10 Obyek Wisata Paling Populer di Bengkulu

Keunikan obyek wisata di Bengkulu bisa Kamu dapatkan dalam bentuk keindahan alam & peninggalan sejarah yg mempesona. Bengkulu merupakan satu buah propinsi yg terletak di pesisir barat Pulau Sumatra & berhadapan langsung dgn Samudera Indonesia. Kamu bisa berangkat ke Pulau Tikus utk merasakan kerasnya gelombang lautan samudera tersebut. 

Bunga Rafflesia Arnoldi yg ternama itu-pun bisa Kamu jumpai di Kota Curup, satu buah lokasi wisata di Bengkulu yg terkenal. Bunga Rafflesia ini merupakan bunga paling besar di dunia dengan diameter 100 centi meter. Bunga ini membutuhkan waktu antara 6 hingga 8 bln buat tumbuh & 15 hri sesudah itu utk berbunga. Keunikan dari bunga ini yaitu tak mempunyai akar, daun ataupun batang. 

Bengkulu juga merupakan salah satu area pembuangan sejumlah aktivis pejuang kemerdekaan, termasuk juga Bung Karno yg diasingkan dari thn 1938-1941. Di periode inilah Bung Karno bertaaruf dgn Fatmawati yg selanjutnya jadi isterinya. Seandainya Kamu sudah puas mengelilingi beraneka lokasi wisata di Bengkulu, Kamu bisa menjajal sekian banyak kuliner Bengkulu yg ternama, seperti pendap, gulai tempoyak, & bagar kambing. 

Tempat wisata di Bengkulu 

Dihimpun dari bermacam macam sumber, berikut ini merupakan 10 lokasi wisata di Bengkulu yg paling ternama. Sekian Banyak di antaranya merupakan wisata alam yg memikat & peninggalan sejarah yg fantastis. 

1. Pantai Panjang 

geviral.com
Dengan garis pantai yg panjang sejauh 7 kilo meter merupakan keunikan yg dipunyai area wisata di Bengkulu ini. Pantai Panjang berlokasi di kawasan strategis pariwisata Bengkulu, di kawasan yg komplit dengan prasarana umum & akomodasi. Dari pusat kota, Kamu cuma memerlukan waktu lebih kurang 15 menit utk sampai di Pantai Panjang ini, sekitar 3 kilo meter. 

Objek wisata Bengkulu yg satu ini mempunyai tidak sedikit sarana,dari penginapan, restoran & cafe, pusat perbelanjaan, sarana main-anak, sampai alat olah raga. Tidak ayal, Pantai Panjang ialah salah satu magnet wisata di Bengkulu yg terkenal. Bagi warga lokal, pantai ini ialah  salah satu pusat terapi dgn berjogging pagi atau sore hri di lintasannya. 

Pohon cemara & pohon pinus yg tumbuh di sepanjang bibir pantai ialah daya tarik lain yg melengkapi keindahan panorama matahari tenggelam di kawasan pantai. Pantai Panjang mempunyai pasir putih yg halus maka sewaktu Kamu berjalan pasirnya tidak akan mengotori kaki. Berolahraga di pantai ini merupakan aktivitas yg serasi sebab di sepanjang pantai tersedia jogging trek. 

Peminat volly pantai bisa main di arena lapang yg dibangun di atas pasir-pasir alami, pecinta surfing juga mempunyai spot sendiri utk menaklukan ombak dengan papan selancarnya. Atau Kamu bisa mencoba menikmati kuliner laut di kawasan pantai ini. Banyak restoran sampai tempat-tempat makan yg gampang Kamu temui di sana. 

2. Hunian Pengasingan Bung Karno di Bengkulu 

okezone.com
Bung Karno menempati hunian ini antara th 1938 – 1942. Di Bengkulu jugalah Sang Proklamator berjumpa dgn Fatmawati, perawan asal Bengkulu yg seterusnya jadi istrinya sekaligus sang penjahit Bendera Sang Saka Merah Putih waktu Proklamasi 17 Agustus 1945. Objek wisata di Bengkulu ini menyimpan benda-benda peninggalan Bung Karno yg mempunyai nilai sejarah sekaligus menemani Bpk Proklamator dalam menyusun strategi-strategi perjuangan tatkala di pengasingan. Ada sepeda ontel kesayangan Bung Karno, koleksi buku, sampai surat cinta Bung Karno utk Ibu Fatmawati. 

Awal mulanya, hunian ini milik pembisnis Tionghoa bernama Tan Eng Cian yg bekerja sebagai supplier sembako buat Pemerintah Belanda. Dulu, Belanda menyewanya buat menempatkan Bung Karno di hunian tersebut selagi diasingkan di Bengkulu. Utk bisa masuk, Kamu mesti membayar tiket masuk Hunian Pengasingan Bung Karno se besar 2.500 rupiah per orang. 

3. Benteng Marlborough 

hexat.com
Merupakan benteng pertahanan kekuasaan Inggris di kawasan pantai barat Sumatera & sekaligus utk mempertahankan Bengkulu sebagai daerah monopoli lada & perniagaan. Benteng Marlborough dibangun oleh East India Company (EIC) thn 1713-1719 pada periode kepemimpinan Gubernur Joseph Callet. Benteng ini dianggap sbg benteng terkuat ke-2 milik Inggris di wilayah timur sesudah benteng St. George di Madras, India. 

Lokasi wisata merupakan wisata sejarah yg menarik, Kamu bisa melihat suatu benteng yg berdiri kokoh di lahan seluas 44.100 meter persegi dengan ukuran panjang 240,5 m & lebar 170,5 m, menghadap ke arah selatan & membelakangi Samudra Hindia. Wujud arsitektur bangunan Benteng Marlborough ini serupa kura-kura, terdapat jembatan yg menghubungkan sektor kepala & tubuh, satu buah jembatan di atas parit yg membentuk ekor & jembatan yg menghubungkan jalan masuk dgn area luar. 

4. Pantai Tapak Paderi 

triptrus.com
Pantai ini terkoneksi dgn Pantai Panjang & Pantai Jakat di Bengkulu, suatu pantai yg pada awal mulanya merupakan pusat pelabuhan laut pertama di Bengkulu dan menjadi penunjang transporasi laut pemerintah Inggris di Bengkulu pada periode itu yg berjarak 100 meter dari Benteng Marlborough. 

Kamu bisa menyaksikan sunset yg indah di area wisata Bengkulu yg satu ini. Dari bagian atas Tapak Paderi, Kamu bisa menonton keindahan laut Bengkulu. Berjalan-jalan kaki disekitar pantai atau menikmati jagung bakar di pantai ini merupakan aktivitas menarik yg bisa Kamu nikmati. Objek wisata di Bengkulu yg satu ini mempunyai garis pantai yg panjang & jelita, tidaklah mengherankan bila Pantai Tapak Paderi ini ramai dgn kunjungan orang. 

5. Kota Curup 

Kota Curup merupakan ibukota Kab Rejang Lebong, Propinsi Bengkulu. Inilah daerah yg jadi hunian Bunga Rafflesia Arnoldi yg populer itu. Suhu dingin mencapai 18 derajat celcius di pagi hri merupakan karakter Kota Curup. Topografis Kab Rejang Lebong ialah satu buah daerah yg berdiri di atas pegunungan Bukit Barisan dgn ketinggian 100 – 1.000 meter dpl. Ladang-ladang yang berselimutkan kabut membuat buah & sayur yg ditanam berpetak-petak kelihatan samar. 

Dari kota ini, Kamu bisa bertolak ke Bukit Kaba, mendakinya sampai ke puncak utk menonton panorama alam yg mengagumkan di sana. Atau, menikmati wisata di Danau Mas Harun Bastari. Kalau Kamu mau mandi air panas di kota ini, datanglah ke Suban Air Panas, satu buah lokasi pemandian air panas di Bengkulu dgn sumber air dari pegunungan yg langsung menuju kolam-kolam. Kota Curup merupakan lokasi wisata di Bengkulu dengan ciri khasnya yg menarik. 

6. Danau Dendam Tak Sudah

http://bengkulutoday.com/
Danau ini berlokasi di Kota Curup, Bengkulu Utara, tak jauh dari pusat Kota Bengkulu dgn jarak sekitar 6 kilometer. Danau yg dikelilingi bukit-bukit hijau ini merupakan kawasan cagar alam yg menyimpan tidak sedikit potensi ekologi & keseimbangan ekosistem. 

Kawasan hijau berudara sejuk, penorama yg cantik di kawasan danau  diwaktu pagi hri, serta keragaman flora & fauna di kawasan Danau Dendam Tak Sudah merupakan banyak hal yg dipunyai ruang wisata Bengkulu yg satu ini. Menaiki perahu & rakit buat mengelilingi danau merupakan salah satu aktivitas menarik yg mesti Kamu lakukan. Seandainya Kamu mempunyai hobi memancing, area ini ialah salah satu yg pas buat Kamu. 

7. Danau Mas Harun Bastari 

wisataku.id
Danau Mas Harun Bestari berlokasi di Kecamatan Selupu Rejang, Kab Rejang Lebong, berjarak kira kira 17 kilometer dari pusat Kota Curup & berada di tepi jalan raya antara Curup – Lubuk Linggau. Lokasinya yg dekat dengan Bukit Kaba menciptakan daerah ini sebagai salah satu alternatif obyek wisata di Bengkulu yg menarik. 

Danau Mas Mesti Bastari merupakan salah satu objek wisata keluarga di Bengkulu yg banyak disukai. Terdapat tidak sedikit permainan bagi anak-anak sampai orang dewasa. Perahu-perahu & sepeda air bisa digunakan buat berkeliling danau. Anak-anak lazimnya senang main bersama komedi putar & kursi ayun. Kawasan wisata Danau Mas Harun Bastari mempunyai luas 36 hektar, bukit di sekelilingnya ditanami sayur-mayur segar. 

8. Museum Negeri Bengkulu 

wikimedia.org
Museum ini merupakan lokasi untuk menyimpan, merawat, melestarikan mengamankan & menggunakan koleksi benda cagar budaya. Awalnya, museum ini bertempat di Benteng Marlborough tapi tiga thn setelahnya, tepatnya pada 3 Januari 1983, museum ini dipindahkan ke gedung baru sampai hari ini. 

Obyek wisata di Bengkulu yg satu ini di buka tiap hri buat umum, kecuali Senin, dari pukul 8 pagi sampai 1 siang. Terdapat dua area pameran di dalam museum yg menyimpan kurang lebih 6.220 macam koleksi, meliputi 10 macam tipe. Type tersebut antara lain geologika, biologika, etnografika, arkeologika, historika, numismatika, filologika, keramologika, seni rupa, sampai teknologika. Nyaris separuh koleksi tersebut merupakan benda budaya jenis etnografi atau benda budaya yg merupakan perlengkapan hidup, seperti kain tenun tradisional, benda upacara, senjata, & yang lainnya; baik yg tetap digunakan & diproduksi ataupun perlengkapan kuno yg sudah tidak diproduksi atau diperlukan lagi. 

9. Bukit Kaba 

panoramio.com
Berlokasi di Desa Sumber Urip, Kecamatan Selupuh Rejang, Kab Rejang Lebong, Bukit Kaba merupakan gunung api aktif type A, ialah type gunung yg sempat meletus th 1600 hingga kini. Bukit Kaba berketinggian kurang lebih 1.952 m dpl. Ada 8 kawah yg dipunyai gunung ini, tetapi 5 diantaranya tertutup vegetasi. Gunung Kaba atau warga Bengkulu menyebutnya sbg Bukit Kaba, menyuguhkan pemandangan alam nan hijau & menggoda ati. Untuk mencapai kawah & puncak Bukit Kaba, Kamu mesti menaiki 307 anak tangga. 

Menonton deretan Bukit Barisan yg berdiri indah pun pendar cahaya matahari terbenam ialah beberapa aktivitas menyenangkan yg bisa Kamu lakukan di area wisata Bengkulu yg satu ini. Berkemah di puncak bukit utk melihat gemerlap lampu Kota Curup di waktu malam hri juga merupakan satu hal yg elegan. Utk tiket masuk kawasan wisata Bukit Kaba di Bengkulu ini, Kamu mesti membayar retribusi sebesar 2.500 rupiah per orang. 

10. Pulau Tikus 

http://holobis.net/
Pulau Tikus ini mempunyai luas lahan lebih kurang 1,5 Ha, satu buah pulau di Bengkulu yg dikelilingi terumbu karang yg luas & dengan cara alami melindungi pulau dari pengikisan akibat gelombang yg besar. Panorama pulau yg indah, air laut yg jernih, & aktivitas snorkel buat melihat batu karang yg indah dan ikan-ikan laut penuh warna merupakan salah satu dari banyak hal memikat di objek wisata Bengkulu yg satu ini. 

Terletak 10 kilo meter ke arah barat dari kota Bengkulu, Pulau Tikus merupakan satu buah pulau terkoneksi langsung dengan Samudera Hindia. Kamu bisa mencapai area wisata di Bengkulu ini dgn menyewa kapal penangkap ikan di pantai Jakat, denagn durasi perjalanan sekitar 1 jam. Apabila menyewa boat buat bertolak ke Pulau Tikus, akan memakan waktu sekitar 40 menit dari Pelabuhan Pulau Baai. Pulau Tikus dulunya area tempat kapal berlabuh & berlindung dari hantaman badai ombak laut Samudra Indonesia. 

Tapi, ulah manusia yg merusak ekosistem terumbu karang di kawasan Pulau Tikus memberikan efek negatif bagi kelangsungan salah satu lokasi wisata Bengkulu tersebut. Yg paling mencolok yaitu makin berkurangnya luas Pulau Tikus lantaran mengalami pengikisan yg berjalan semakin cepat setiap tahunnya.

0 komentar