Monday, May 16, 2016

Rekomendasi 12 Wisata Kuliner di Manado Paling Populer

wisata kuliner manado
Wisata kuliner Manado merupakan salah satu magnet yg dipunyai kepariwisataan di Propinsi Sulawesi Utara. Sekian Banyak makanan kuliner di sana yaitu makanan khas daerah, yang merupakan hasil proses kebudayaan setempat. Ciri khas yg bisa ditemui dalam makanan kuliner Manado yaitu pemakaian bumbu & rempah-rempah. 

Racikan bumbu yg melimpah & bercita rasa tinggi berpadu bersama sentuhan rasa pedas di nyaris tiap masakannya. Tidak ayal, wisata kuliner Manado merupakan destinasi kuliner idola di nusantara, bersanding dengan popularitas Taman Laut Bunaken yg sudah mendunia. 

Rekomendasi Kuliner Manado 

Berikut ini yakni sekian banyak tipe makanan kuliner di Manado yg layak Kamu jajal. Jikalau Kamu sedang berada di kota tersebut, kunjungilah tempat makan Manado yg menyajikan menu makanan di bawah ini. Dipastikan, ini dapat jadi pengalaman menarik selagi berada di Manado! 

1. Nasi Kuning Saroja 

Warung Nasi Kuning Saroja di Jl. Diponegoro
Makanan kuliner ini berwarna kuning & gurih. Dapat amat nikmat jika dipadankan dgn abon ikan cakalang, keripik ubi yg dibuat serupa kentang, semur daging, & sambal goreng. Harganya berkisar 10 ribu rupiah & seandainya hendak tambah lauk cukup membayar 5 ribu rupiah saja buat tiap lauknya. 

2. Bubur Tinutuan (Bubur Manado) 

Wakeke (dapat disebut sebagai sentra Bubur Manado, tak jauh dari Hotel Queen)
Bubur Tinutuan terbuat dari labu kuning, ubi kuning, singkong, daun melinjo, kangkung, jagung, bayam, kemangi, gedi (sayuran khas Manado), & yang lain. Makanan kuliner ini amat bergizi. Adapun bumbu-bumbu yg dicampurkan di dalamnya ialah bawang putih, batang serai yg dimemarkan, daun salam, jahe, garam, & yang lain. 

Harga seporsi 10 ribu rupiah. Area di mana Bubur Tinutuan ini berada merupakan salah satu pusat wisata kuliner Manado yg ternama.

3. Pisang goreng sambal 

Di Manado, pisang ini tak dikonsumsi langsung, tetapi dicocol sambal. 
Pisang goreng sambal ini biasa disantap bersama es kelapa muda & gula merah. 

4. Sambal Dabu-dabu 

Sambal dabu-dabu ini asli dari Manado. Makanan kuliner ini tak diulek melainkan diiris. Seluruh bumbu diiris tidak tebal lalu disiram dgn air jeruk nipis & sedikit minyak goreng. 
Sambal ini nyaris senantiasa ada disetiap warung makan di Manado. Rasanya nikmat, lebih-lebih bila dikonsumsi dengan ikan & nasi hangat. 

5. Ikan Woku Belanga 

Ikan woku belanga yakni ikan yg dimasak dalam wadah tanah liat. Dimasak bersama daun bawang, daun jeruk, daun kemangi, sereh, cabe rawit, & bumbu dapur khas yang lain. Buat mendapati makanan kuliner Manado ini, satu porsi bersama nasi rata rata seharga 25 ribu rupiah. 

6. Nasi jaha 

Nasi jaha ialah nasi ketan yg dimasak di dalam bambu. Sesudah dimasukkan ke dalam bambu, nantinya bambu dapat dibakar sampai nasi matang. Nasi ini biasanya tersedia diseluruh warung makan & restoran yg ada di Manado. 

7. Paniki 

Paniki merupakan kelelawar besar yg tidak sedikit ditemukan di Manado. Makanan khas Manado ini tergolong tipe kuliner ekstrim. 
Paniki disajikan bersama kuah yg terbuat dari santan kental yg dikasih aneka rempah termasuk juga jahe khas Manado. 
Harga Paniki seporsi berkisar 25 ribu rupiah. 

8. Tuturuga 

Tuturuga atau labi-labi (kura-kura), tapi makanan ini jadi langka sejak pemerintah melarang penangkapan kura-kura tanpa izin. 
Sajian kuliner ini disajikan bersama bahan daging sapi, ayam, atau kambing. Harganya berkisar dari 25 ribu sampai 60 ribu rupiah.

9. Kawok 

Kawok yakni tikus hutan berekor putih, lazimnya tinggal di pohon Saguer. 
Daging tikus ini dimasak & dibumbui dgn sere, lemon, cabai, bawang, kemangi, kunyit, & garoka, selanjutnya ditambah bersama santan kental. 
Rasa makanan kuliner ekstrim Manado ini gurih. Utk mencicipi Kawok, Kamu dapat merogoh kocek mulai dari 10 ribu rupiah. 

10. Saguer & Cap Tikus 

Saguer yaitu minuman khas Manado yg diambil dari pohon Saguer yg tidak sedikit ditemukan di hutan Manado. Rasa minuman ini asam, warnanya putih susu sedikit kekuningan. 
Saguer mengandung alkohol & tidak sedikit disuguhkan ketika ada acara adat. Harga Saguer per liter kira-kira 30 ribu rupiah. 
Saguer yg disuling dapat membuahkan minuman beralkohol tinggi, inilah yg ternama bersama sebutan minuman cap tikus dari Manado. 

11. Es Manado 

Es Manado ini terbuat dari buah sirsak yg dicampur dgn alpukat, mutiara, jelly, & sari kelapa. 
Campuran ini menjadikan minuman yg terasa segar dgn kombinasi rasa asam, manis, & dingin. 
Penambahan susu kental manis, gula, pun es serut menciptakan minuman kuliner Manado ini makin nikmat. 

Harganya bervariasi tergantung campuran yg di minta, berkisar mulai dari 5 ribu rupiah per porsi. 

12. Es Tji Mei 

Es Tji Mei atau es kacang merah, yaitu minuman khas Manado. Paduan kacang merah, gula, & susu menciptakan minuman ini sarat dapat gizi. Utk menambah cita rasa, rata-rata kayu manis ditambahkan waktu proses pembuatannya. Harganya kira kira 8 ribu rupiah per porsi.
Disqus Comments