Tuesday, February 16, 2016

Pantai Pulau Merah, Banyuwangi : Wisata Keluarga Yang Alami Dan Eksotis

Pantai Pulau Merah
Pantai Pulau Merah di Banyuwangi bisa saja terdengar asing di telinga sebagian turis lokal. Popularitasnya mungkin tak ternama seperti kawasan wisata parangtritis, Yogyakarta atau wisata pantai Kuta, Bali. Tapi, salah satu pantai unik di Banyuwangi ini demikian terkenal di kalangan warga jatim. Serta, menjadi salah satu destinasi yg disukai wisatawan asing terutama pengobi olahraga selancar (surfing). 

Pantai Pulau Merah, warga lokal tidak jarang menyebutnya sbg Pulo Merah, terletak di Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Walau disebut dgn “Pulau Merah”, salah satu ruangan wisata di Banyuwangi ini sesungguhnya mempunyai hamparan pasir berwarna putih agak kecoklatan. Tapi kepada waktu waktu kemarau tiba, kawasan pantai ini bakal nampak kemerahan. 

Pantai Pulau Merah Banyuwangi mempunyai keunikan di satu buah bukit mungil yg terletak tidak jauh dari bibir pantai. Dgn background bukit setinggi 200 meter & berwarna kemerahan inilah yg menyebabkan pantai tersebut dikenal sbg Pantai Pulau Merah. Bukit ini diselimuti oleh tumbuhan hijau yg dapat menutupi warna merahnya. Kamu bisa mendaki bukit tersebut ketika air laut sedang surut. Tidak Cuma itu, terdapat bebatuan karang yg berada disekitar bukit mungil ini. 

bukit kecil di pantai pulau merah

Alamat Pantai Pulau Merah : Desa Sumber Gede, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur 


Area wisata Pantai Pulau Merah sekarang ini dikelola oleh Perum Perhutani II jatim. Terletak di Desa Sumber Gede, Kecamatan Pesanggaran, di area pantai ini terdapat tempat ibadah umat Hindu dalam melangsungkan ritual Mekiyis. 

Keberadaan pantai ini pun tidak lepas dari kisah mistis & mitos yg menyelimutinya. Pantai Pulau Merah diyakini oleh sekian banyak pihak mempunyai kandungan emas. Ada pun yg mengisahkan bahwa terdapat satu buah paku bumi yg bisa ditemukan dalam gunung yg terletak di seberang pantai tersebut. 

Kisah mitos yang lain mengabarkan bahwa siapapun yg sanggup memasuki suatu goa yg berada di Pulau Merah, sehingga dapat meraih rezeki yg berlimpah. Ada pun yg mengisahkan bahwa terdapat pancaran cahaya berwarna merah yg menyebabkan pantai ini berwarna merah maka hasilnya disebut juga sebagai Pantai Pulau Merah. 

Aktivitas Menarik di Pantai Pulau Merah 

Pantai Pulau Merah di Banyuwangi ialah salah satu yg popular di Jawa Timur. Pantai ini disukai karena merupakan salah satu destinasi wisata keluarga yg menarik, serta lokasi yang pas buat menikmati senja & angin khas pantai, berfoto, main pasir, berjemur, & sebagainya. Tiket masuk ke area pantai, Kamu mesti membayar harga karcis masuk Pantai Pulau Merah sejumlah 2.500 Rupiah per orang. 

wisata keluarga di pantai Pulau Merah
Tidak Sedikit turis asing & tidak kurang juga kalangan domestik mendatangi Pantai Pulau Merah untuk bermain selancar. Ombak di Pantai Pulau Merah ini disebut-sebut yang merupakan salah satu yg paling baik di Jawa Timur & Indonesia maka serasi buat aktivitas surfing. Sekian Banyak even surfing internasional sempat diselenggarakan di pantai ini. 

Ombak laut yg tinggi bisa ditemui terhadap pertengahan April – Mei sampai September – Desember. Kamu bisa belajar bagaimana bermain selancar di Pantai Pulau Merah bersama ketinggian ombak yg berkisar dari 2 sampai 5 meter. 

aktivitas surfing di pantai Pulau Merah
Kawasan pantai ini pun ditunjang sarana yg baik, diantaranya payung & ruang berjemur yg disewakan oleh pihak pengelola. Terdapat beberapa hotel & akomodasi di kawasan pantai Banyuwangi yg satu ini. Pantai Pulau Merah dekat juga dengan Gunung Tumpang Pitu yang  segaris denagn Pantai Plengkung. Kamu bisa bersantai di pantai ini sembari menikmati angin pantai & melihat panoramanya yg indah. Dengn garis pantai sepanjang sampai 3 kilo meter, bebatuan karang di pantai ini menambah daya pikatnya yg eksotik dan juga bebukitan hijau yg kelihatan asri. 

Di diwaktu senja, Kamu bisa menonton keindahan sunset (matahari tenggelam) di Pantai Pulau Merah. Daya Tarik sunset di pantai ini terbilang indah. Lokasi sekitar pantai pun bersih dgn tekstur pasirnya yg halus. Inilah mengapa, sekian banyak pelancong  beranggapan Pantai Pulau Merah  merupakan satu buah kombinasi indah dari Pantai Kuta, Legian, & Seminyak di Bali. 

sunset pantai Pulau Merah

Hotel di Pantai Pulau Merah 

Karena merupakan salah satu kawasan wisata terkenal di Banyuwangi, Kamu bias dengan enteng menemui sejumlah hotel dekat Pantai Pulau Merah. Terkecuali hotel, ada juga guest house sampai homestay yg bisa Kamu booking. Sekian Banyak penginapan di lokasi Pantai Pulau Merah yg berjarak dekat & terkenal, di antaranya Kumala Hotel, Gelora Atlit Banyuwangi Guest House, Hotel Mahkota Plengkung Banyuwangi, pun Hotel Ketapang Indah. 

Kamu bisa menghubungi pihak hotel di sana atau mencari hotel dekat Pantai Pulau Merah ini dengan cara online. Salah satu booking online yg terkenal di kalangan wisatawan yaitu AGODA. 

Cara Menuju ke Pantai Pulau Merah 

Jikalau Kamu berada di kota Banyuwangi, jurusan perjalanan Kamu bakal menempuh jarak kurang lebih 80 kilometer memakai kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum, menghabiskan waktu kurang lebih 2,5 jam buat tiba di lokasi. Di sepanjang perjalanan, ada papan penunjuk yg dapat mengarahkan Kamu menuju kawasan wisata Pantai Pulau Merah ini. Jarak tempuh kira kira 2,5 jam dari kota Banyuwangi. Apabila Kamu memakai angkutan umum, ambillah kendaraan dgn jalur Pesanggaran. Setiba di pasar Pesanggaran, teruskan perjalanan dgn memakai jasa ojek menuju area pantai. 

Jika Kamu mengawali perjalanan dari Jember, turunlah di terminal Jajag. Selanjutnya dari sana Kamu bisa menaiki bis rute Pesanggaran.

Disqus Comments