11 Oleh-Oleh Khas Surabaya Paling Dicari Wisatawan

Wisata budaya, wisata alam, serta wisata kuliner merupakan merupakan aset kota Surabaya. Tidak cuma itu, makanan tradisional & oleh-oleh khas Surabaya yang lain sudah menjadi identitas kota di jatim yang berjuluk kota Pahlawan ini.

Berkunjung ke Surabaya bisa menyisakan banyak narasi. Tidak cuma sebagai kota saksi peristiwa tercetusnya hari pahlawan pada 10 November, Surabaya mempunyai ciri khas & keunikan yg kemungkinan tak sanggup kita dapatkan di kota lain.

Salah satunya seperti kuliner di Surabaya yang terkenal unik, meliputi nama, wujud, & rasa kulinernya. Perhatikan saja nama-nama seperti Lontong Balap, Kupang Lontong, Guna-Guna Snack, & puluhan kuliner yang lain.

Semuanya menunjukkan kekhasan kota metropolitan paling besar kedua di Indonesia ini & menghadirkan rasa penasaran bagi siapa saja buat berkunjung kembali suatu hari.

Oleh-Oleh Khas Surabaya 

Ada sebuah aturan tidak tertulis di mana disaat seorang mendatangi sebuah daerah, tentu membeli oleh-oleh atau cinderamata dari daerah tersebut. Begitu serta dikala berkunjung ke Surabaya, ada sekian banyak tipe oleh-oleh khas Surabaya yg ternama di kalangan wisatawan utk diboyong pulang.

1. Kerupuk Ikan Kenjeran 

Nyaris seluruh orang yang sempat ke Surabaya mengenal Kenjeran. Ya, Kenjeran merupakan salah satu pantai wisata populer di Surabaya tidak cuma Pantai Tanjung Perak yg lebih ternama juga sebagai pelabuhan. Hasil laut yg amat sangat melimpah di Pantai Kenjeran menghadirkan sebuah inovasi baru, yaitu Kerupuk Ikan Kenjeran. Ini tidak lepas dari kreativitas warga setempat dalam mengembangkan Usaha Kecil Menengah (UKM) dengan menggunakan sumber daya alam & Sumber Daya Manusia yg ada. Salah satunya dgn mengkreasikan bahan seafood utk pembuatan aneka kerupuk.

Jikalau Kamu berkeliling Surabaya menuju kawasan Pantai Kenjeran, makin dekat ke pantai tersebut Kamu bakal mencium aroma kerupuk ikan yg makin kuat. Ini wajar mengingat Kerupuk Ikan Kenjeran juga dipasarkan dalam kemasan siap makan tidak hanya dijual dalam keadaan mentah saja. Oleh-oleh khas Surabaya yg satu ini terdiri dari sekian banyak varian warna, tergantung dari bahan utamanya. Contohnya, bila warna kerupuk sedikit kehitaman, umumnya dibuat dari bahan basic cumi, kerupuk warna cokelat berarti kerupuk kerang, atau kerupuk warna hijau terbuat dari rumput laut.

Kalau Kamu berasal dari luar Jawa Timur, sebaiknya membeli kerupuk yg masihlah mentah & kemudian tinggal digoreng sendiri di rumah. Harga per kilonya bervariasi, tergantung bahannya. Umumnya pada tiap-tiap kemasan Kerupuk Ikan Kenjeran ini sudah disertakan label harganya.

Alamat Kerupuk Ikan Kenjeran : Jl. Sukolilo dan Kawasan Pantai Kenjeran, Surabaya

2. Sambal Udang Bu Rudy 

Kemungkinan terdengar lucu jikalau sambal dijadikan oleh-oleh. Tapi sambal Udang Bu Rudy ini sungguh tidak sama, terutama terhadap aroma & rasanya. Bagi pecinta rasa pedas, sambal udang ini sesuai buat oleh-oleh. Rata-rata wisatawan membelinya sekaligus dalam jumlah yang banyak. Dari cerita yg berkembang, Sambal Udang Bu Rudy mempunyai cita rasa khas yg tak akan ditemukan di lokasi lain.

Seandainya kebetulan Kamu melintas dijalan Darmahusada, jangan sampai lupa mampir di salah satu cabang penjual Sambal Udang Bu Rudy. Di sana Kamu bisa memilih aneka type sambal, mulai dari sambal udang, sambal bawang, bahkan sambal bajak pun tersedia. Varian sambal tersebut dikemas dalam toples kaca dgn beraneka ragam ukuran & harga yg berbeda-beda. Jangan Sampai lupa pula utk mencicipi kuliner yang lain, seperti Ikan Crispy, Bandeng Presto, serta Bandeng Asap.

Alamat Sambal Udang Bu Rudy : Jl. Dharmahusada No. 140, Surabaya

3. Guna-Guna Snack 

Janganlah lalu takut mendengar oleh-oleh khas Surabaya yg satu ini. Guna-Guna Snack bukanlah oleh-oleh yg berbau santet, perdukunan, atau hal-hal lain yg mistis. Sebaliknya, Guna-Guna Snack merupakan lokasi dimana Kamu bisa menemukan beraneka macam jajanan lezat, mulai dari keripik singkong, keripik kentang aneka rasa, keripik buah naga, serta banyak jajanan lainnya.

Guna-Guna Snack mampu menghadirkan sensasi rasa tidak serupa pada tiap-tiap jajanan yg ditawarkan. Kamu dapat coba keripik singkong rasa balado atau keripik kentang pedas manis, & dipastikan Kamu tak akan puas cuma menghabiskan satu bungkus saja.

Tidak hanya menyediakan aneka kategori pastry nan lezat, di Guna-Guna Snack pun ada bakso goreng, atau orang Surabaya tidak jarang menyebutnya juga sebagai Basreng. Untuk memperoleh oleh-oleh Guna-Guna Snack ini, Kamu tak perlu datang ke toko atau agen penjualan. Guna-Guna Snack sementara ini cuma melayani pemesanan via BBM, Twitter, & Whatsapp saja.

4. Bunarendang 

Bunarendang via kaskus
Bunarendang yaitu nama lain dari Burger Nasi Rendang. Namanya memang lah aneh, namun jangan remehkan kelezatan hidangan unik ini. Singkatnya, Bunarendang yaitu makanan siap saji kumplit dgn lauk rendang khas Padang yg disajikan dengan nasi berbentuk burger.

Bunarendang sendiri pun termasuk salah satu tujuan wisata kuliner Surabaya yg disukai sebab nama & rasanya menciptakan rasa penasaran bagi para penikmat kuliner. Kalau kebanyakan burger memanfaatkan roti, Bunarendang memakai nasi yg dicetak bulat seperti roti, seterusnya pada bagian tengahnya dikasih lauk rendang yang membuat wujudnya serupa burger.

Bunarendang sendiri yaitu hasil inovasi dari sekumpulan mahasiswa ITS Surabaya. Hasil kreasi ini terinspirasi dari popularitas rendang yg masuk 50 besar kuliner terlezat di dunia versi CNN.

Di Surabaya, makanan unik ini bisa Kamu dapatkan di kawasan Dukuh Kupang, Swalayan Sakinah ITS, serta Jalan Manyar. Bagi yg membelinya sebagai oleh-oleh, sebaiknya langsung dihangatkan di microwave & sesudah hangat bisa disantap kembali.

Alamat Bunarendang : Kawasan Dukuh Kupang Surabaya, Swalayan Sakinah ITS Surabaya, Jl. Manyar Surabaya, Fakultas Ilmu Budaya Unair

5. Jenang dan Sirup Mangrove 

Sirup mangrove via antarafoto
Seandainya Kamu datang ke kawasan Rungkut Surabaya, Kamu bakal menemukan satu hasil inovasi kuliner di mana tanaman mangrove bisa diolah jadi jenang lezat & sirup yg segar. Jenang dan Sirup Mangrove merupakan hasil kreativitas petani di daerah Rungkut.

Tanaman mangrove yg nyaris mustahil dijadikan makanan olahan sanggup disulap jadi jenang berwarna cokelat cerah yang mempunyai tekstur kenyal & rasa legit. Uniknya lagi, jenang mangrove ini tak dibungkus plastik atau kertas, melainkan memakai pelepah pisang kering. Kelihatan jelas bahwa kuliner yg satu ini masihlah amat sangat alami dari sudut bahan & pengemasannya.

Sementara sirup mangrove rasanya condong asam & manis. Pastinya lebih segar seandainya disajikan dingin atau dicampur es batu. Sirup ini mengandung tidak sedikit nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C, Yodium, & antioksidan yg baik buat system imunitas badan.

Alamat Jenang dan Sirup Mangrove : Jl. Sonnetaria Rungkut, Surabaya

6. Siropen Telasih 

Siropen telasih via ksmtour
Selain Sirup Mangrove, satu lagi oleh-oleh khas Surabaya berbentuk sirup, adalah Siropen Telasih. Minuman ini sudah populer sejak th 1923 silam & konon diwaktu itu dikelola oleh perusahaan milik Belanda. Sesudah mengalami perubahaan kepemilikan, hasilnya perusahaan ini jatuh ke tangan pebisnis Indonesia.

Dahulu, Siropen Telasih cuma dapat dirasakan oleh kaum bangsawan saja. Diwaktu ini sudah dibuat dalam sekian banyak varian rasa, seperti rasa Cocopandan, Mawar, Frambozen, Vanili, serta Jeruk Keprok. Kalau mau membawanya sbg oleh-oleh Surabaya, sebaiknya Kamu beli Siropen Telasih didalam kemasan premium, bukan yang reguler. Siropen Telasih dalam kemasan premium tampak seperti botol wine & mempunyai kesan mahal dan berkelas.

Alamat Siropen Telasih : Jl. Mliwis, Surabaya

7. Spikoe Resep Kuno 

Spikoe via pusatwisatakulinersurabaya
Resep kue yg dimodifkasi & condong berubah-ubah menciptakan rasa kue jadi berlainan walau namanya sama. Tapi, tak dgn Spikoe Resep Kuno khas Surabaya ini.

Spikoe Resep Kuno memang lah memanfaatkan resep kuno maka mutu & rasanya tak beralih. Oleh-oleh khas Surabaya yg satu ini merupakan kue yg terdiri dari 3 lapis, yaitu lapis kuning – cokelat – kuning. Teksturnya teramat lembut lantaran memanfaatkan tidak sedikit kuning telur & rasanya manis.

Spikoe Resep Kuno bisa Kamu beli dalam bentuk 2 paket pilihan, yaitu paket reguler & paket istimewa. Rata Rata paket teristimewa cuma ada pada momen-momen tertentu, contohnya Idul Fitri, Natal, serta Imlek. Spikoe Resep Kuno juga melayani untuk ulang tahun, pernikahan, syukuran, & lain-lainnya.

Alamat Spikoe Resep Kuno : Jl. Rungkut Madya No. 41, Surabaya

8. Almond Crispy 

Almond crispy via infojalanjalan.com
Oleh-oleh khas Surabaya Almond Crispy sebenarnya yaitu tipe cemilan baru. Walaupun kemunculannya belum demikian lama, namanya telah populer & disukai tidak sedikit masyarakat Surabaya. Bahkan tidak sedikit wisatawan dari luar daerah datang ke Surabaya hanya untuk mencari Almond Crispy ini.

Almond Crispy merupakan jajanan yg terbuat dari tepung terigu, gula, susu skim, keju, telur, serta kacang almond utk topping. Walau bahannya tak mahal & gampang didapat, tetapi soal rasa bisa diadu dengan kategori cemilan lain yg lebih mahal.

Almond Crispy mempunyai 3 pilihan rasa, yakni rasa cokelat, keju asli, dan green tea. Ketiganya sama-sama lezat & dipastikan bakal membuat Kamu ketagihan mulaidari gigitan pertama. Almond Crispy ini berbentuk tipis serta teksturnya renyah. Sehingga teramat serasi dinikmati dgn teh atau kopi di diwaktu santai atau senggang

Alamat Almond Crispy : Jl. Raya Jemursari No. 164, Surabaya (Pusat Oleh-oleh Wisata Rasa)

9. Abon Sapi Padmosusastro 

Abon sapi dua bersaudara via blogspot
Kamu bisa menjumpai oleh-oleh khas Surabaya yg satu ini di sepanjang jl. Padmosusastro. Masih banyak bakul yg menjajakan abon sapi asli. Dari narasi yg berkembang, abon sapi yg paling enak & sering dicari yakni abon sapi yg dipasarkan Kios 2 Bersaudara.

Ada dua tipe abon yg bisa Kamu pilih di sana, ada rasa manis dan pedas. Utk harganya, relatif lebih mahal sedikit ketimbang yg yang lain. Namun citarasa manis serta pedasnya sungguh nikmat.

10. Kue Blinjo & Kue Mente 

Keu blinjo & kue mente via wordpress
Inilah kue khas Surabaya yg terbuat dari bahan-bahan pilihan dgn resep kuno. Kue ini dibuat dari komposisi mente, telur, tepung, garam, mentega, gula, serta minyak babati. Kalau Kamu mencicipinya, tekstur serta rasa kue mente ini sungguh amat halus.

Rata Rata, oleh-oleh khas Surabaya yg satu ini dipasarkan dalam packing yg menarik bersama logo hiu-buaya yg jadi identitas Kota Surabaya.

11. Bandeng Asap 

Bandeng asap Sidoarjo via dgtalnews.com
Sesungguhnya makanan bandeng asap ialah makanan khas Sidoarjo yg sudah ternama sejak lama. Tahukah Kamu, bandeng asap diolah dari ikan bandeng segar pilihan yg dimatangkan dengan menggunakan teknik pengasapan. Citarasanya sungguh nikmat, terasa gurih & lembut.

Makanan ini bisa pula Kamu dapatkan di kota Surabaya, oleh karenanya tak salah seandainya dijadikan sebagai oleh-oleh khas Surabaya. Jikalau Kamu berkeliling di sana, Kamu akan menjumpai bandeng asap yg digantung di depan toko oleh-oleh.

0 komentar