Inilah 14 Lokasi Wisata di Sumatera Utara Paling Ternama

Cari Hotel di Medan klik disini

Daya Pikat keindahan ruang wisata di Sumatera Utara terbentang dari panorama Danau Toba yg mempesona sampai hutan di Bukit Lawang yg jadi ruang habitat sekelompok orang utan di Sumatera Utara. 

Tidak Cuma itu, kultur warga yg ternama dgn suku Batak di Sumatera Utara demikian unik dgn terpeliharanya warisan budaya & rutinitas leluhur di era modern ini. Budaya & adat Batak ini akan Kamu jumpai di sejumlah desa adat & menampilkan wajah asli provinsi Sumatera Utara yg sesungguhnya. 

Kota Medan juga sebagai ibukota propinsi Sumatera Utara merupakan kota metropolitan paling besar ketiga di Indonesia sesudah Jakarta & Surabaya, dgn komposisi warga yg demikian heterogen & plural dalam beraneka suku, agama, & ras. Kamu akan menemukan perkampungan India di Medan yg ditempati oleh mayoritas bangsa India. 

Di sepanjang thn 2013, statistik kunjungan wisatawan asing ke seluruh obyek wisata Sumatera Utara sejumlah 225 ribu orang dengan pengunjung terbanyak berasal dari Malaysia, Singapura, & Eropa. 

Dengan penduduk mencapai 12 juta jiwa, warga di Sumatera Utara terbagi dalam lima group etnis utama & bahasa, yakni Orang Melayu pesisir yg hidup di sepanjang Selat Malaka, orang Batak, Angkola atau Mandailing dari Tapanuli selatan, & Nias kepulauan lepas pantai barat. Ada juga group etnis yang lain yg hidup di Medan & kota-kota lain di Sumatera Utara, yg paling besar yakni etnis Cina & India. 

Obyek Wisata di Sumatera Utara 

Berikut ini sejumlah obyek wisata di Sumatera Utara paling populer & layak Kamu datangi. 

1. Danau Toba 

Inilah danau vulkanis paling besar & terluas di dunia. Ketenaran wisata Danau Toba sudah dikenal sampai ke mancanegara, berkontribusi yg positif pada perkembangan daerah & kehidupan penduduk di sana. 

Panorama alam Danau Toba merupakan satu yg paling memikat dari tanah Sumatera Utara dgn suasana sejuk menyegarkan, hamparan air jernih membiru, & pemandangan memesona pegunungan hijau. Kamu bisa menikmatinya dari bermacam macam spot yg ada di kawasan wisata tersebut. ditengah danau ini, terdapat satu buah pulau yg tidak lain merupakan ikon kepariwisataan Sumatera Utara, merupakan Pulau Samosir. 

Salah satu kiat paling baik utk menikmati daya tarik danau paling besar ke-2 di dunia sesudah Danau Victoria di Afrika ini ialah dari kota Parapat. Dikarenakan, kota Parapat ini terletak di semenanjung yg menonjol ke danau. Kamu bisa menikmati pemandangan danau dengan menyewa sepeda buat berkeliling di sepanjang pinggiran danau, ini merupakan aktivitas yg menyenangkan di sana. Terkecuali itu, berenang, olahraga air, sampai berkeliling dgn boat dapat juga Kamu jalankan di sana. Jangan khawatir, terdapat tidak sedikit hotel, penginapan, sampai guesthouse di area wisata Sumatera Utara yg satu ini. 

2. Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit 

Kamu butuh menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari kota Medan untuk sampai di kawasan wisata Sibolangit. Sibolangit ialah kawasan pegunungan yg sejuk, satu buah pilihan obyek wisata di Sumatera Utara yg penuh keindahan alam. 

Jikalau Kamu penyuka alam, berkunjung ke lokasi ini bakal jadi teramat menyenangkan. Air Terjun Telaga Dwi Warna bisa Kamu lihat di dalam hutan Sibolangit. daya pikat air terjun ini terletak terhadap dua warna yg dimiliknya, ialah biru (air dingin) & putih (air hangat). 

Utk bisa sampai di air terjun ini, Kamu mesti lakukan treking  lebih kurang 3 jam dari Sibolangit. Kegiatan ini memang lah lumayan melelahkan, tetapi sesungguhnya ialah teramat menyenangkan bagi Kamu penyuka adventure alam. Apalagi lagi bagi Kamu yg mau camping di areal wisata air terjun Dwi Warna Sibolangit. Perjalanan 3 jam menembus hutan dapat terbayar dgn magnet air terjun yg demikian indah. 

3. Maha Vihara Adhi Maitreya 

Orang Medan tidak jarang menyebutkan nama vihara ini juga sebagai Vihara Cemara Asri lantaran lokasinya yg berada dalam kompleks perumahan Cemara Asri di kota Medan. Inilah vihara paling besar di Indonesia, berdiri demikian megahnya. Kamu tak butuh mengeluarkan uang buat masuk ke lokasi wisata di kota Medan ini, tapi mutlak sekali buat menjaga ketenangan selagi mengunjunginya. 

Maha Vihara Adhi Maitreya ialah satu buah ruang peribadatan agama Buddha, mempunyai suasana yg asri, tertata rapi, & terjaga kebersihannya. Berdiri di atas lahan seluas 4.5 hektar, bangunan vihara ini dengan cara arsitektural ialah berkarakter falsafah Buddha Maitreya. 

Disaat masuk ke dalam vihara, Kamu dapat menemukan tiga buah patung suci, yaitu patung Sang Buddha, Dewi Kwan Im, & Hakim Bao. Berjalan-jalan mengelilingi vihara sambil berfoto merupakan aktivitas yg paling terkenal dilakukan wisatawan selain beribadah.

4. Pulau Samosir 

Inilah ikon kepariwisataan Sumatera Utara, terletak persis di tengah Danau Toba. Oleh karenanya, Pulau Samosir ini jadi bidang yg tidak terpisahkan dari Danau Toba. Berketinggian seputar 1000 meter dpl, Pulau Samosir mempunyai keindahan alam yg masih alami. 

Di pulau ini merupakan tempat paling baik buat belajar sejarah & riwayat suku Batak. Di obyek wisata Sumatera Utara yg satu ini, Kamu bisa menemukan tidak sedikit accessories, pakaian, sampai kain tradisional khas Batak yg dipasarkan utk umum. 

Tuktuk merupakan satu buah daearah yg jadi pusat wisatawan ketika mengunjungi pulau Samosir. Dari Parapat, Kamu akan tiba di Tuktuk dengan menyeberangi Danau Toba manaiki kapal feri. Kalau melalui darat, Kamu menempuh rute melalui Pangururan utk bisa tiba di Pulau Samosir. Pangururan ialah satu buah kecamatan yg jadi ruang persinggungan antara Pulau Samosir & Pulau Sumatera. 

Menikmati wisata di Pulau Samosir bisa dilakukan dgn berkeliling menyusuri kawasan perbukitan hijau sembari menonton panorama danau yg jernih & berwarna kebiruan. Di Tuktuk, tersedia tidak sedikit penginapan di Pulau Samosir, mulai dari cottage sampai guesthouse. 

5. Istana Maimun 

Istana Maimun merupakan peninggalan Kerajaan Deli yg populer, satu buah istana berwarna kuning berdiri megah ditengah Kota Medan & jadi ikon kota metropolitan tersebut. Kamu bisa melihat istana ini di Jln. Brigjen Katamso Kec. Medan Maimun, Medan. Secara arsitektural, bangunan Istana Maimun didominasi warna kuning, warna khas Melayu. 

Ketika memasuki lokasi wisata di Medan yg satu ini, Kamu akan melihat ragam koleksi yg dipunyai istana di jaman dahulu. Sekian Banyak di antaranya ialah koleksi poto sultan, singgasana sultan, sampai histori Kerajaan Deli. Utk bisa masuk ke Istana Maimu ini, Kamu mesti membayar tiket masuk se besar 8 ribu rupiah per orang. Istana ini buka mulai dari pukul 08.00 sampai 17.00. 

6. Pulau Nias 

Nias mempunyai reputasi dunia melalui daya pikat lompat batu & aktivitas selancar. Dinding batu setinggi 2 meter akan dilompati oleh pemuda setempat dgn demikian mudahnya. Ini merupakan suguhan atraksi di Nias yg ternama, bisa Kamu lihat di desa Bawomatauo. 

Tradisi lompat batu di Pulau Nias lahir dari rutinitas berperang antardesa warga Pulau Nias. Di desa Bawatomataluo & Hilisimae, ada serta pertunjukan tari perang tradisional di mana para penarinya mengenakan kostum tradisional dgn bulu burung berwarna cerah yg diikatkan di kepala mereka. 

diluar itu, berselancar di Nias merupakan salah satu yg paling baik didunia bersama ombak gede yg menantang. 

Pulau Nias terletak di Samudera Hindia arah barat Pulau Sumatera. Gunung Sitoli merupakan kota yg jadi salah satu sentral kepariwisataan di sana. Kamu bisa menemukan Museum Pusaka Nias di kota ini bersama 6.500 koleksi benda budaya peninggalan Warga Nias. Dengan  Danau Toba, Pulau Nias merupakan sekian banyak obyek wisata di Sumatera Utara yg dikenal luas di mancanegara. 

7. Taman Wisata Rohani Salib Kasih 

Inilah landmark kota Tarutung, satu buah monumen berbentuk salib yg dibangun di Dolok (bukit) Siatas Barita utk mengenang jasa, dedikasi, & pengabdian yg luar biasa dari Dr. Ingwer Ludwig Nommensen. Nommensen merupakan satu orang missionaris asal Marsch Nordstrand, Jerman Utara yg mengajarkan agama Kristen di Tanah Batak buat membebaskan warga Batak dari animisme & keterbelakangan peradaban. 

Di puncak (dolok) Siatas Barita inilah, Nommensen sempat bakal dibunuh oleh warga Batak selama terjadi ritual penyembahan terhadap Sombaon Siatas Barita, ialah roh alam yg disembah orang Batak. Diwaktu pemimpin ritual (Sibaso) menyuruh pengikutnya buat membunuh, Nommensen menghadapinya & bicara bahwa roh tersebut merupakan roh setan. selanjutnya, Sibaso jatuh tersungkur & tak mengganggunya lagi. 

Buat bisa masuk, Kamu mesti membayar tiket sebesar 2 ribu rupiah per orang. Salib ini mempunyai tinggi lebih kurang 30 meter & dihiasi dgn lampu maka pada tengah malam bakal tampak terlihat terang dari kota Tarutung yg berada di kaki bukit Siatas Barita tersebut. 

Dari posisi salib ini, Kamu bisa memandang kota Tarutung. Serta terdapat altar & area duduk dgn kapasitas 600 orang utk kebaktian wisata rohani yg diselenggarakan di sana. Ada juga rumah-rumah mungil yg dinamakan Rumah Doa, lokasi di mana wisatawan bisa memanjatkan doa terhadap Sang Pencipta. Daya Pikat obyek wisata di Sumatera Utara ini senantiasa ramai oleh kunjungan wisatawan. 

8. Kota Tarutung 

Tarutung ialah ibukota Kabupaten Tapanuli Utara, yg diawal abad ke-19 menjadi lokasi yg ramai ramai dikunjungi oleh beberapa orang sekitarnya buat transaksi dagang yg datang dari daerah Silindung, Humbang, Samosir, Toba, Dairi, termasuk juga dari selatan seperti Pahae, Sipirok, sampai Sibolga & Barus. 

Sekarang ini, Tarutung populer sebagai pusat wisata religi di Sumatera Utara. Di kota inilah sentrum aktivitas Gereja HKBP berada. 

Tarutung mempunyai iklim yg dingin, menawarkan daya tarik keindahan alam yg memikat. Di kota ini, Kamu bisa berangkat ke Sijaba Huta Ginjang, satu buah taman wisata alam di Sumatera Utara yg menghadap ke arah Danau Toba. 

Tidak Cuma Salib Kasih yg merupakan landmark memikat yang lain, di Tarutung terdapat serta kolam pemandian air soda yg cuma ada dua didunia, satunya berada di Venezuela, ialah Aek Rara Tarutung. Jikalau mau menelusuri riwayat kekristenan di Tanah Batak, Kamu bisa bertolak ke kantor pusat HKBP di Pearaja. 

9. Gunung Sibayak 

Gunung Sibayak adalah gunung api yg masihlah aktif. Daya Tarik wisata gunung ini terletak kepada panorama alam yg demikian indah. Gunung Sibayak yg berada di Tanah Karo ini dinamakan pula Gunung Raja, lokasi pujaan bagi mereka yg mau melihat panorama indah kota Medan dan menikmati terbitnya matahari. 

Untuk pergi ke Gunung Sibayak, Kamu butuh menempuh perjalanan menuju Brastagi, berjarak kira kira 77 kilo meter dari kota Medan, dengan waktu tempuh 2 jam. Untuk melaksanakan pendakian, Kamu mesti membayar kupon masuk Gunung Sibayak sebesar 4 ribu rupiah per orang. 

10. Air Terjun Sipiso-Piso Tongging 

Daya pikat air terjun Sipiso-Piso Tongging terdapat pada ketinggian air terjunnya yang mencapai 120 meter & terletak dekat sekali dgn Gunung Sipiso-Piso. Di kawasan air terjun ini, Kamu bisa menonton panorama indah Danau Toba dan keindahan alam yg ada di sana. 

Cuma untuk sampai di dasar air terjun ini, Kamu mesti menuruni 1000 anak tangga yg berlika-liku. Seandainya sudah sampai di bawah, Kamu bisa menonton keindahan air terjun Sipiso-Piso yg sesungguhnya. 

11. Bukit Lawang 

Inilah satu buah obyek wisata di Sumatera Utara yg menawarkan Kamu aktivitas penjelajahan hutan dan melihat dari dekat kehidupan satwa di alam bebas. Bukit Lawang ialah suatu perwujudan hutan tropis, terletak dekat pintu masuk Taman Nasional Gunung Leuser. 

Kawasan wisata Bukit Lawang disukai tidak sedikit kalangan sebagai salah satu destinasi wisata alam yg menarik di Sumatera Utara. Sedia tidak sedikit penginapan & losmen. Aktivitas yg bisa dilakukan diantaranya trekking sampai rafting. Dari kota Medan, Kamu butuh menempuh perjalanan 3 jam buat tiba di kawasan wisata Bukit Lawang ini. 

12. Air Terjun Sigura-Gura 

Inilah air terjun paling tinggi di Indonesia, berketinggian 250 meter & berada di bentang alam dekat dengan Danau Toba. Hawa yg dingin & sejuk menjadi karakter lokasi wisata di Sumatera Utara yg satu ini. 

Dari kejauhan, air terjun ini kelihatan seperti curahan air rakasasa bersama nada dentuman air yg terdengar dari kejauhan. Air terjun ini bersumber dari Sungai Asahan yg aliran airnya bermula dari Danau Toba. 

Aliran sungai dari air terjun Sigura-Gura ini kerapkali jadi area turnamen rafting di Indonesia & dunia karena aliran air yg deras & berkontur bebatuan. Sekian Banyak aktivitas populer tidak hanya rafting, tetapi juga berkemah di areal air terjun. 

diluar itu, berenang di sungai dekat air terjun tersebut merupakan aktivitas yg nyaris senantiasa dilakukan tidak sedikit wisatawan di samping berfoto dengan latar belakang air terjun & bentang alamnya yg mempesona. 

13. Graha Santa Maria Annai Velangkanni 

Inilah salah satu destinasi wisata di rohani di Medan, suatu gereja Katholik yg teramat unik. Secara arsitektural, bangunan Graha Santa Maria Annai Velangkanni nyaris serupa suatu kuil Hindu. Awal mulanya gereja ini diperuntukkan bagi umat Katolik Tamil yg ada di kota Medan, & dalam perjalanannya terbuka bagi semua umat. 

Nama Annai Velangkani, yg berarti Mamah dari Velangkanni, dijadikan nama gereja & satu buah persembahan terhadap Bunda Maria yg sempat menampakkan diri di pesisir Velangkanni, Tamil Nadu, India kepada abad 17. 

Bangunan gereja ini demikian megah, oleh karenanya berfoto jadi suatu aktivitas yg seringkali dilakukan wisatawan selain berdoa. Disamping bangunan gedung penting, ada suatu bangunan mungil bernama Kapel Maria, suatu ruang berdoa terhadap Bunda Maria yg penuh bunga dari peziarah yag berdoa Rosario di ruangan tersebut. 

14. Taman Alam Lumbini 

Taman Alam Lumbini terletak di kaki Gunung Sibayak, jadi suatu destinasi wisata Berastagi yg terkenal, pun mempunyai keunikan berupa adanya suatu pagoda yang merupakan pagoda paling tinggi di Indonesia. Pagoda ini ialah replika Pagoda Shwedago yg ada di Myanmar. Ciri khas pagoda ini ialah stupa Buddha sepanjang 69 meter & tinggi 46,8 meter. Terdapat lebih dari 2500 patung Buddha & relief yang lain di kawasan wisata ini. 

Kemegahan Pagoda di Taman Alam Lumbini dikarenakan megahnya bangunan yg diselimuti cat berwarna emas yg amat sangat cerah. Luas bangunannya pun amat sangat gede & Kamu bisa mengelilinginya. 

Taman Alama Lumbini mempunyai panorama alam yg indah denganhawa yg sejuk. Menonton panorama taman alam dgn keunikan pagoda megah yg berwarna keemasan ialah suatu hal yg teramat menarik dari obyek wisata di Sumatera Utara yg satu ini. Kamu tidak dikenai biaya sepeserpun buat masuk ke lokasi wisata ini. 

2 komentar