Berapa Lama Waktu Yang Dibutuhkan (Pokemon Go) Untuk Sukses Dalam Semalam?

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat sukses dalam semalam? Untuk John Hanke itu membutuhkan 20 tahun untuk membuat Pokemon Go.

Minggu ini, aplikasi Pokemon Go telah memecahkan semua rekor, dengan 10 juta lebih download dalam minggu pertama, melebihi Twitter di pengguna aktif harian, dan dengan waktu rata-rata pengguna lebih tinggi dari Facebook, Snapchat, Instagram & WhatsApp.

Bagaimana John Hanke membuat semacam 'kegilaan' dalam satu malam yang besar? Berikut 10 kenaikan level dalam hidupnya untuk mencapai Pokémon Go:

Level 1: Pada tahun 1996, saat masih mahasiswa, John menciptakan MMO pertama (massively multiplayer online game) yang disebut 'Meridian 59'. Dia menjual permainan tersebut ke 3DO untuk beralih ke passion yang lebih besar: pemetaan dunia.

Level 2: Pada tahun 2000, John meluncurkan 'Keyhole' sebuah cara untuk menghubungkan peta dengan foto udara (aerial photography), dan menciptakan peta aerial dunia dalam format 3D online yang pertama yang terkoneksi dengan GPS.

Level 3: Pada tahun 2004, Google membeli Keyhole dan dengan bantuan John, ternyata Keyhole menjadi apa yang sekarang dinamakan 'Google Earth'. Saat itulah John memutuskan untuk fokus untuk menciptakan game berbasis GPS.

Level 4: John menjalankan tim Google Geo dari tahun 2004-2010, menciptakan Google Maps dan Google Street View. Selama waktu tersebut, ia mengumpulkan tim yang nantinya akan menciptakan Pokemon Go.

Level 5: Pada tahun 2010, John meluncurkan Niantic Labs sebagai start-up yang didanai oleh Google untuk membuat permainan berbasiskan pada maps. John menjelaskan mengapa ia menyebutnya Niantic:

"Niantic adalah nama dari sebuah kapal penangkap ikan paus yang muncul selama demam emas dan melalui berbagai keadaan terdampar di pantai. Hal ini terjadi dengan kapal lain, juga. Selama bertahun-tahun, San Francisco pada dasarnya hanya dibangun di atas kapal tersebut. Anda bisa berdiri di atas mereka sekarang, dan Anda tidak akan tahu itu. Jadi ide ini adalah tentang adanya hal-hal tentang dunia yang benar-benar keren tapi meskipun itu di Internet, sulit untuk mengetahui kapan Anda benar-benar ada disana. "

Level 6: Pada tahun 2012, John masih bersama Niantic kemudian menciptakan MMO berbasis lokasi pertama, "ingress:

John menjelaskan: "Dalam kasus Ingress aktivitas tersebut berlapis-lapis di atas dunia nyata dan di ponsel Anda. inspirasinya adalah bahwa itu tentang sesuatu yang saya selalu gunakan untuk melamun ketika saya sedang berangkat dan pulang dari rumah ke Google. "

"Saya selalu berpikir Anda bisa membuat permainan mengagumkan menggunakan semua data Geo yang kita miliki. Saya menyaksikan ponsel menjadi lebih dan lebih kuat dan saya pikir waktunya akan tiba bahwa Anda bisa melakukan permainan petualangan yang mengagumkan berbasiskan dunia nyata."

Level 7: Pada tahun 2014, Google dan Perusahaan Pokemon bekerja sama untuk bercanda pada April Fools Day, yang memungkinkan netizen untuk menemukan makhluk Pokemon pada Google maps. Hal tersebut menjadi viral, dari situ John berpikir ide tersebut bisa diubah menjadi permainan nyata.

Level 8: John memutuskan untuk membangun Pokemon Go berdasarkan titik-titik pertemuan/meeting point yang dibuat pengguna yang diciptakan oleh pemain dari Ingress, dan yang paling populer menjadi Pokéstops dan gyms di Pokemon Go:

Seperti John katakan, "Pokéstops dibuat oleh pengguna, jadi jelas mereka berdasarkan tempat dimana orang pergi. Kami pada dasarnya memiliki data dua setengah tahun dari orang yang berpergian ke semua tempat di mana mereka pikir mereka harus bisa bermain Ingress, sehingga beberapa tempat yang cukup terpencil. Ada portal di Antartica dan Kutub Utara, dan sebagian besar poin di antaranya. "

Level 9: John mengumpulkan $ 25 juta dari Google, Nintendo, Perusahaan Pokemon dan investor lainnya dari Desember 2015 sampai Februari 2016 untuk membuat tim yang terdiri dari 40 orang lebih untuk memulai Pokemon Go tahun ini.

Level 10: John dan timnya meluncurkan Pokémon Go pada 6 Juli di Amerika Serikat, Australia dan Selandia Baru. Sejak diluncurkan, harga saham Nintendo telah meningkat $ 12 miliar, dan aplikasi yang sudah menghasilkan lebih dari $ 2.000.000 setiap hari di pembelian aplikasi, membuatnya menjadi fenomena dalam semalam.

Keberhasilan dalam semalam Pokemon Go membutuhkan waktu 20 tahun bagi John Hanke untuk membuatnya. Sepanjang 20 tahun tersebut, ia memiliki visi yang besar dari permainan berbasiskan peta dunia, dia tidak tahu bentuk permainannya nanti seperti apa. Pada setiap langkah, dia hanya terfokus pada level berikutnya.

Pada setiap tingkat yang baru, ia memiliki kekuatan baru, anggota tim baru, dan item baru dalam persediaannya.

Apakah Anda, seperti John, memperlakukan perjalanan kewirausahaan Anda sendiri seperti MMO besar?

Tetaplah simpan dalam pikiran Anda, tetapi fokus pada hari ini untuk naik level berikutnya. Pada setiap tingkat, tumbuhkan kekuatan Anda, tim Anda, dan keberuntungan Anda. Dan ketahuilah dibutuhkan banyak tingkatan untuk memenangkan permainan.



"Membutuhkan waktu 20 tahun untuk membuat sukses dalam semalam." ~ Eddie Cantor

0 komentar