Monday, April 18, 2016

Surga Wisata Laut Indonesia : Menyelam Di Raja Ampat

aktivitas diving di Raja Ampat (papua-diving.com)
Ada banyak area diving Raja Ampat yg bisa dikunjungi. Diving di Raja Ampat bakal menunjukkan terhadap Kamu paling sedikit 1500 spesies ikan, 537 spesies koral, & 699 hewan tidak bertulang belakang yg bakal Kamu dapatkan di alam bawah laut Raja Ampat. Keindahan bawah laut Raja Ampat ini dipercaya dunia internasional sebagai salah satu dari 10 tempat diving paling baik di dunia. Mempunyai luas wilayah perairan serta daratan di Raja Ampat yg mencapai 40.000 km2, dimana 80%-nya yaitu perairan. 

Kegiatan diving & snorkeling di Raja Ampat sudah jadi konsentrasi wisata dunia. Ini tak mengherankan lantaran staf-staf wisata di Indonesia sedang gencar-gencarnya membangun reputasi kepariwisataan di Indonesia. Lebih-lebih di Raja Ampat. Sekarang, terdapat banyak paket diving Raja Ampat yg bisa Kamu pilih. Travel Agent biasanya sudah mengemas paket diving Raja Ampat dgn memakai liveaboard. Tempat-tempat diving Raja Ampat & jalur diving teramat tergantung terhadap keadaan arus & kejernihan air ketika paket trip diambil. 

Resort Raja Ampat & Diving 


Aktivitas diving Raja Ampat sudah dipersiapkan bersama secara baik oleh resort-resort di Raja Ampat. Kamu sebaiknya menginap di resort diving yg benar-benar sudah sediakan bermacam macam peralatan, alat, & guide buat penyelaman paling baik untuk Kamu. 

Seandainya Kamu bertolak ke Raja Ampat & sudah memastikan pilihan menginap di salah satu resort Raja Ampat, sehingga janganlah ragu utk meminta staf atau Pegawai resort tersebut menjemput Kamu di Pelabuhan Waigeo. 

Resort Raja Ampat 

resort di Raja Ampat (rajaampatlodges.com)
Ada bermacam resort diving di Raja Ampat. Contohnya Raja Ampat Dive Resort, resort ini terletak di Pulai Waisai. Yg yang lain, contohnya Misool Eco Resort. Resort ini merupakan resort selam juga merangkap sekaligus juga sebagai pusat konservasi yg berlokasi di selatan Raja Ampat. Kamar-kamar di resor ini terletak di tengah kepulauan tidak berpenghuni yg kaya dengan aneka jenis hewan laut. 

Bila Kamu mencari penginapan murah di Raja Ampat, Kamu sebaiknya bertolak ke ibu kota Kab Raja Ampat, yakni Waigeo. Di Waigeo ini terdapat Achropora, juga sebagai cottage milik pemerintah daerah. Ada pun losmen dan juga banyak homestay di hunian milik warga. 

Snorkeling & Diving Raja Ampat 

Di Raja Ampat, sebenarnya dgn menggunakan snorkel saja Kamu bisa menonton dari dekat ikan pari gede atau manta-ray. Ikan pari manta ini mempunyai badan dgn lebar lebih dari 2 m. Alam bawah laut Raja Ampat pun ditempati oleh ikan paus dgn badan sepanjang 4 m. 

Ruang snorkeling Raja Ampat yg penuh dgn ikan pari manta dikenal juga sebagai manta reef. Ruang ini demikian ternama di para pecinta wisata laut. Area ini juga mempunyai arus yg lumayan kuat, tapi terdapat tidak sedikit pari manta yg bisa Kamu tonton di bawah laut sana. Dari area manta reef Kamu bisa melanjutkan kegiatan snorkeling dengan menonton hunian karang yg terdapat di Pulau Kri. 

Sama Seperti yg didapati, Raja Ampat merupakan pusat segitiga karang dunia (poros yg mencakup perairan kaya karang di Indonesia, Filipina, Malaysia, Papua Nugini, Timor Leste, & Australia). Aspek inilah yg menciptakan laut di daerah ini jadi begitu kayanya dapat aneka biota laut. 

Perahu buat diving di Raja Ampat 

perahu pengantar diving (nusantarawisata.wordpress.com)
Di Raja Ampat, Kamu bisa menyewa perahu panjang (termasuk bahan bakar) dengan biaya sekitar 6 juta rupiah per 10 hari. Bila Kamu mau menyambung perjalanan hingga ke utara Raja Ampat, area sekitar Pulau Wayag,  Kamu akan butuh bahan bakar sebanyak 1,200 liter. Untuk Informasi bahwa jarak satu trip sekitar 250 kilo meter. Utk memperoleh perahu panjang, Kamu bisa mengunjungi dermaga kecil. Sesampainya di dermaga, pertama kali yg mesti Kamu lakukan yakni mencari info menyangkut beberapa orang yg terpercaya & mengetahui lokasi snorkeling yg keren. 

Rute Transportasi ke Raja Ampat 

Tiap hri pada pukul 14.00 WIB ada kapal cepat Marina Express & feri yg melayani penumpang dari Sorong ke Waisai. Waisai merupakan ibu kota Kab Raja Ampat. Perjalanan ini dapat memakan waktu sekitar 2,5 jam. Kalau Kamu bertolak dari Jakarta, penerbangan Jakarta – Sorong bakal dilayani oleh maskapai Express Air, Batavia Air, & Lion Air. Perjalanan udara ini bakal menempuh waktu kira kira 5,5 jam. Seandainya Kamu menggunakan rute trasnportasi laut, ada kapal penumpang PT Pelni yg berlayar selama 3 hri dengan jalur perjalanan Jakarta – Sorong.

Artikel Terkait

1 komentar so far

Great to see that someone still understand how to create an awesome blog.
The blog is genuinely impressive in all aspects.
Great blog.
raja poker


EmoticonEmoticon