Saturday, July 9, 2016

Gili Trawangan, Daya Pikat Bahari Lombok Yang Mempesona

Kawasan wisata Gili Trawangan di Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu destinasi idola dunia yg menyuguhkan pengalaman wisata bahari yg sangat menyenangkan. Destinasi ini jauh dari kebisingan, memberikan Kamu lanskap pantai yg elegan dan keindahan alam bawah lautnya yg mempesona.

Di thn 2011 dulu, Lonely Planet Best sempat menerbitkan suatu buku pedoman perjalanan & memasukkan kawasan wisata Gili Trawangan sebaga salah satu dari “Top 10 Region” paling recommended didunia utk dikunjungi. Objek wisata Lombok Utara yg satu ini sanggup memberikan pengalaman wisata yg berkesan bagi Kamu.

Objek wisata Gili Trawangan ini secara administratif berada dalam wilayah Propinsi Nusa Tenggara Barat, terletak di arah Barat Laut Pulau Lombok. Gili Trawangan sesungguhnya yaitu satu buah pulau mungil sepanjang 2 kilometer & mempunyai lebar  1,5 kilo meter. Kamu bisa mengelilingi pulau indah ini dengan berjalan kaki sekitar dua jam saja.

Di dalam pulau wisata Gili Trawangan, tiada satupun kegiatan yang menggunakan kendaraan bermotor lantaran benar-benar dilarang. Seandainya Kamu capek berjalan, Kamu bisa memanfaatkan sepeda sewaan atau menaiki cidomo (delman) yg ada di sana.

Tidak cuma daratan bebas polusi & alami, pulau ini mempunyai pantai berpasir putih dgn air laut biru yg jernih, pun alam bawah lautnya yg indah.

Area Menarik di Gili Trawangan 

Berikut ini beberapa objek & spot menarik yg bisa Kamu jumpai selagi menelusuri keindahan wisata Gili Trawangan.

1. Pantai berpasir putih 

Kontur pantai di kawasan wisata Gili Trawangan sama dengan pantai Lombok yang lain, mempunyai hamparan pasir putih yg bersih pula pemandangan pantai yg indah. Air lautnya jernih, kaya dengan biota laut. Dari tepian pantai, Kamu sanggup bersantai sembari menikmati megahnya Gunung Rinjani & Gunung Gede dari kejauhan.

2. Alam bawah laut 

Aktivitas snorkel & diving merupakan satu aspek yg paling terkenal di kawasan wisata Gili Trawangan ini. Kamu bisa menjumpai pelayanan diving berlisensi internasional yg berkantor di sana. Dgn begitu, bakal mudah sekali mencari pemandu & peralatan menyelam yg dinginkan serta diperlukan.

Ada beberapa titik penyelaman yg ternama di Gili Trawangan. Masing-masing mempunyai keunikannya tersendiri. Sekian Banyak spot diving yg terkenal, di antaranya Jack Point, Trawangan Slope, SharkPoint, Bounty Reef, Halik Reef, CoralFanGardern, Simon Reef, & Turbo.

Umumnya, tiap-tiap operator diving di sana mempunyai spot-spot unggulan bersama tingkat kesusahan yg bervariasi sesuai dgn kapabilitas menyelam Kamu. Apabila Kamu malas buat menyelam, Kamu tetap bisa menikmati indahnya biota laut Gili Trawangan dengan melakukan snorkeling saja.

Selagi menyelam, Kamu bisa menonton keindahan alam bawah laut Gili Trawangan yg mempesona, termasuk juga menjumpai penyu hijau di sana. Satwa langka ini sanggup diliat di kedalaman 10-20 meter dibawah permukaan laut.

3. Sunset di Gili Trawangan 

Ini ialah satu aktivitas yang disukai tidak sedikit kalangan wisatawan. Daya Pikat sunset (matahari terbenam) di Gili Trawangan tampak demikian indah kepada satu buah ruang yg bernama Sunset View di sebelah barat pulau.

Kamu bisa bertolak ke sana dgn jalan kaki, bersepeda, atau naik delman. Kamu dapat menjumpai banyak wisatawan yg berkumpul di sana. Area ini benar-benar disenangi juga sebagai ruangan utk bersantai sampai bercengkerama sembari menanti matahari kembali ke peraduannya. Jangan khawati jikalau Kamu lapar atau haus, banyak penjaja makanan di sana.

4. Konservasi kura-kura 

Konservasi kura-kura ini letaknya dekat pelabuhan Gili Trawangan. Di sini dipelihara anak kura-kura, yg kemudian bakal dilepaskan ke lautan agar dapat berkembang biak dengan dengan bebas. Rata-rata, bakal diselenggarakan semacam upacara adat dalam pelepasan satwa ini ke laut.

5. Presean 

Presean ialah satu buah seni beladiri tradisional dari warga suku Sasak di Nusa Tenggara Barat. Kesenian ini bisa Kamu tonton disekitar Pasar Seni. Kesenian ini terbilang ekstrim, mungkin saja Kamu bakal menonton pemain yg terluka sewaktu bertarung dalam pertunjukan beladiri tersebut. Aktivitas ini lazimnya dimeriahkan dgn iringan Beleganjur, sejenis musik tradisional Lombok, termasuk juga nada komentator lewat pengeras nada.

6. Live music 

Akomodasi di pulau Gili Trawangan terbilang sangat baik. Banyaknya bar & cafe di sana umunya menyajikan pertunjukan live music. Pastilah ini adalah salah satu hiburan yg menarik disaat berkunjung ke Gili Trawangan. Di kalangan wisatawan luar negeri, bar & cafe merupakan salah satu ruangan favorite buat menikmati tengah malam yg indah di Gili Trawangan.

Hotel di Gili Trawangan 

Kamu sanggup mencari hotel atau penginapan di Gili Trawangan dengan cara online guna tentukan ketersediaan kamar. Salah satu booking online yg terkenal yaitu AGODA.

Akses ke Kawasan Wisata Gili Trawangan 

Perjalanan menuju kawasan wisata Gili Trawangan bisa dimulai dari pulau Bali. Kamu denagn gampang akan menemukan banyaknya agensi perjalanan yg kemungkinan menawari paket wisata Bali & Lombok dengan secara terpadu, bahkan paket wisata Gili Trawangan.

Untuk sampai di Gili Trawangan, Kamu bisa menaiki angkutan umum dari kota Mataram. Jurusan perjalanan yg dapat dilewati yaitu Mataram – Rembiga – Pamenang. Setiba di Pamenang, perjalanan dilanjutkan dgn kapal menuju Trawangan. Waktu yg dibutuhkan sekitar 45 menit. Setiba di pelabuhan Trawangan, Kamu akan menjumpai biro-biro travel yg menawari paket wisata Gili Trawangan, di antaranya menyelam (diving), snorkeling, naik cidomo, & lain-lain.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon