Saturday, July 1, 2017

Negara Ini Mempunyai Libur Lebaran Terpanjang

Momen lebaran memang sangat dinanti-nantikan sebagai hari kemenangan setelah menjalani puasa sebulan penuh selama bulan Ramadan. Akhirnya dapat pulang kampung dan bertemu dengan saudara jauh, juga keluarga besar yang datang dari segala penjuru Indonesia. Tidak jarang, keluarga yang ada di luar negeri pun akan pulang ke tanah air agar bisa bersilahturahmi.


Seperti yang sudah-sudah, akan ada libur bersama yang dipakai untuk merayakan Hari Raya umat muslim. Menjadi kejutan yang amat luar biasa bahwa di tahun ini, Presiden Jokowi memutuskan memberikan libur Lebaran hingga hampir 2 minggu. Wah, selain mudik dan menyantap ketupat opor, ini juga menjadi kesempatan untuk melakukan traveling dengan keluarga. Tidak perlu menunggu cuti lagi, deh.

Ternyata FYI, negara-negara lain juga memberlakukan libur Lebaran lho. Jumlah harinya sangat beragam, tergantung dengan kebijakan pemerintah masing-masing. Di Indonesia, Idul Fitri ditetapkan dirayakan pada hari Minggu, tanggal 25 Juni 2017 yang lalu. Pak Jokowi menambahkan Hari Jumat, 23 Juni 2017 sebagai cuti bersama yang tentu saja disambut warga Indonesia dengan suka cita karena total libur Lebaran mencapai 10 hari.


Di sisi lain, Arab Saudi yang dikenal sebagai negara Islam terbesar memberlakukan libur Hari Raya Idul Fitri yang sangat panjang, totalnya 23 hari dimulai dari tanggal 16 Juni sampai 8 Juli 2017. Sedangkan, negara muslim lainnya seperti Uni Emirat Arab, Qatar dan Mesir hanya memberlakukan hari libur sekitar 5 sampai 9 hari saja. Dilansir dari Kompas.com, Indonesia ternyata termasuk negara dengan jumlah libur Lebaran terpanjang, lho.

Kita wajib bersyukur dengan banyaknya jumlah ‘tanggal merah’ yang bisa dipakai untuk silaturahmi atau liburan ke destinasi impian kita. Sebab banyak negara yang hanya memberikan libur selama 3 hari, seperti Malaysia, Filipina, serta Pakistan. Baru mudik sebentar, sudah harus balik ke kota karena pekerjaan menanti. Kasihan ya :(


Mumpung libur lebaran panjang ada baiknya memanfaatkan kesempatan sebaik-baiknya dengan menjelajah kota asalmu. Selamat merayakan lebaran dan selamat berlibur gaes. ;)
Disqus Comments