Keindahan Pantai Popoh Tulungagung

Pantai Popoh Tulungagung
Salah satu wisata pantai di Jawa Timur yg popular yaitu Pantai Popoh Tulungagung. Pantai yg terletak 30 kilo meter dari pusat kota Kab Tulungagung ini mempunyai daya pikat keindahan laut yg tidak kalah menarik dari pantai-pantai lain di Pulau Jawa. 

Jikalau Kamu mau dating ke Pantai Popoh ini, setidaknya Kamu harus menyediakan 2 – 3 hri biar bisa menikmati daya pikat keindahan & kenikmatan wisata di sana. Sebahagian kalangan wisatawan mengaku kurang puas kalau cuma menghabiskan satu hari saja untuk datang ke kawasan wisata Pantai Popoh Tulungagung. 

Pantai Popoh Tulungagung demikian terkenal sebab menyuguhkan pemandangan laut lepas yg demikian indah. Eksotisme horizon di depan mata dgn gulungan ombak yg cukup gede bisa Kamu nikmati dari atas bukit. 
kapal nelayan di pantai Popoh
Utk mencapai puncak bukit ini, Kamu mesti mempunyai stamina yg pass agar bisa mendaki anak tangga yg lumayan panjang ke atas. Tapi setelah diatas bukit, rasa lelah Kamu dapat terbayarkan ketika menikmati indahnya sunset di Pantai Popoh Tulungagung. 

Untuk masuk ke kawasan wisata yang menarik ini, Kamu mesti membayar karcis ke Pantai Popoh Tulungagung ini sebesar 3 ribu Rupiah per orang, belum termasuk juga budget untuk parkir kendaraan.Tidak jauh dari Pantai Popoh, ada suatu pantai yg tidak kalah menawannya, adalah Pantai Sidem. Kamu tak usah membayar ticket masuk ke Pantai Sidem ini sebab mempunyai garis pantai yg sama dgn Pantai Popoh. 

Apabila Pantai Popoh menyuguhkan Kamu pengalaman wisata pantai bersama aneka aktivitas yang menarik, sedangkan di Pantai Sidem Kamu bisa menjumpai satu buah perkampungan yg ditempati oleh penangkap ikan lokal. Dgn garis pantai yg mencapai panjang 500 meter, lanskap Pantai Sidem kelihatan demikian indah & alami bersama rimbun pepohonan yg tumbuh di sekitarnya. Jikalau bukan waktu libur, pantai ini relatif sepi dari kunjungan wisatawan. 

nelayan beraktivitas di pantai Popoh
Kamu akan melihat sekian banyak penduduk lokal yg sedang mencari anak-anak rajungan buat makanan bebek. Dan juga, Pantai Sidem pun juga cocok untuk kegiatan surfing atau snorkeling. 

Akses jalan menuju Pantai Popoh telah memadai dgn jalanan yg halus beraspal, namun berkelok-kelok layaknya ciri khas jalanan menuju kawasan pantai. 

Salah satu budaya yg tetap mengakar sampai sekarang di kawasan wisata Pantai Popoh Tulungagung ini yaitu ritual Labuh Semboyo. Prosesi ini berupa larung sesaji ke laut lepas yg diselenggarakan tiap-tiap th di bln Syuro. Kamu bisa menyaksikan aktivitas budaya ini selagi datang ke Pantai Popoh dengan menyesuaikan jadwal perjalanan Kamu. 

Kuliner di Pantai Popoh Tulungagung 

Di kalangan pelancong, rasanya ada yg kurang seandainya berwisata di Pantai Popoh Tulungagung tidak dengan mampir ke Warung Mak Yah. Ini bukan tanpa argumen, lantaran memang ada yg istimewa. 
warung mak nyah pantai Popoh
Warung Mak Yah sudah populer dgn hidangan kulinernya yg menggugah selera. Di warung yg tidak sempat sepi dari visitor ini, Kamu bakal menikmati hidangan seafood yg lezat. Sekian Banyak menu kuliner yg favorite di kalangan wisatawan yaitu masakan udang & kepiting asam manis bercitarasa tinggi. 

Seluruh hidangan makanan di Warung Mak Yah diproses dengan cara tradisonal memakai tungku arang dgn bumbu-bumbu masakannya yg khas. Diluar itu, satu perihal lain yg menjadikan Warung Mak Yah ini ternama yaitu Sambal Bledhek yg terbilang pedas. Tidak heran seandainya disebut Sambal Bledhek (petir) sebab pedasnya memang menggelegar laksana petir. 

Tidak jauh dari area Warung Mak Yah, terdapat juga banyak kios souvenir. Di kios-kios ini Kamu sanggup membeli beraneka ragam kategori cinderamata ataupun accessories khas Tulungagung. 
Aneka macam kaos & pernak-pernik bertopik Pantai Popoh Tulungagung ditawarkan dgn harga yg ramah di kantong. Kamu bisa menemukan aneka kerajinan tangan olahan penduduk lokal dan juga hiasan dari benda-benda laut. 

Pusat Kerajinan Marmer 

Dalam perjalanan dari pusat kota menuju Pantai Popoh Tulungagung, Kamu tentu bakal melintasi suatu kecamatan yg bernama Campurdarat. Kecamatan ini adalah sentra pengrajin marmer paling besar di Jawa Timur. 
perajin marmer sedang memahat marmer
Sungguh sayang jikalau Kamu tak singgah sejenak buat melihat-lihat bagaimanakah kepiawaian pengrajin marmer di sana dalam membuat aneka barang dari bahan marmer. Mampirlah ke desa yg bernama Desa Gamping, Kamu bisa membeli souvenir dengan aneka wujud yg menarik & semuanya terbuat dari marmer. 

Hotel di Pantai Popoh Tulungagung 

Seandainya Kamu mau menginap di kawasan Pantai Popoh Tulungagung, ada tersedia beberapa hotel atau penginapan yg bisa Kamu booking. Sekian Banyak di antaranya yaitu Hotel Popoh Indah & Hotel Sutera Bina Samudra. 

Kamu bisa mencari hotel atau penginapan dekat Pantai Popoh Tulungagung dengan cara online guna mengecek ketersediaan kamar. Salah satu online booking yg terkenal yaitu AGODA. 

Cara Menuju ke Pantai Popoh Tulungagung 

Seandainya Kamu berangkat dari Surabaya menuju Pantai Popoh Tulungagung, Kamu bias memilih dua jurusan perjalanan, adalah melalui Mojokerto atau Malang Kota. 

Jurusan Mojokerto : Surabaya >> Mojokerto >> Jombang >> Kertosono >> Kediri. Dari Kediri bias langsung ambil arah ke Tulungagung memanfaatkan kendaraan umum atau pribadi. 

Jurusan Malang Kota : Surabaya >> Sidoarjo >> Malang >> Kepanjen >> Wlingi >> Blitar. Dari Blitar bias langsung menuju ke Tulungagung tepatnya ke arah Besuki.

0 komentar