Monday, April 18, 2016

Pulau Wayag, Surga Diving di Raja Ampat

pulau wayag, Raja Ampat (murahselalu.com)
Tahukah Kamu area yg jadi surga penyelaman di Raja Ampat? Lokasi diving & snorkeling paling baik itu yakni Pulau Wayag. Pulau Wayag berada disebelah barat Kepulauan Raja Ampat. Posisi Pulau Wayag berada di Distrik Waigeo Barat, Kab Raja Ampat, Papua Barat. Pulau Wayag ini menjadi ikon dalam wisata Raja Ampat. Buat mencapai ke surga diving Raja Ampat ini, Kamu mesti menempuh perjalanan yg lumayan jauh. Dikarenakan, dengan lokasi geografisnya yang terletak di ujung Papua & jadi area paling jauh buat dijangkau ketimbang sekian banyak pulau-pulau indah yang lain di Raja Ampat. 

Aktivitas penyelaman atau snorkeling di Pulau Wayag yakni satu kegiatan yg janganlah terlewatkan. Tidak ada ruangan snorkeling paling indah di Indonesia kecuali di Pulau Wayag Raja Ampat ini. Airnya demikian jernih, kawanan ikan berenang mencetak pemandangan indah di alam bawah lautnya. Terumbu karang yg hidup yang merupakan sektor dari ekosistem laut di Raja Ampat menyuguhkan pengalaman penyelaman paling baik yg kemungkinan belum sempat Kamu temukan selagi ini. 

Panorama Indah Pulau Wayag 


panorama bawah laut pulau wayag (hamueco.com)
Pulau Wayag di Raja Ampat ini dikenal bersama laut yg berwarna biru belia & biru sepuh. Laut tersebut mempunyai pulau-pulau kapur yg terbentang dengan cara harmonis, di atasnya ditumbuhi pepohonan, yg menciptakan pulau-pulau kapur tersebut nampak seperti gunung-gunung mungil berwarna kehijauan. Apabila Kamu mau tahu seberapa indah pemandangan wisata Pulau Wayag ini, Kamu bisa mendaki Pulau Karang. Pulau Karang ini lumayan terjal, butuh paru-paru yg lumayan kuat buat sanggup mendakinya sampai hingga ke atas. Dari puncak Pulau Karang inilah Kamu bisa melihat satu pemandangan alam paling indah di Raja Ampat, laksana surga yg tertata alami. Pendakian yg memakan dikala lebih kurang 30 menit dapat terbayar bersama suguhan panorama alam yg memukau, suatu momen yg pantas Kamu abadikan dalam camera. Pemandangan alam yg gemilang ini sama seperti yg ada di wisata Halong Bay Vietnam. 

Transportasi Pulau Wayag 


Buat mencapai Pulau Wayag, Kamu bisa menyewa kapal motor dari Sorong. Perjalanan ke area diving Raja Ampat ini bakal memakan waktu tempuh lebih kurang 4-5 jam. Memang Lah tak gampang agar dapat menikmati wisata Pulau Wayag di Raja Ampat. Budget merupakan hal paling mutlak utk dipertimbangkan. Seandainya Kamu dari luar Papua, Kamu bakal tiba di Bandara Domine Eduard Osok (DEO). Dari bandara ini, Kamu selanjutnya bisa melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Perikanan Sorong. Kamu bisa menggunakkan angkutan kota (angkot), taksi, ojek, atau bahkan kendaraan sewaan. Setiba di pelabuhan, putuskan buat segera menyambung perjalanan ke Waisai. Waisai ialah ibu kota Kab Raja Ampat. Kalau Kamu benar-benar mau cepat ke Pulau Wayag tidak perlu singgah di Waisai, Kamu bisa memanfaatkan speed boat dari pelabuhan di Sorong. Budget sewa speed boat ini yakni  9 juta rupiah per hri. Perjalanan dari Sorong ke Pulau Wayag memanfaatkan speed boat dapat memakan kala kira kira 5 jam. 

Resort & Penginapan 

puncak wayag Raja Ampat (tripadvisor.com)
Di Pulau Wayag tak ada penginapan. Bila Kamu mau bermalam utk menikmati keindahan tengah malam Pulau Wayag, Kamu mesti membawa peralatan berkemah. Alternatif yang lain, Kamu bisa berangkat ke pulau-pulau yg dekat dgn Pulau Wayag. Contohnya, Pulau Waigeo yg berjarak kurang lebih 3 kilo meter dari Pulau Wayag. Pulau Wayag merupakan area wisata Raja Ampat yg termasuk juga dalam kawasan konservasi. Buat memasuki wilayah konservasi ini, tiap-tiap wisatawan mesti mempunyai ijin masuk yg diperoleh dgn membayar budget se besar 250 ribu rupiah buat turis domestik, &  500 ribu rupiah utk turis mancanegara. Izin masuk ke kawasan konservasi Raja Ampat ini berbentuk pin. Pin ini bisa Kamu beli di Hotel JE Meridien, terletak persis di seberang Bandara Dominik Eduard Osok, Sorong. Dgn pin inilah Kamu bisa memasuki kawasan Raja Ampat dgn bebas dalam kurun waktu 1 tahun tanpa mesti membelinya lagi. Pin ini merupakan bagian dari tag konservasi alam Raja Ampat. 

Buat kebutuhan menginap, yg paling gampang ialah dgn menginap di Waisai (ibukota Kab Raja Ampat). Di Waisai ini, resort Raja Ampat tidak sedikit tersedia. Kamu bisa mencari penginapan murah Raja Ampat di Waisai ini. Sekian Banyak resor & penginapan Raja Ampat yg siap melayani Kamu di sana di antaranya sbg berikut : 

  • Penginapan Acropora, lokasi penginapan ini ialah dimiliki & dikelola oleh Lembaga Kebudayaan & Pariwisata Kab Raja Ampat. 
  • Raja Ampat Dive Lodge, berada di Pulau Mansuar. 
  • Kri Eco Resort & Sorido Bay Resort, merupakan resort yg berdiri bersebelahan & berada di Pulau Kri. 
  • Raja Ampat Dive Resort, merupakan resort yg dibangun di antara hutan pulau Waigeo dgn pepohonan bakau yg hijau & bersih. 
  • Papua Paradise Eco Resort, resort ini berlokasi di Pulau Birie. Pulau ini merupakan pulau yg tidak berpenghuni.
Disqus Comments