Wisata Ubud Bali Yang Penuh Kedamaian

Ubud, Bali
Cari Hotel di Bali klik disini
Wisata Ubud Bali merupakan salah satu obyek wisata yg berlainan dari banyaknya lokasi wisata di Bali yg sempat Kamu ketahui. Dari sekian objek pantainya yg romantis & menarik, Bali menyuguhkan juga kepada Kamu suatu lokasi dimana kedamaian & ketenangan jiwa bakal Kamu nikmati. Terletak di Kab Gianyar, kawasan wisata Ubud Bali populer karena histori, seni, & budayanya yg demikian mempesona. 

Ubud di Bali memang sudah sejak lama dikenal di kalangan wisatawan, baik lokal ataupun mancanegara. Menurut wilayah administratif, Ubud merupakan kecamatan di Bali yg terhimpun dari 13 banjar yg membawahi 6 desa adat. Topografi wilayah Ubud rata rata dikelilingi persawahan dan hutan-hutan yg diapit oleh jurang & sungai. Elemen inilah yg menambah keindahan alam Ubud di Bali, inspirasi bagi siapapun yg datang mengunjunginya, juga dibalut keramahan penduduk lokal yg luar biasa. 

Destinasi wisata Ubud Bali ini merupakan salah satu lokasi favorit bagi para seniman. Kamu dapat menjumpai tidak sedikit seniman dari Eropa di Ubud, tak terkecuali kalangan domestik juga Dari kesenian lukis, ukir, sampai tari, hal-hal ini merupakan denyut nadi Ubud & jadi identitas area tersebut yg sesungguhnya. Di area inilah Kamu bakal menyelami bermacam macam sudut unik & menarik yg dipunyai rutinitas & budaya penduduk Bali. Di Ubud, pertunjukan tari Kecak, Legong, & Barong diadakan tiap pekan. Tidak Cuma itu, ada serta drama tari klasik Ramayana & Mahabrata, pertunjukan gamelan, pula wayang kulit khas Bali. 

Film Hollywood yg dibintangi aktris legendaris Julia Roberts & Christin Hakim, berjudul “Eat, Pray, Love” menjadikan Ubud Bali juga sebagai salah satu area shooting film. Inilah wujud pernyatan dunia kepada eksistensi Ubud sbg salah satu area wisata Bali paling menarik yg layak Kamu datangi. Bila Kamu berjalan-jalan mengelilingi Ubud, terdapat tidak sedikit galeri seni & sentra kerajinan lokal. Jikalau Kamu mau mencari ilmu melukis, Ubud merupakan salah satu lokasi di Bali yg paling direkomendasikan. Rasa damai, persahabatan, & keindahan alam menjadi beberapa aspek yg bisa Kamu dapatkan di Ubud. 

Spot Menarik Wisata Ubud Bali 

Ada tidak sedikit area & aktivitas menarik yg bakal Kamu lakukan kala mengunjungi kawasan wisata Ubud Bali ini. Bagi para peminat seni, singgah dari satu galeri ke galeri lain buat menikmati bermacam macam karya seniman-seniman lokal merupakan sesuatu yg senantiasa dilakukan. Atau, menghadiri pentas-pentas seni utk menikmati tarian tradisional Bali. Kiat paling baik buat menikmati kedamaian di Ubud Bali yaitu dengan  menginap sekian hari di sana. 

Berikut ini beberapa objek wisata Ubud yg menarik buat dikunjungi. 

Pasar Seni Ubud

1. Pasar Seni Ubud (Ubud Art Market) 

Ini sesungguhnya yaitu pasar tradisional biasa yg lazim Kamu temui di berbagai daerah di Indonesia. Namun, dikala waktu sudah beranjak melintasi tengah hri, Kamu dapat menemukan tidak sedikit kerajinan kesenian di pasar ini. Pasar Seni Ubud terdiri dari dua lantai, terletak di pusat Ubud, persis berada di depan Puri Akbar Ubud atau bangunan bekas kantor pemerintahan di zaman Kerajaan Ubud dahulu kala. 

Di pasar ini, terdapat beraneka kios barang khas kesenian Bali, mulai dari pakaian, kain, kerajinan tangan seperti tas, topi, accessories, pajangan dinding, lukisan, souvenir, & lain-lain. Inilah salah satu area untuk membeli oleh-oleh khas Bali yg recommended. Satu elemen yg menarik, di pasar ini juga Kamu bisa membeli beraneka souvenir khas Bali & kerajinan lokal dengan harga yg lebih murah ketimbang tempat-tempat yang lain di Pulau Dewata. Pasti saja, Kamu mesti punyai kapabilitas buat tawar menawar harga. 

pintu masuk museum Puri Lukisan

2. Museum Puri Lukisan 

Kawasan wisata Ubud Bali ternama sebagai salah satu sentra karya lukis di Indonesia. Itulah sebabnya, mengahdiri Museum Puri Lukisan di Ubud ialah satu aktivitas yg menarik buat dilakukan. Di museum ini, Kamu bisa melihat beraneka ragam karya seniman lokal yg mengundang decak kagum. 

Museum yg berdiri sejak pertengahan th 1950-an ini mempunyai beberapa koleksi lukisan paling baik dari bermacam sekolah seni di Bali. Di museum inilah Kamu bisa mengetahui falsafah seni di Bali pada awalnya bertransformasi dari yg bercorak tradisional sampai masa kini yg dipelopori oleh para seniman lukis Ubud. 

Puri Agung Ubud

3. Puri Agung Ubud 

Terletak pas di tengah Ubud, inilah lokasi yg jadi pusat pemerintahan Kerajaan Ubud pada zaman dahulu. Puri ini adalah pusat gerakan seni budaya & adat yg senantiasa diselenggarakan didepan puri tersebut. Tata ruangan & bangunan puri ini masihlah seperti aslinya. 

Kamu bisa menikmati suguhan pertunjukan tari di halaman depan Puri Agung Ubud, persisnya di satu buah lokasi yg dinamakan Ancak Saji. Pertunjukan tari ini diadakan seminggu sekali. diluar itu, Kamu bisa menonton beraneka grup seni musik di Ubud yg berlatih tiap hri di kawasan puri ini. 

Monkey Forest

4. Taman Wanara Wana 

Berasal dari bahasa Sanskerta, Wanara berarti kera & Wana berarti hutan. Wisatawan mancanegara mengenalnya dgn sebutan “Monkey Forest”. Inilah hutan mungil yg jadi habitat beberapa ratus spesies kera di Ubud sejak beberapa ratus th dulu. Secara umum, kera di area ini jinak & Kamu bisa memberinya makanan jikalau menyukai. 

Kearifan lokal menyebutkan hutan ini sbg suatu hutan yg sakral. Di kawasan hutan ini serta terdapat tiga pura kuno yg bias Kamu lihat, yaitu Pura Dalem Padangtegal, Pura Pemanduan Suci, & Nista Mandala. Serta, hutan ini merupakan  sebuah Makam Desa, lokasi dimana Kamu mampu menonton secara langsung upacara Ngaben yg jadi ciri khas Pulau Bali. Prosesi kumplit upacara di pura (odalan) ataupun upacara pembakaran mayat (Ngaben) bisa Kamu temui di area wisata Ubud Bali yg satu ini. 

Aneka jenis kopi di Ubud

5. Wisata Kopi Bali di Ubud 

Area ini lumayan terkenal di kalangan wisatawan. Dikemas dalam rencana agrowisata, Kamu tak cuma akan bersantai sembari menikmati kopi di saung-saung yg ada, dan juga bisa menonton proses pengolahan kopi dari awal. 

Kamu bakal diajak berkeliling kebun kopi yg ada di sana utk menonton beraneka ragam tipe tanaman kopi. diluar itu, Kamu akan menyaksikan hewan luwak yg menghasilkan kopi luwak di kawasan agrowisata ini. Utk mencicipi secangkir kopi luwak original, Kamu cuma butuh mengeluarkan budget yg tak lebih dari 80 ribu Rupiah saja. Kalau Kamu menyukai, Kamu bisa membeli varian kopi yg dipasarkan di sana utk diboyong pulang sebagai oleh-oleh. 

Hotel di Kawasan Wisata Ubud Bali 

Walaupun cuma satu buah kecamatan yg terhimpun dari banyak desa, Ubud di Bali merupakan satu buah kawasan yg berkelas internasional, banyak sarana akomodasi layaknya yg ada pada hotel di Kuta Bali. Banyak hotel & resort di Ubud Bali, baik dari kelas bintang sampai aneka penginapan murah yang menarik, seperti hotel melati & homestay. Trik paling baik menikmati wisata Ubud yakni menetap sekian hri di sana. Tinggal di homestay rasanya dapat jadi jalan paling baik bagi Kamu yg mau melebur dalam kehidupan warga Bali yg sesungguhnya. 

Utk mendapati hotel, bisa jadi Kamu mesti melaksanakan booking pada awal mulanya utk mendapat kamar kosong, terutama di ketika periode libur. Kamu bisa menghubungi pihak hotel di sana atau melalui situs booking AGODA disini. 

Rute Menuju Ubud di Bali 

Tak susah buat menuju kawasan wisata Ubud Bali ini. Dan juga, mengeksplorasi keindahan & keramahan Ubud mampu dilakukan dengan cara yang gampang. Sekian Banyak objek wisata di Ubud terkonsentrasi di satu area yg saling berdekatan. 

Seandainya Kamu dari Jakarta atau Bandung, untuk sampai di Ubud cuma butuh menempuh perjalanan sejauh 40 kilometer dari Bandara Internasional Ngurah Rai Bali. Ini membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit sampai 1 jam jikalau berkendara memanfaatkan mobil dari bandara dan melintasi Jln. Bypass Ngurah Rai, yg setelah itu melintasi Jln. Raya Batu Bulan, Jln. Raya Singapadu, & Jln. Raya Lodtunduh. Selain moda transportasi udara, Kamu bisa menempuh perjalanan ke Ubud Bali ini dari Surabaya & menaiki kapal penyeberangan di Banyuwangi.

3 komentar