Monday, September 12, 2016

12 Oleh-Oleh Khas Jakarta Paling Disukai Wisatawan

Apa saja oleh-oleh khas Jakarta itu? Kemungkinan terdengar sederhana, tetapi layak Kamu ketahui seandainya sedang berwisata di sana. Kota Jakarta ialah daerah paling maju dan modern di Indonesia. Juga Sebagai ibukota negeri, Jakarta ialah sentrum perekonomian Indonesia. Seluruh business berkembang, baik itu bagian industri, perbankan, sampai pariwisata.

Dari perihal kepariwisataannya, Jakarta mempunyai banyak obyek wisata ternama, baik itu wisata pantai di Jakarta, wisata budaya, wisata belanja, sampai wisata kuliner. Waktu berwisata di kota metropolitan paling besar di Indonesia ini, janganlah lupa buat mengambil oleh-oleh khas Jakarta.

Jakarta memang lah mempunyai tantangan dengan situasi banjir serta tingkat kemacetan lalu lintas yang tinggi. Tapi, perkembangan teranyar menunjukkan adanya keseriusan pemerintah DKI Jakarta buat membenahi beraneka ragam persoalan tersebut.

Tidak kalah dari itu, Pemda DKI Jakarta pula menargetkan pertumbuhan kunjungan wisatawan tiap-tiap tahun ke Jakarta. Hari demi hari, keadaan perjalanan wisata di Jakarta makin mengasyikkan. Bagi Kamu yang sedang liburan, ada sekian banyak oleh-oleh khas Betawi yang benar-benar cuma sanggup ditemukan di Jakarta saja.

Oleh-Oleh Khas Jakarta 

Dihimpun dari beragam sumber, berikut ini merupakan oleh-oleh khas Jakarta yang paling ternama di kalangan pelancong yg pantas Kamu ketahui.

1. Kerak Telor 

Kerak telor via wikipedia
Jakarta identik dgn Kerak Telor. Kuliner khas Betawi ini telah jadi trade mark-nya Jakarta. Ga ada pedagang di daerah lain yg jual Kerak Telor. Jikalau mau mencicipinya, pasti saja Kamu mesti datang ke Jakarta terlebih dulu. Kerak Telor yaitu makanan tradisional Betawi yg lumayan digemari, khususnya bagi masyarakat Jakarta. Terkecuali rasanya yg khas, proses pembuatannya yg unik kerap jadi daya tarik tersendiri.

Di Sayangkan, saat ini Kerak Telor lambat laun jadi kuliner yang langka lantaran jarang yang jual makanan khas ini di hari-hari biasa. Kalau kita mau membeli kudapan khas Betawi ini buat oleh-oleh keluarga di hunian, Kamu bisa datang ke Jakarta pas dengan diselenggarakannya even Pekan Raya Jakarta (PRJ). Kamu bisa menemukan banyak stand yang menjual Kerak Telor. Atau, bila beruntung Kamu bisa menemukan bakul Kerak Telor di kawasan wisata Setu Babakan di Jagakarsa maupun di kawasan Kota Tua, Jakarta.

2. Kue Geplak 

Kue geplak via indonesiakaya.com
layaknya Kerak Telor, Kue Geplak ialah makanan tradisional khas Betawi yang sekarang mulai jarang. Walau tidak sedikit bakul kue khas Betawi, tapi jarang dijumpai Kue Geplak diantara beraneka ragam kategori kue yang ditawarkan. Jikalau Kamu mau membelinya untuk oleh-oleh, datang saja ke Bintaro. Di daerah ini, masihlah terdapat sekian banyak home industry yang memproduksi Kue Geplak meskipun cuma dalam skala kecil.

Kue Geplak mempunyai rasa manis yang dominan, tekturnya lembut, & tidak jarang dimanfaatkan utk serah-serahan dalam adat pernikahan warga Betawi. Kue ini terbuat dari beras yang didominasi warna putih & cokelat. Proses pembuatannya lumayan mudah. Makanan yang merupakan oleh–oleh khas Jakarta ini disebut sebagai Kue Geplak sebab proses meratakan adonannya memakai tangan dengan cara dipukul atau ditepuk-tepuk.

3. Roti Buaya 

Roti buaya via wikipedia
Makanan khas dari Betawi ini disebut roti buaya lantaran ukurannya yg luar biasa besar. Seperti halnya Kue Geplak, Roti Buaya umumnya muncul pada acara pernikahan yang mengggunakan tradisi Betawi di mana mempelai laki laki membawa Roti Buaya yang merupakan salah satu barang dari seserahan.

Menurut budaya Betawi, Roti buaya ialah lambang kesetiaan. Penduduk Betawi yakin bahwa buaya cuma kawin sekali seumur hidup. Ini jadi simbol mempelai lelaki yang mesti mempunyai karakter & sifat penyayang & setia seumur hidup. Tidak Serupa dari Kue Geplak yg terbilang susah ditemukan, Roti Buaya lumayan enteng ditemukan di sekian banyak pusat makanan & oleh-oleh khas Jakarta.

4. Kembang Goyang 

Kembang goyang via blogspot
Kue Kembang Goyang termasuk juga salah satu makanan khas Betawi biarpun kenyataannya makanan ini tidak jarang dijumpai di sekian banyak daerah di Indonesia. Di daerah Sumatera, kue ini ternama dengan sebutan Kembang Loyang, sementara di Jawa Timur ternama dgn sebutan Mentari. Di Bali, Kembang Goyang jadi bagian dari sesaji dalam ritual keagamaan.

Kue Kembang Goyang khas Betawi ini mempunyai wujud yang khas seperti bunga matahari. Kue ini dibuat dari adonan tepung beras ditambah gula pasir, telur, & vanilli dengan aroma khas hasil tambahan perasan air jahe.

5. Dodol Betawi 

Dodol betawi via khasjakarta.co.id
Oleh-oleh khas Jakarta yang satu ini merupakan jajanan yang wajib dibeli sepulang dari Jakarta. Dodol Betawi aslinya termasuk juga varian dodol kebanyakan, cuma saja Dodol Betawi terbuat dari campuran ketan hitam, ketan putih, serta durian.

Bahan-bahan & proses pembuatannya amat sangat rumit, menjadi wajar kalau Dodol Betawi ini lumayan susah ditemukan di toko kue. Rata-rata, makanan ini gampang dijumpai pada acara pernikahan, pesta syukuran, serta bulan Ramadhan, Idul Fitri, ataupun perayaan Idul Adha. Menjelang hari raya Lebaran, Dodol Betawi terbilang amat laris dibeli penduduk.

6. Bir Pletok 

Bir pletok via infonitas.com
Hidangan pelengkap makanan Dodol Betawi ialah Bir Pletok. Meski memanfaatkan kata “bir”, minuman ini 100 % bebas alkohol. Bahan baku Bir Pletok yakni bahan-bahan tradisional, seperti sari jahe original, sari bunga Selasih, gula, serta beberapa kategori akar-akaran.

Ketika mencoba minum Bir Pletok pertama kali, rasa di lidah yaitu rasa pedas yg sedikit menyengat. Ini disebabkan kandungan air jahe asli yg ada di dalamnya. Kemudian, badan dapat terasa hangat lantaran pengaruh percampuran bahan-bahan dalam Bir Pletok tersebut. Minuman ini amat baik untuk menjaga kesehatan serta tepat diminum diwaktu cuaca dingin.

7. Keripik Buah KRIPIKITA 

Kripikita via kemanajaboleeh.com
Jikalau keripik Singkong terlampaui biasa saja sebagai oleh-oleh, Kamu bisa mencoba variasi lain seperti yg ditawarkan oleh Kripikita. Ada varian keripik buah yg ditawarkan, contohnya Keripik Nangka, Keripik Salak Pondoh, Keripik Apel, Keripik Mangga, Keripik Nanas, Keripik Pisang Caramel, serta banyak varian lain.

Keripik buah Kripikita ini amat tepat sebagai oleh-oleh dikarenakan tahan sampai sekian bulan. Kamu dapat membeli oleh-oleh ini di Mall WTC Matahari Unit G-115 (Lt. Ground dekat ATM Center).

8. Kue Semprong Glory 

Kue semprong via wikipedia
Oleh-oleh khas Jakarta yg satu ini berbentuk sederhana, namun rasanya amat sangat enak. Namanya Kue Semprong, merek Glory. Cemilan yg satu ini memang lah tepat utk oleh-oleh dikarenakan tidak hanya rasanya yg gurih, Kue Semprong pula tahan lama. Sekedar rekomendasi, varian rasa yg paling enak yaitu rasa wijen. Wujudnya lebih padat & wangi wijennya amat mengundang selera.

Jikalau Kamu tertarik hendak membeli Kue Semprong Glory ini, tak butuh jauh-jauh, langsung saja ke Jalan KS. Tubun III No. 2 Slipi Jakarta Barat. Sedia Kue Semprong rasa Wijen dalam kemasan toples 600 gr atau kemasan dus 250 gr.

9. Marquerite Nougat 

Marquerite nougat via nougatworld.com
Piknik ke Jakarta terasa belum kumplit bila pulang tak membeli oleh-oleh Marquerite Nougat. Berlokasi di Jalan Kelapa Puan Timur V NB5 No. 10 Kelapa Gading, Marquerite Nougat menyediakan Nougat yg tepat sebagaioleh-oleh. Rasanya enak, manisnya sesuai, juga tak mengandung bahan pengawet dikarenakan dibuat dari bahan-bahan premium berkwalitas.

Marquerite Nougat tak membuat Kamu segera haus, serta tak lengket di gigi. Tidak kurang dari 13 rasa Nougat tersedia utk Kamu pilih, kebanyakannya dari Eropa & Australia. Tidak Hanya Nougat yg enak, ada juga Cookies & Selai aneka rasa. Ada 3 macam rasa Selai, yaitu rasa Lemon, Coffee, & Green Tea.

10. Pepes Tulang Lunak Ikan Mas – PeTulu 

Pepes ikan Petelu via wix
Ingin membeli oleh-oleh makanan siap saji yang mempunyai packaging yg unik? Beli saja Pepes Tulang Lunak Ikan Mas – PeTulu. Pepes ikan yg satu ini benar-benar unik & serasi sebagai oleh-oleh khas Jakarta. Pepes Ikan Mas ini selain bisa dikonsumsi dagingnya, tulangnya pun teramat lunak.

Pepes Tulang Lunak Ikan Mas – PeTulu terbilang cocok utk diet sebab bumbu-bumbunya diambil dari bahan-bahan tradisional. Memasaknya menggunakan trik khusus, dikukus daun pisang & ikannya dipotong-potong, bukan dihaluskan seperti pepes kebanyakan. Jikalau mau menikmati Pepes Tulang Lunak Ikan Mas – PeTulu, Kamu bisa bertolak ke Mayestik Citywalk Lantai 1. Atau, Kamu bisa juga melakukan pemesanan via telepon karena mereka juga melayani delivery order.

11. Oleh-Oleh Sowan 

Oleh-oleh sowan
Di daerah Sunter, ada pusat penjualan oleh-oleh bernama Oleh-Oleh Sowan. Sealain menyediakan oleh-oleh asli khas Jakarta berupa makanan atau aneka kerajinan, pun sedia makanan dari beraneka kota lain seperti Solo, Jogjakarta, Semarang, Surabaya, Padang, Bandung, serta daerah lain di Indonesia.

Bila Kamu sedang membeli oleh-oleh di lokasi ini, bisa jadi Kamu tertarik buat mampir di restoran Dapur Solo yg berlokasi persis di sebelah Oleh-Oleh Sowan. Di restoran ini, Kamu bisa menikmati nasi liwet khas Solo yg rasanya terkenal enak nomor satu.

12. KSM Oleh-Oleh Betawi 

KSM oleh-oleh betawi via initempatwisata
Tempat ini merupakan salah satu pusat oleh-oleh khas Jakarta yg khusus menyediakan kuliner & kerajinan tangan khas Jakarta. Adapun oleh-oleh berupa makanan yg tersedia disini, diantaranya Bir Pletok, Biji Ketapang, Kembang Goyang, Kue Geplak, Dodol Betawi, serta banyak makanan lain.

Apabila Kamu bosan dgn oleh-oleh makanan, Kamu bisa membeli cinderamata di area ini. Ada kaos Jakarta, gantungan kunci, sandal Jakarta, miniatur becak, miniature ondel-ondel, serta aneka cinderamata bertemakan kota Jakarta.
Disqus Comments