Saturday, July 16, 2016

Benarkah Jumlah Perempuan Lebih Banyak Dari Laki-Laki Di Bumi Ini?

Tags

Tentunya kita sering mendengar pendapat yang menyatakan bahwa jumlah perempuan lebih banyak daripada laki-laki ataupun sebaliknya. Tetapi jika dipikir-pikir bagaimanakah yang sebetulnya benar?
Pendeknya, menurut penelitian PBB tahun 2015 ternyata jumlah laki-laki lebih banyak daripada perempuan di dunia. Dimana ada 101 laki-laki di 100 perempuan di dunia ini. Atau sekitar lebih banyak 50 juta laki-laki di dunia ini dibandingkan perempuan. Sungguh mengerikan bagi laki-laki yang masih SINGLE sampai sekarang :D.


Tetapi, yang menjadi pertanyaan sekarang apa yang menyebabkan jumlah laki-laki lebih banyak di dunia ini? Tidak seperti yang dipikirkan banyak orang, secara natural peluang kelahiran bayi berjenis kelamin lelaki ternyata lebih besar daripada perempuan. Tetapi bayi laki-laki lebih rentan terserang penyakit dan keguguran dibandingkan dengan bayi perempuan. Kemudian saat tumbuh dewasapun laki-laki juga dituntut untuk bekerja keras, mengambil resiko, hingga ikut berperang (jika terjadi perperangan), sehingga harapan hidupnya pun lebih pendek dibanding perempuan.


Selain itu ada faktor budaya yang ada di dalam masyarakat. Seperti misalnya di banyak negara di Asia dan Timur Tengah, laki-laki lebih diinginkan dibandingkan perempuan karena dianggap lebih dapat mempertahankan garis keturunan keluarga, hingga lebih dapat mampu menafkahi keluarga dibanding perempuan. Kecenderungan akan hal ini di beberapa negara sangatlah kuat, seperti misalnya: di negara Tiongkok (China) dan India. Bahkan di UEA (Uni Emirat Arab), jumlah lelaki disana hampir 3x lipat jumlah perempuan. Meskipun itu juga disebabkan oleh banyaknya jumlah imigran tenaga kerja laki-laki dari seluruh dunia ke UEA. Tetapi justru kebalikannya, di negara-negara bekas Uni Soviet jumlah perempuan lebih banyak dibanding jumlah laki-laki. Alasan utamanya adalah faktor sejarah Uni Soviet yang jaman dahulu banyak mengalami konflik/perang sehingga jumlah laki-laki disana teruslah turun.


Tetapi menurut Fisher's Principle: Perbandingan antara jumlah jenis kelamin makhluk hidup akan terus berada di keadaan yang seimbang. Karena secara natural, Kita akan menyesuaikan dengan keadaan tersebut sehingga terus terjadi keseimbangan di dunia ini. Fakta baiknya: negara tercinta kita, Indonesia ini masih memiliki jumlah perbandingan jenis kelamin yang cukup berimbang. Jadi bagi anda yang masih Jomblo janganlah takut untuk kehabisan pasangan karena jumlah laki-laki dan perempuan di negara kita masih cukup berimbang. ;)

Terima kasih sudah mampir dan membaca artikel kami. Sampai jumpa lagi.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon