Sunday, April 17, 2016

Wisata Papua Paling Eksotis : Raja Ampat

Raja Ampat (cntraveller.com)
Raja Ampat merupakan lokasi wisata di Papua yg sudah mendunia. Kepopuleran Raja Ampat sebagai salah satu destinasi wisata paling menarik sudah didokumentasikan dalam sebuah film dokumenter yg berjudul “Edis Paradise 3″ yang ditayangkan perdana di Swiss. Film dokumenter yg dibuat oleh Avant Premiere ini mengangkat keindahan alam bawah laut Raja Ampat di Papua yg dinamakan sbg Amazon Lautan Dunia. Julukan ini disandang sebab posisi Raja Ampat tersebut berada di pusat segitiga karang dunia. Raja Ampat yg termasuk juga dalam teritorial Papua Barat merupakan gugusan pulau dgn 610 pulau yg menyebar, tapi cuma 35 pulau yg dihuni oleh warga. 

Untuk informasi bahwa 75% spesies ikan di dunia ini berada di perairan Raja Ampat. Lautan di Raja Ampat merupakan suatu ekosistem alam yg tetap terjaga kelesetariannya sampai sekarang. Tingginya nilai strategis dan ekonomis alam laut Papua tersebut menyebabkan wisata Raja Ampat di Papua dilindungi dgn undang-undang Republik Indonesia. 

Undang-undang yg bertujuan mencegah beragam aksi pengrusakan ekosistem laut yg semata-mata mencari keuntungan saja. Hal ini bukanlah tanpa sebab. Raja Ampat sudah menjadi konsentrasi wisata dunia pada saat ini. 

alam bawah laut raja ampat (pasirpantai.com)
Wisata Raja Ampat di Papua menyediakan banyak objek wisata yg amat sangat diminati oleh para wisatawan mancanegara khususnya, pecinta diving. Aktivitas diving (penyelaman bawah laut) & snorkeling di Raja Ampat bakal menunjukkan keindahan alam bawah laut Raja Ampat di Papua yg demikian mempesona, dgn bermacam macam kategori spesies ikan dan terumbu-terumbu karang yg hidup natural. Diving di Raja Ampat bakal menunjukkan terhadap Kamu beraneka spesies ikan yg bahkan belum sempat Kamu kenal diawal mulanya. Ingat ya, 75% spesies ikan dunia berada di Raja Ampat. Pernahkah Kamu menonton ikan pari manta? Lebar badan ikan pari ini bahkan bisa mencapai 2 m. 

Sedikitnya terdapat 1500 spesies ikan, 537 spesies koral, & 699 hewan tidak bertulang belakang yg bisa Kamu lihat di alam bawah laut Raja Ampat. Buat diving, Kamu bakal ditemani oleh ahlinya & memanfaatkan peralatan menyelam yg komplit. Kalau Kamu sempat lakukan diving di pantai-pantai lain, sehingga Kamu bakal demikian takjub kepada keindahan bawah laut Raja Ampat Papua. Terumbu karang yg hidup jadi area sumber makanan bagi ribuan spesies ikan & satwa laut yang lain. Ekosistem yg teramat natural & begitu mempesona inilah yg menciptakan Raja Ampat dijuluki juga sebagai Amazon Lautan Dunia. 

keindahan laut raja ampat (frozzaholic.com)
Beberapa orang menyatakan wisata Raja Ampat di Papua ini merupakan surga wisata tersembunyi yg dipunyai oleh Indonesia. Wisata Raja Ampat mungkin bisa dinobatkan juga sebagai wisata alam bawah laut paling mempesona yg dipunyai oleh Indonesia. Yg mampu menandingi keindahan alam bawah lautnya mungkin saja cuma Pulau Weh di Sabang, Aceh. Apabila area wisata Raja Ampat berada di timur Indonesia, sedngkan wisata Pulau Weh Sabang berada di paling barat Indonesia. 

Uniknya, ke-2 lokasi wisata dengan kegiatan diving-nya yg termasuk paling menarik di dunia tersebut justru mendapat perhatian yg gede dari para turis luar negari. Minat penduduk asing & jumlah kunjungannya yg meningkat disaat ini mengakibatkan ke-2 tempat wisata laut Indonesia ini jadi demikian terkenal di kalangan internasional. Justru para turis domestik yang jarang mengujungi ke-2 tempat tersebut. 

Mesti diakui, perihal budget menjadi penyebab penting yg menciptakan sedikit kehadiran wisatawan domestik ke tempat wisata Raja Ampat Papua. Keadaan infrastruktur di Papua yg belum memadai dan juga besar nya budget transportasi ke/dari Papua membuat tempat menarik ini belum ramai didatangi turis lokal. Belum lagi mengenai budget akomodasi & logistik yg mesti dikeluarkan tatkala menikmati wisata di Raja Ampat tersebut. 

Tentu tidak sama dengan turis asing yg mempunyai tingkat pendapatan lebih tinggi daripada penduduk Indonesia, keadaan keuangan yg tambah baik tersebut membuat mereka bisa menikmati diving yang merupakan salah satu objek wisata Raja Ampat yg paling terkenal. Hal tersebut pula tampak di daerah wisata Pulau Weh di Sabang Aceh. Tingkat kehadiran turis lokal lebih sedikit ketimbang wisatawan asing. 

Apa saja objek wisata Raja Ampat? 

Diving & snorkeling ialah salah satu kegiatan di Raja Ampat yg paling populer. Tetapi, Kamu mesti tahu bahwa lokasi wisata di Papua ini pun memiliki hutan yg lebat, gugusan batu kapur yg berwarna-warni, aneka spesies tumbuhan langka, dan juga sarang penyu di pinggir pantai. 

Beberapa wisatawan dapat berselancar di Raja Ampat sebab area wisata ini mempunyai ombak laut yg lumayan menantang. Sekian Banyak pulau di Raja Ampat yg seringkali dikunjungi yaitu Pulau Wayag, Pulau Pulau Karang, Pulau Waiwo, Kepulauan Gam, & Pulau Arborek. Seandainya Kamu mau menyaksikan burung Cendrawasih yg jadi satwa khas Papua, Kamu bisa menuju ke Kepulauan Gam. Terdapat 4 macam burung cendrawasih yg hidup di Kepulauan Gam, adalah cendrawasih merah, cendrawasih besar, cendrawasih mungil, & cendrawasih belah rotan. 

pulau karang di Raja Ampat (mongabay.co.id)
Kalau Kamu tertantang buat mendaki karang, pergilah ke Pulau Karang. Di pulau ini Kamu bisa mendaki karang dgn tingkat kemiringan mencapai 90 derajat. Jikalau sukses hingga diatas, Kamu akan terpukau dgn keindahan panorama laut Raja Ampat. Di puncak karang tersebut, Kamu akan menyaksikan keselurahan pulau hijau yg dikeliling birunya air laut. 

Rute transportasi ke wisata Raja Ampat 

Untuk sampai di kepulauan Raja Ampat, lokasi terdekat yg bisa dijangkau pesawat terbang yakni kota Sorong, dengan jarak tempuh lebih kurang 6 jam penerbangan dari Jakarta. Rata Rata pesawat dapat transit di Makassar atau Manado. Maskapai yg mempunyai jadwal penerbangan menuju Sorong antara lain Silk Air, Garuda Indonesia, Pelita Air, & Merpati. Setelah Itu, Kamu bisa menuju Waisai, ibu kota Raja Ampat. Kota Waisai ini terletak di Pulau Waigeo, salah satu dari 4 pulau utama di Kepulauan Raja Ampat. Pulau utama di Raja Ampat yaitu Pulau Misool, Pulau Batanta, Pulau Salawati, & Pulau Waigeo.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon