Yuk Coba 19 Tempat Wisata Kuliner Paling Populer Di Jakarta

Mencari lokasi wisata kuliner di Jakarta semudah membalikkan telapak tangan. Ini bukanlah omong kosong. Jangankan kuliner asli dari Jakarta, kuliner dari berbagai daerah lain di Indonesia gampang sekali didapatkan di ibukota negeri ini.

Dibalik hiruk pikuk kota paling besar di Indonesia yg tidak sempat lepas dari sorotan publik, Jakarta menaruh sejuta magnet. Salah satunya yakni wisata kuliner yg turut mendongkrak pertumbuhan pariwisata ibukota.

Ketersediaan bermacam macam obyek wisata di Jakarta merupakan fakta bahwa Jakarta tetap menjadi salah satu tujuan wisata di tanah air. Sekian Banyak destinasi menarik, seperti Monas, TMII, Ancol Dreamland, Pulau Seribu, sampai Dufan hanya sebagian kecil dari beberapa ratus obyek wisata di ibukota yg selalu ramai visitor.

Secara tak langsung hal ini berpengaruh positif terhadap perkembangan wisata kuliner Jakarta. Dari restoran, cafe, warung lesehan, sampai banyaknya tempat makan berdiri di mana-mana seiring dgn makin banyaknya wisatawan yg berkunjung ke Jakarta.

Wisata Kuliner di Jakarta 

Lokasi makan enak benar-benar tak senantiasa berhubungan dengan suatu destinasi atau landmark tertentu, walaupun dapat saja keduanya berhubungan. Bicara menyangkut area makan enak di Jakarta, berikut ini beberapa lokasi wisata kuliner yg terkenal menurut penduduk Jakarta atau mereka yg sempat berkunjung ke Jakarta.

1. Restoran Jemahdi Seafood 

via openrice
Pencarian lokasi makan enak di Jakarta kali ini kita mulai dari Restoran Jemahdi Seafood. Dari namanya, kelihatan kalau restoran ini menyajikan kategori makanan laut. Faktor menarik dari lokasi ini barangkali tak cuma dari menu yg ditawarkan, tetapi juga dari gagasan restoran yg dirancang nyaman & family friendly.

Seluruh makanan yg tersaji di Restoran Jemahdi Seafood dimasak oleh chef yg berpengalaman mengolah makanan laut. Citarasa makanan di lokasi ini teramat menggoda, tetapi masalah harga lumayan murah alias masih bisa ditolerir. Bagi yg mau makan enak dgn menu seafood, Kamu bisa datang ke Restoran Jemahdi Seafood di kawasan Pluit & Pantai Indah Kapuk Jakarta.

Alamat Restoran Jemahdi Seafood : Jl. Pluit Timur No. 24, Pluit, Jakarta Utara

2. Yoshinoya Japanese Fast Food Restaurant

Makanan enak terkadang memang berbiaya mahal. Ini berlaku seandainya Kamu makan di Yoshinoya Japanese Fast Food Restaurant. Walau restoran ini mengenakan tarif yang relatif mahal, tapi rasanya sebanding dgn mutu menu yg ditawarkan.

Seperti namanya yg berbau Jepang, Yoshinoya Japanese Fast Food Restaurant menawarakan sekian banyak makanan siap saji ala Jepang. Dari sekian banyak makanan paling favorit di restoran ini, diantaranya Yakiniku, Salad Dressing, Beef dan Chicken Bowl, Spicy Chicken, & Chicken Salad. Silahkan buktikan sendiri keunikan rasa hidangan khas Jepang di Yoshinoya Japanese Fast Food Restaurant ini.

Alamat Yoshinoya Japanese Fast Food Restaurant : Plaza Indonesia Extension – Lt 5, Jalan MH. Thamrin Kay 28 – 30, Jakarta Pusat

3. Pecenongan

Pecenongan merupakan kawasan lokasi makan enak di Jakarta sekaligus salah satu surganya penikmat kuliner tengah malam di Jakarta. Nyaris seluruh kawasan ini didominasi oleh banyak cafe & warung tenda yg kebanyakan mulai beroperasi sejak pukul 5 sore sampai lepas tengah tengah malam. Biarpun cuma warung tenda biasa, tetapi harga makanan di kawasan ini terbilang agak mahal, bahkan setara dgn harga makanan di beberapa mall atau restoran mewah.

Bagi masyarakat Jakarta atau wisatawan penikmat kuliner yg sempat ke Pecenongan, beberapa  menu favorit yakni martabak, seafood, & Chinese Food. Pecenongan benar-benar sudah populer sbg lokasi wisata kuliner Jakarta sejak th 1970 silam. Tidaklah aneh kalau kawasan Jalan Pecenongan Jakarta ini senantiasa dipadati oleh visitor, terutama wisatawan asing.

Alamat Pecenongan : Jl. Pecenongan, Gambir, Jakarta Pusat

4. Mie Tarik Laiker

Bagi Kamu penggemar makanan mie olahan, jangan sampai lupa memasukkan Mie Tarik Laiker ke dalam list perburuan area makan paling enak berikutnya. Dari makanan yg disajikannya, kelihatan bahwa rumah makan ini mengusung perpaduan menu Indonesia & Malaysia.

Bagi Kamu yg senang menu-menu seperti bakmi, kwetiaw, & hidangan dari bahan mie yang lain, Kamu bisa mengunjung Mie Tarik Laiker. Harga yg dikenakan per porsi berkisar 50 ribu rupiah.

Alamat Mie Tarik Laiker : Grand Indonesia Lt 3 Food Louver – Jalan MH Thamrin No. 1, Jakarta Pusat

5. Kwetiaw Akang

via openrice.com
Kwetiaw yg satu ini bukanlah kwetiaw seperti yg ada di Mie Tarik Laiker, tetapi product kuliner original Kwetiaw Akang Jakarta. Seperti namanya, lokasi ini mengandalkan menu berbasis Kwetiaw. Walau demikian, ada juga menu yang lain seperti nasi siram, ialah nasi yg populer dgn aroma wangi & rasanya yg lezat.

Kalau Kamu datang ketika malam minggu, dipastikan Kwetiaw Akang dapat padat oleh  visitor. Sebaiknya Kamu bisa memilih datang ke salah satu cabang Kwetiaw Akang yg ada di sekian banyak lokasi di Jakarta, seperti Cengkareng, Muara Karang, Mangga Agung, Pondok Indah, & Kelapa Gading. Harga Kwetiaw di Kwetiaw Akang ini per porsi berkisar 30 ribu rupiah.

Alamat Kwetiaw Akang : Jl. Muara Karang Raya (Blok Z6) No. 21, Penjaringan, Jakarta Utara

6. Restoran Holycow Jakarta

Lokasi wisata kuliner di Jakarta selanjutnya yaitu Restoran Holycow. Restoran ini terbukti jadi lokasi makan favorite lantaran berhasil dgn sekian banyak cabangnya di kota-kota besar lain di Indonesia, seperti Yogyakarta, Surabaya, & Denpasar. Di Jakarta sendiri, setidaknya terdapat 3 cabang Restoran Holycow, yakni di Jl. Kelapa gading, Jl. Panjang, & Jl. Senopati.

Menu andalan restoran ini merupakan steak dgn aneka varian saus dgn tingkat kematangan yang bervariasi. Uniknya, Restoran Holycow menyediakan free steak bagi visitor yg berulang tahun. Persyaratannya  sangat mudah, cukup menunjukkan KTP & harus mau mengenakan mahkota yg telah disiapkan pihak Holycow.

Alamat Restoran Holycow Jakarta : Jalan Bakti No. 15, Senopati, Jakarta Selatan

7. Bandar Djakarta

Sejak berdiri thn 2001 silam, Restoran Bandar Djakarta termasuk salah satu destinasi favorit dalam dunia wisata kuliner Jakarta. Waktu pertama kali dibuka, lokasi makan ini cuma dapat menampung 200 orang saja. Tapi, sekarang telah mencapai 1.600 seat. Restoran yg terletak di kawasan Ancol Jakarta ini menyajikan menu andalan seafood & menyuguhkan latar belakang pemandangan indah.

Ruang duduk di Restoran Bandar Djakarta terdiri dari sekian banyak pilihan, ada lesehan, lokasi outdoor di pinggir pantai, dan juga  pilihan duduk dalam restoran. Lantaran lokasinya yg amat sangat dekat dgn laut, sehingga seafood yg disajikan di lokasi makan ini terjamin kesegarannya.

Alamat Bandar Djakarta : Taman Idaman Jaya Ancol, Jl. Lodan Timur, Ancol, Jakarta Utara

8. Kemang Food Festival

Kemang Food Festival tak cuma dikenal masyarakat Jakarta saja. Tak sedikit visitor dari luar daerah mengenal lokasi wisata kuliner di Jakarta yg satu ini. Kemang Food Festival mempunyai gerai-gerai makanan berbentuk food court & biasanya disukai kalangan pelajar & mahasiswa lantaran harganya yang terjangkau.

Banyak pilihan makanan di Kemang Food Festival, mulai dari makanan tradisional sampai makanan Eropa. Suasananya yg nyaman terbilang amat tepat utk nongkrong dgn sahabat & keluarga. Gerai makan di lokasi ini rata-rata buka sejak pukul 5 sore sampai lepas tengah malam. Kehadiran visitor umumnya mencapai puncaknya sekitar pukul 7 tengah malam ke atas. Buat menambah semarak suasana di Kemang Food Festival, pihak pengelola pula mengadakan pertunjukan live music tiap akhir minggu.

Alamat Kemang Food Festival : Jl. Kemang Raya No. 19, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan

9. Social House

Restoran ini masihlah jadi pilihan pavorit sebagai lokasi makan enak di Jakarta, yaitu Social House. Lokasi makan ini tidak hanya menyajikan aneka hidangan lezat, tapi juga menghadirkan view pemandangan kota Jakarta yg indah di tengah malam hri. Walau harganya sedikit mahal, tetapi lokasi ini tak pernah sepi dari visitor. Bahkan di akhir minggu, kalangan artis tanah air tidak sedikit yg nongkrong di restoran ini.

Adapun menu andalan di Social House, diantaranya iga bakar sambal ijo & capricciosa pizza, sedangkan minuman yg paling terkenal ialah Homemade grandma’s iced lemon tea. Bagi Kamu yg ingin coba menu-menu tersebut, Kamu sebaiknya berkunjung ke Social House di mall Grand Indonesia.

Alamat Social House : Grand Indonesia Mall Lt. 1, East Mall, Jl. MH Thamrin, Jakarta Pusat

10. Mr. Park

Area makan pavorit di Jakarta tak cuma didominasi menu kuliner lokal atau makanan Eropa saja. Mr. Park yg beralamat di mall Grand Indonesia ini justru berhasil menunjukkan eksistensinya sebagai restoran berbasis makanan Korea yg digemari oleh banyak kalangan.

Mr. Park berhasil menarik ketertarikan visitor melalui aneka ragam menu khas Korea seperti beef Bulgogi komplit. Dan tentu saja, harga yg dikenakan lebih terjangkau.

Alamat Mr. Park : Grand Indonesia Mall Lt. 3, Sky Bridge, Jl. MH Thamrin, Jakarta Pusat

11. Martabak Boss


Seandainya mau mencicipi martabak yang mempunyai sensasi rasa berbeda, sebaiknya Kamu cepat meluncur ke martabak Boss di kawasan Menteng. Lokasi ini di desain lumayan unik menyerupai suatu container kapal bercat kuning komplit dgn gambar karikatur. Tidak cuma martabak manis & martabak telor, Martabak Boss juga menyajikan martabak version baru yaitu martabak skippy, martabak nanas, martabak nutella, martabak durian, martabak toblerone, martabak ovomaltine, & martabak pandan.

Walau harga martabak di area ini lumayan mahal, tetapi sebanding bersama rasa yg ditawarkan. Terbukti, lokasi ini tidak pernah sepi dari visitor. Bahkan seandainya mau makan di lokasi ini, sebaiknya Kamu datang sebelum pukul 6 sore. Rata Rata pada pukul 6 sore keatas, tidak jarang visitor mesti mengantri & barangkali harus menunggu sampai 1 jam lebih. Janganlah khawatir, Martabak Boss mempunyai 8 cabang di Jakarta, yaitu 2 di Menteng, Tebet, Panglima Polim, Gunawarman, Tomang, Gandaria, Jatinegara, & Bintaro.

Alamat Martabak Boss : JL. Haji Agus Salim No. 60, Jakarta Pusat

12. Tony Roma’s

Bagi peminat makanan iga bakar, Kamu boleh mampir ke lokasi makan Tony Roma’s. Dari banyak cerita yang beredar, area makan ini disebut-sebut sbg lokasi dgn hidangan iga bakar paling lezat di Jakarta. Walaupun harganya relatif mahal, tapi itu bukanlah masalah bagi para visitor yg senantiasa memadati ruangan ini.

Hidangan iga bakar di Tony Roma’s diracik dgn bumbu rahasia maka tak ada lokasi lain yg sanggup menyamai citarasanya. Selain itu, Kamu bakal mendapat iga bakar dalam porsi jumbo. Ini rasanya sepadan dengan harga yg mesti dibayar. Tidak cuma iga bakar, Tony Roma’s serta menghadirkan menu andalan yang lain seperti steak. Kalau mau datang ke Tony Roma’s, ada 2 lokasi yg bisa Kamu datangi. Tony Roma’s hadir di Jalan Thamrin & di Gandaria City Puri Indah. Ke-2 area ini buka pada pukul yg sama, yakni mulai pukul 11 siang sampai 11 malam.

Alamat Tony Roma’s : Jl. MH Thamrin Kav 8-10, Tanah Abang, Jakarta Pusat

13. Roti Bakar Eddy

Roti Bakar ini populer sebagai salah satu lokasi nongkrong kawula muda di Jakarta Selatan. Menu roti bakar yg lezat merupakan suguhan utama di sini. Roti bakar Eddy memproduksi rotinya sendiri tanpa memakai pengawet. Bahan-bahan yg dipakai tak beda jauh dengan roti yang lain; seperti tepung roti protein, tepung terigu, gula pasir, garam, susu bubuk, telur ayam, air, mentega & susu evaporated tanpa pengawet.

Menu andalan visitor ialah roti bakar keju & roti bakar 2TG (telor, cornet daging sapi). Biarpun menu andalannya merupakan roti bakar, Kamu dapat juga menemukan menu makanan yang lain yg menarik. Sekarang, Roti Bakar Eddy mempunyai banyak cabang di Jakarta. Namun konsep bangunan yg paling sederhana bisa Kamu jumpai di Roti Bakar Eddy Blok M, hanya memakai tenda saja.

Alamat Roti Bakar Eddy : Jalan Raden Patah No. 11, Kebayoran Baru, Jakarta

14. Soto Betawi H. Ma’ruf

Bagi Kamu yg gemar soto betawi, ada satu buah lokasi kuliner soto Betawi di Jakarta yg melegenda, adalah Soto Betawi H. Ma’ruf. Bisnis soto ini telah dirintis oleh pria asal Betawi sejak th 1940-an yg kala itu menjajakan soto memakai pikulan ke luar masuk kampung di Jakarta.

Di lokasi ini, semangkuk kuah santan berbumbu ditambah daging sapi serta emping & irisan tomat menghadirkan pengalaman makan soto betawi yg sungguh nikmat. Semangkuk soto betawi ditawarkan dgn harga berkisar 26 ribu rupih. Kuliner khas Betawi yg satu ini memang lah mempunyai pecintanya sendiri yang berasal dari beraneka kalangan. Kamu bisa menjumpai Soto Betawi H. Ma’ruf di areal Taman Ismail Marzuki yg buka mulai pukul 9 pagi sampai 10 malam.

Alamat Soto Betawi H. Ma’ruf : Taman Ismail Marzuki, Jl. Cikini Raya 73, Jakarta Pusat

15. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Inilah salah satu destinasi wisata kuliner di Jakarta yg terkenal di kalangan pelancong. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih merupakan salah satu legenda kuliner Jakarta. Berdiri sejak th 1958, Nasi Goreng Kebon Sirih sudah mempunyai banyak penggemarnya. Hidangan yang berasa gurih berasal dari olahan rempah-rempah dgn penambahan minyak samin.

Resep nasi goreng di lokasi makan telah bertahan secara turun menurun. Bumbu-bumbu yg dipakai terdiri dari rempah-rempah seperti kapulaga, kunyit, sereh, lada, & sekian banyak kategori bumbu lain. Buat menikmati seporsi nasi goreng kambing lezat ini, Kamu cuma butuh mengeluarkan budget sekitar 30 ribu rupiah. Tempat ini mulai buka pada pukul 5 sore sampai dinihari.

Alamat Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih : Jl. Kebon Sirih Barat, Menteng, Jakarta Pusat

16. Mie Ayam Gondangdia

Mie Ayam Gondangdia didirikan oleh Toe Wah Seng sekitar th 1968 ini merupakan salah satu kuliner legendaris di Jakarta. Hidangan mie ayam di lokasi ini sungguh mempunyai cita rasa gurih & bertekstur kenyal. Kamu tinggal memmilih mie kesukaanmu, seperti dgn daging ayam, daun sawi, bakso, pangsit rebus & kuah kaldu.

Para pembeli Mie Ayam Gondangdia kebanyakan merupakan pelanggan yg setia. Lazimnya penikmat mie ayam di lokasi ini datang dengan dgn keluarga atau kerabat. Sekarang ini, Mie Ayam Gondangdia mempunyai tujuh cabang yg menyebar di Jabodetabek. Seporsi mie di tempat ini berkisar dari harga 15 ribu sampai 65 ribu. Janganlah khawatir, lokasi kuliner Jakarta yg satu ini buka mulai dari pukul 9 pagi sampai 10 malam.

Alamat Mie Ayam Gondangdia : Jl. R.P. Soeroso No. 36, Jakarta Pusat

17. Warung Tinggi Coffee

Jika Kamu penasaran mengenai kedai kopi tertua di Jakarta, mungkin Warung Tinggi barangkali yg paling tua. Awal operasi kedai ini sejak th 1878 & usahanya dikelola dengan cara turun-temurun. Sejak awal berdiri, warung kopi ini menyediakan hidangan kopi luwak, dulu ditambah suguhan kopi torabica, arabica, sampai robusta. Kedai kopi ini membuka kedai kopi dalam area yang besar. Karena mengingat rata-rata pembelinya membeli kopi-kopi racikan warung ini dan dalam jumlah yang besar. Tak heran apabila racikan kopi di kedai ini juga diekspor ke luar negari. Biarpun begitu, Kamu dapat menemukan sekian banyak outlet kopi ini di Grand Indonesia West Mall Lantai 5 dan juga di Jl. Batujajar 35 B, Hayam Wuruk, Jakarta Pusat.

Sekarang ini kedai kopi ini juga menyediakan racikan kopi inovatif dari Warung Tinggi Coffee, adalah Kopi Jantan & Kopi Betina. Kopi Jantan lebih disukai oleh para lelaki dikarenakan rasanya yg keras & berefek kepada peningkatan vitalitas. Sementara Kopi Betina banyak disukai kawula muda. Kedai kopi Warung Tinggi Coffee buka mulai pukul 9 pagi sampai 3 sore tiap harinya.

Alamat Warung Tinggi Coffee : Jl. Sekolah Tangki No. 26, Jakarta Pusat

18. Jalan Sabang

Kawasan Jalan Sabang merupakan satu jalan yg populer di kalangan wisatawan. Merupakan lokasi wisata kuliner di Jakarta yg populer, tersedia bermacam macam jajanan kaki lima yg senantiasa ramai dikunjungi orang. diluar itu, ada juga pilihan hidangan makanan yg lebih variatif mulai malam hari.

Kamu bisa menemukan menu nasi goreng, bubur, mie ayam, sate padang, sampai martabak dijalan Sabang. Tak cuma makanan, ada juga lokasi ngopi yg mengasyikkan di sana. Kalangan wisatawan mancanegara pun kerap datang mengunjungi kawasan ini buat menyantap makanan atau sekedar nongkrong melepas tengah malam.

Alamat Jalan Sabang : Jalan Sabang, Jakarta Pusat

19. Southbox

Sebagai salah satu destinasi wisata kuliner di Jakarta, Southbox terbilang berhasil mendapatkan perhatian tidak sedikit kalangan muda di Jakarta. Ide design di area ini sungguh unik, terdapat beraneka kotak ala truk kontainer yg dicat warna-warni menghiasi tiap-tiap sudutnya. Kamu bisa menemukan beraneka ragam jajanan makan & minum di area ini, tidak cuma beraneka ragam pernak pernik seperti sepatu & bunga.

Southbox mempunyai 2 lantai. Toko-toko yg ada di sana ditempatkan seperti mengelilingi ruang semi outdoor dgn beberapa meja & kursi makan yg tertata rapi ditengah ruangan. Menu yg ditawarkan sungguh bermacam macam, mulai dari mie ayam, sop duren, hingga sajian kopi yg digemari kawula muda. Tidak jarang, pihak pengelola menyelenggarakan live music di lokasi kuliner Jakarta yg satu ini.

Alamat Southbox : Jl. Prapanca Raya No. 18, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

0 komentar