akan dikenakan anggaran utk bisa masuk ke area wisata Balikpapan ini. Cuma saja, Kamu wajib menjaga kebersihan lingkungan dgn tak membuang sampah sembarangan juga tak membawa properti atau bekal wisata apapun yg ada di area. 

3. Monpera 

monpera (drunnawannafree.files.wordpress.com)
Inilah tugu yg jadi simbol keberanian rakyat Balikpapan dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Monpera ini terletak di pusat kota Balikpapan, di Jl. Jenderal Sudirman (di depan markas Makodam VI Tanjung Pura). Monumen ini mempunyai latar belakang pantai berpasir putih & dikelilingi taman yg tertata apik. 

Di lantai bawah monumen ini, terdapat suatu museum mungil & di bidang belakangnya ada panggung terbuka. Kepada sebanyak program atau event khusus, tidak jarang diadakan pertunjukan-pertunjukan tradisional di area wisata Balikpapan yg satu ini. Utk sanggup masuk ke monumen, Kamu mesti membayar tiket masuk kendaraan segede 1000 (kendaraan roda dua) & 2 ribu (kendaraan roda empat). 

4. Pantai Kemala (Pantai Polda) 

pantai kemala (blogspot.com)
Pantai Kemala yaitu salah satu ruang wisata di Balikpapan yg paling ramai dikunjungi oleh para penikmat perjalanan, apalagi di waktu akhir minggu & hri libur. Terletak di daerah pusat kota Balikpapan, tepatnya di seputaran Jln. Jend Sudirman, Balikpapan Selatan, Pantai Kemala ini populer bersama sebutan Pantai Polda. 

Di kawasan pantai ini, terdapat bermacam macam restoran bagi Kamu yg mau bersantap sembari menikmati keindahan panorama laut. Hidangan menu makanan lumayan variatif, mulai sejak dari masakan beraneka daerah sampai masakan Eropa pula sedia utk Kamu. Terkecuali berenang di pantai, gerakan menarik yg dilakukan di antaranya duduk bersantai & bercengkerama dipinggir pantai juga menikmati hamparan pasir pantai yg putih & bersih. Seandainya Kamu mau main-main banana boats, Kamu mesti mengeluarkan anggaran se besar 25 ribu per orang. Bahkan main-main jet ski sanggup dilakukan di area wisata Balikpapan yg satu ini, Kamu mampu menyewa jet ski se besar 800 ribu per orang untuk 1 jam. 

Buat sanggup masuk, Kamu mesti membayar ticket masuk Pantai Kemala ini segede 500 per orang. Seandainya Kamu membawa kendaraan, sehingga dikenai tarif 1000 (kendaraan roda dua) &  2 ribu (kendaraan roda empat). 

5. Pantai Lamaru 

pantai lamaru (tempatwisataid.com)
Pantai Lamaru yaitu objek wisata pantai di Balikpapan yg menawari suasana kalem bagi Kamu yg berharap ruangan bersantai yg tak ramai. Pepohonan cemara di areal pantai memberikan Kamu rasa relax yg demikian nyaman bersama suguhan panorama laut yg indah. Kepada kebanyakan, kawasan wisata Pantai Lamaru ini ramai di waktu akhir minggu tiba. 

Di pantai ini, terdapat warung-warung, toilet, & sarana parkir yg baik. Jikalau Kamu mau main-main perahu sepeda, Kamu bisa mencobanya di lokasi wisata Balikpapan yg satu ini. Utk bisa masuk, Kamu mesti membayar ticket masuk Pantai Lamaru segede 2 ribu per orang. Seandainya Kamu membawa kendaraan, sehingga dapat dikenai tarif segede 2.500 (roda dua), 5 ribu (roda empat), & 15 ribu (bus). 

6. Hutan Lindung Sungai Wain 

hutan lindung sunagi wain (thetravelous.weebly.com)
Inilah hutan tropis yg tetap belum dijamah tangan-tangan jahil manusia yg ada di Balikpapan. Dgn hutan seluas 10 ribu ha, Hutan Lindung Sungai Wain merupakan lokasi perlindungan dari sejumlah tipe satwa & flora langka, seperti orangutan, beruang madu, bekantan, kantong semar, & tumbuhan endemik Balikpapan yg bernama Jahe Balikpapan. 

Berlokasi di Kilo Meter 23 Jalan Balikpapan – Samarinda, tersedia empat paket kunjungan yg dapat Kamu pilih utk meraih pengalaman wisata di area ini. Paket ini dibedakan berdasarkan jumlah tamu yg mau berwisata di kawasan hutan lindung. Biayanya mulai dari 350 ribu rp buat Paket A (1-6 tamu). 

Ada dua tur yg bisa Kamu pilih, yaitu tur “Track Eko-PLH-Kebun Raya” & tur “Mangrove & Selok Puda”. Serta, ada pemandu wisata yg dapat mempermudah Kamu dalam menyusuri hutan lindung tersebut. 

7. Pantai Manggar Segara Sari 

pantai manggar segara sari (pulsk.com)
Pantai Manggar Segara Sari ialah pantai yg tidak jarang dikunjungi dikala akhir minggu tiba & jadi ramai selama hri libur. Di pantai ini, Kamu sanggup menikmati pemandangan laut sembari bersantai, atau menyewa perahu buat mengelilingi pantai. Tidak heran, tidak sedikit keluarga mengahdiri pantai ini yang merupakan salah satu ruang rekreasi yg menarik di Balikpapan. 

Di Pantai Manggar Segara Sari, terdapat tidak sedikit warung makanan di mana Kamu sanggup menyantap aneka kuliner lokal yg ada di kawasan pantai. Tidak Hanya keberadaan panggung hiburan di area pantai, gerakan menarik yg bisa dilakukan di ruangan wisata Balikpapan yg satu ini di antaranya merupakan main bola, main layang-layang, jet ski, banana boat, berenang, main perahu ban, volley pantai, sampai bersepeda. Atau cuma sekedar bersantai dibawah pepohonan yg rindang di kurang lebih kawasan pantai. 

Kamu cuma dapat dikenai karcis masuk Pantai Manggar Segara Sari se gede 1.000 per orang. Kalau mengambil kendaraan, dapat dikenai tarif  2.500 (roda dua), 5 ribu (roda empat), & 15 ribu (bus). 

8. Pasar Kebun Sayur 

pasar kebun sayur (pergidulu.com)
Pasar Kebun Sayur ialah pusat kerajinan tangan di Balikpapan. Ruang ini bakal dinamakan juga yang merupakan pusat oleh-oleh Balikpapan, ruangan dimana Kamu dapat membeli cinderamata seperti kerajinan dari batu-batu permata, manik- manik, batik motif ampik, & kerajinan tradisional Dayak (mandau & senjata yang lain). 

Terletak di Jl. Letjen Suprapto, Kelurahan Karang Jati, Balikpapan, Kamu bisa mengahdiri lokasi wisata di Balikpapan yg satu ini tiap-tiap hri. 

Pasar Kebun Sayur kepada kebanyakan buka sejak pukul 8 pagi sampai 6 sore WITA. Seandainya Kamu mau meraih makanan khas Balikpapan, sebut saja amplang kuku harimau, sehingga Kamu bakal menemukannya di Pasar Kebun Sayur. 

9. Penangkaran Buaya Teritip 

penangkaran buaya teritip (bantenpos.co)
Inilah pusat penangkaran buaya di Kalimantan Timur, satu buah ruangan di mana terdapat kira kira 1.450 ekor buaya, sejak mulai dari buaya muara sampai dua spesies buaya yg terancam punah, merupakan buaya air tawar & buaya supit. 

Penangkaran ini beroperasi sejak thn 1991 & beroperasi di atas lahan seluas 5 ha. Aktivitas paling menarik di lokasi ini yakni berikan makan buaya-buaya tersebut. Tetapi, Kamu mesti membayar sebesar 10 ribu utk satu ekor ayam hidup yg bakal jadi makanan bagi buaya. Jikalau Kamu sudah puas menonton & berikan makan buaya-buaya, Kamu mungkin saja tertarik buat menunggangi gajah lampung yg ada di lokasi penangkaran ini. 

Tahukah Kamu, di ruangan ini Kamu bahkan sanggup menikmati hidangan sate buaya yg dipasarkan bersama harga 3 ribu per tusuk. Sate daging buaya diakui mempunyai khasiat bagi kesehatan. Tidak kurang pun, Kamu akan membeli cinderamata berbentuk buaya & aneka olahan kreatif dari kulit buaya, seperti dompet, tas, ikat pinggang, & tali jam tangan di lokasi ini. 

Area wisata di Balikpapan yg satu ini terbuka buat umum tiap-tiap hri, sejak pukul 8 pagi sampai 5 sore WITA. Utk mampu masuk, Kamu mesti membayar kupon masuk Penangkaran Buaya Teritip segede 10 ribu per orang. 

10. Taman Bekapai 

taman bekapai (jalan2.com)
Inilah taman kota yg terletak dijalan protokol di Balikpapan. Berlokasi di pusat kota, Taman Bekapai merupakan lokasi terbuka publik yg jadi ruang bersantai di tengah kehidupan kota Balikpapan. 

Di taman ini, sedia sarana wi-fi buat akses internet & tak dikenakan budget apapun. Kamu sanggup membuka ke internet sembari bersantai di taman kota ini. 

Di sudut luar taman, terdapat sekumpulan pedagang yg sediakan makanan & minuman bagi Kamu yg mau bersantap ria. Tidak aneh, taman ini jadi salah satu ruangan yg menarik di Balikpapan bagi siapapun yg mau bersantai. Inilah lantaran taman tersebut disebut Bekapai, yg artinya kalem.

0 komentar