Tuesday, February 16, 2016

Kota Wisata Batu, Malang : Dari Wisata Alam Sampai Sejarah

kota wisata Batu, Malang
Destinasi Kota Wisata Batu Malang ternama sbg salah satu tujuan wisata Jawa Timur yg disukai tidak sedikit kalangan wisatawan. Ada tidak sedikit aktivitas & objek wisata menarik di Batu Malang. Kamu bisa menjumpai suguhan wisata alam yg menarik di sana sampai aneka wisata histori, agrowisata, wisata kuliner, & lain-lain. 

Tahukah Kamu, Batu & Malang yaitu laksana dua sisi mata duit dalam lanskap pariwisata jatim. Wisatawan yg datang ke Batu atau Malang senantiasa dapat singgah di ke-2 daerah tersebut. Malang mempunyai 2 wilayah administratif pemerintahan, yakni Kotamadya Malang & Kab Malang. Sementara kota Batu merupakan satu buah kotamadya yg berjarak kira kira 15 kilo meter dari kota Malang. kini, Batu disebut secara resmi dengan nama Kota Wisata Batu. 

kota wisata Batu di malam hari
Di periode lampau, daerah Batu adalah lokasi peristirahatan bagi keluarga raja. Fakta ini sungguh tidak jauh berlainan dengan objek wisata Kaliurang di kaki Gunung Merapi Jogja. Batu mempunyai hawa yg sungguh sejuk dan memiliki panorama alam yg kece. Hal tersebut lumrah mengingat daerah Batu dikellilingi enam buah gunung. Di Batu, terdapat tidak sedikit sumber mata air alami yg mengalir dari pegunungan. Sekitar awal abad ke-19, daerah Batu sudah bertransformasi jadi salah satu destinasi wisata beberapa orang Belanda. Di masa tersebut, daerah ini populer denagn julukan “De Klein Switzerland” atau Swiss kecil dari Pulau Jawa. 

Nama Batu sendiri menurut kisah lokal berasal dari satu orang ulama pengikut Pangeran Diponegoro yg bernama Abu Ghonaim atau dinamakan sbg Kyai Gubug Angin, yg setelah itu penduduk setempat akrab menyebutnya dengan panggilan Mbah Wastu. Buat menyingkat penyebutan nama ulama ini, warga kerap memanggilnya Mbah Tu, yg setelah itu jadi sebutan Mbatu. 

Daerah wisata Batu Malang ini berada di ketinggian 680 meter hingga 1200 meter dpl, mempunyai suhu berkisar dari 15 sampai 19 derajat celcius. Pula, letaknya yg gampang diakses dari beraneka ragam jalur perjalanan di jatim. Inilah kenapa lokasi ini disukai tidak sedikit kalangan pelancong sebagai salah satu destinasi di akhir minggu di Jawa Timur terpopuler. 

museum angkut di Batu, Malang

Spot Menarik Wisata Batu Malang 

Bila Kamu berencana datang ke kawasan wisata Batu Malang, berikut ini beberapa spot menarik yg bisa Kamu nikmati. 

1. Daya Tarik Alam di Batu 

Dikarenakan daerah yg sejuk & berada di daerah ketinggian, daerah Batu Malang dianugerahi air terjun yg indah, ialah air terjun Coban Rais & Coban Talun. 

air terjun Coban Talun, Batu
Air terjun Coban Rais ini terletak di lereng Gunung Panderman, mempunyai ketinggian sampai 20 meter. Perjalanan ke area air terjun ini menyuguhkan Kamu suasana khas pegunungan yg kental berbalut hawa sejuk condong dingin. Sementara air terjun Coban Talun berada di Dusun Junggo, Desa Tulungrejo, Batu. 

Bila Kamu mau kolam renang, Kamu bisa bertolak ke Selecta. Selecta ini yaitu suatu ruang peristirahatan yg dibangun sejak zaman Belanda. Tidak Hanya kolam renang, di lokasi ini pun ada taman bunga, pasar sayur & buah, taman main, sampai lokasi piknik. 

kebun bunga selecta Batu, Malang
Kalau Kamu mau coba kolam pemandian air panas di Batu Malang, pergilah ke Cangar yg terletak di Taman Hutan Raya R. Soeryo. Objek wisata Batu Malang yg satu ini kerap dipenuhi oleh para pelancong. 

kolam air panas Cangar

2. Agrowisata 

Wisata Batu Malang kaya dengan aneka wisata perkebunan & pertaniannya. Kamu bias mendatangi agrowisata yg ada di sana, seperti Kusuma Agrowisata Batu buat memetik & mencicipi buah apel langsung dari pohonnys, strawberry, & jeruk. 

depot susu sapi Ganesha
Di Batu Malang, Kamu bisa mencicipi hasil olahan peternakan yg ternama, yakni susu sapi Ganesha. Kamu bisa memperolehnya denagn mendatangi  depot susu sapi tersebut yg berlokasi di di depan alun-alun kota Batu. Ini merupakan salah satu kuliner Malang yg layak Kamu cicipi. Diluar itu, Kamu bisa menjumpai aneka jajanan kuliner yang lain di Batu yg menggoda lidah. 

3. Permainan & Edukasi 

Di kota Batu, terdapat tidak sedikit wahana permainan & hiburan bagi para wisatawan. Tidak Hanya wahana, ada juga alat edukasi keluarga yg menarik. Sekian Banyak di antaranya yg populer yakni Jawa Timur Park Malang, Museum Angkut, Eco Green Park, & Batu Wonderland. 

eco green park, Batu

4. Wisata Sejarah 

Kota Batu pun mempunyai banyak peninggalan histori yg terkenal, baik dari zaman kerajaan sampai peninggalan Belanda. Salah satu yg terkenal ialah objek wisata Songgoriti, ternama akan peninggalan candi di zaman Kerajaan Singosari di abad ke-10. 

kawasan wisata Songgoriti
Area wisata ini terletak di lembah Gunung Banyak, menyuguhkan Kamu nuansa alam yg demikian sejuk & asri. Di Songgoriti, Kamu pun bisa menemukan kolam pemandian air panas, pasar wisata, sampai kios-kios yg menjajakan aneka souvenir khas Batu Malang. 

Kota wisata Batu pula masihlah mempunyai beberapa area menarik, di antaranya alun-alun kota Batu, Batu Night Spectaculer, & bermacam macam lokasi kuliner khas Batu. Bila Kamu tertarik mengeksplorasi desa wisata di Batu Malang, Kamu akan mengahdiri desa wisata Kunkuk, desa wisata Sumber Brantas, & desa wisata Panderman. 

Jikalau Kamu gemar adventure atau hiking, melakukan pendakian ke gunung Kawi, gunung Arjuno Cangar, & gunung Anjasmoro di Batu adalah pilihan paling baik. Jikalau Kamu senang bersepeda gunung, maka trek Batu yg menanjak bisa Kamu jajal. Sementara buat aktivitas arum jeram, Kamu bisa menjajal rafting di Kaliwatu. Tidak kurang juga, aktivitas paralayang bisa Kamu nikmati di kawasan wisata Batu Malang ini, tersedia dari paket dasar sampai paket premium. 

Hotel di Batu Malang 

Kawasan wisata Batu Malang mempunyai tidak sedikit hotel, villa atau homestay. Sekian Banyak hotel yg sering dikunjungi wisatawan di antaranya yaitu The Singhasari Resort, Royal Orchids Garden Hotel, & Kampung Lumbung Boutique Hotel. 

Kamu bisa menghubungi pihak hotel di sana atau mencari hotel dekat Batu Malang dengan cara online. Salah satu booking online yg terkenal di kalangan penikmat perjalanan yakni AGODA. 

Jalur Perjalanan Wisata Batu Malang 

Kota Batu terletak lebih kurang 15 kilometer dari kota Malang. Kamu bisa menempuh perjalanan ke sana menggunakan kendaraan pribadi sampai angkutan umum. Rute termudah utk bias sampai di kota Batu yaitu memulai perjalanan dari kota Malang. 

Jikalau Kamu dari Surabaya, maka perjalanan ke Batu Malang bakal menempuh jarak sejauh 101 kilo meter & menghabiskan kurang lebih 2 jam perjalanan. Kalau Kamu dari Kediri, rute perjalanan akan ditempuh lewat kota Pare untuk menuju Batu.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon