Tuesday, September 13, 2016

Wisata Pantai Jogan Gunungkidul Dengan Keunikan Air Terjun Yang Mempesona

Perlu Kamu ketahui bahwa di antara puluhan wisata pantai di Yogyakarta, Pantai Jogan Gunungkidul adalah satu-satunya pantai yg paling unik. Dgn kata lain, ada suatu keistimewaan dari pantai ini yg tak dipunyai oleh sederet pantai yg membentang di pesisir Gunungkidul maupun daerah lain di Yogyakarta.

Pantai Jogan via jalanjogja
Bagaimana bisa? di Pantai Jogan Kamu bisa menemukan sebuah air terjun yg tepat berada di bibir laut yg barangkali tak bakal bisa dijumpai di daerah manapun di Indonesia.

Hal ini merupakan magnet yg mengundang decak kagum dikala Kamu melihat satu karya alam di mana air terjun jatuh ke bibir laut dari balik bukit karst yg tersembunyi.

Mendatangi beberapa obyek wisata di Yogyakarta dapat menorehkan kisah perjalanan yg berkesan kuat. Bukan cuma destinasi yg erat kaitannya dgn budaya & peninggalan peristiwa, kekayaan Yogyakarta akan wisata pantainya ialah narasi tersendiri saat Kamu mengunjungi pantai-pantai indah yg ada di sana.

Mulai dari Pantai Parangtritis sampai menikmati panorama indah di Pantai Indrayanti, Pantai Baron, serta termasuk juga Pantai Jogan Gunungkidul ini. Untuk tiket masuk, Kamu cuma butuh membayar karcis masuk Pantai Jogan 5 ribu rupiah per orang, belum termasuk juga anggaran parkir kendaraan untuk roda dua atau roda empat maupun bis.

Alamat Pantai Jogan : Desa Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta

Pantai Jogan, Gunungkidul 

Pemandangan pantai Jogan dengan samudera via piknikdong.com
Posisi Pantai Jogan bisa dikatakan serupa dengan peraduan dimana keberadaannya diapit oleh perbukitan kapur dgn ciri khas tebing-tebing yang tinggi. Ketinggian air terjun yg jatuh dari tebing menuju bibir laut sejenak bakal mengingatkan kita kepada panorama indah McWay Beach Waterfall di California.

Beberapa tahun yang lampau, keindahan Pantai Jogan Gunungkidul ini belum demikian terekspos maka hanya sedikit wisatawan asing ataupun lokal yg datang ke lokasi ini. Lokasi Pantai Jogan sendiri tepat berada di arah barat dari Pantai Siung Gunungkidul. Pantai Siung sendiri memnag terkenal, terutama bagi para penikmat olahraga petualangan, sebab tebing-tebingnya yg tinggi ialah surga bagi para pemanjat.

Menuruni tebing di pantai Jogan via initempatwisata
Sesudah melintasi jalan beraspal & tiba di kawasan wisata pantai ini, Kamu bakal melintasi jalan setapak yang mempunyai dua buah sungai kecil di bagian kiri yg nantinya akan menyatu membentuk air terjun. Tapi sayang, keindahan air terjun di Pantai Jogan Gunungkidul ini sesungguhnya paling menarik sewaktu disaksikan di musim penghujan. Dikala masa kemarau, debit air terbilang teramat rendah selain itu aliran airnya juga dipergunakan buat keperluan warga lokal.

Apabila Kamu mau merasakan nikmatnya guyuran air terjun dari atas tebing, Kamu mesti turun mengikuti jalan setapak. Harap berhati-hati dikarenakan jalan umumnya agak licin dikarenakan senantiasa basah. Kamu bisa memakai kayu-kayu sebagai pegangan yg sudah disediakan utk menolong badan.

Sesudah batuan curam & licin terlewati, Kamu masihlah mesti melintasi batuan karang yg penuh dgn anak kepiting yang mempunyai warna transparan. Namun Kamu tak usah khawatir, lantaran anak kepiting ini bukanlah dari koloni kepiting merah berbahaya layaknya yg menghuni Christmas Island di Australia. Rata-rata, masyarakat lokal senang membawa anak kepiting tersebut utk dimasak jadi lauk sewaktu musim hujan tiba.

Menuruni tebing melalui rappeling via piknikdong.com
Diluar itu, masihlah ada ada kiat lain buat menuruni tebing, yaitu menggunakan tehnik Canyoning (rappeling) air terjun. Cuma saja, Kamu mesti memakai peralatan yg lumayan & mempunyai kapabilitas yg memadai. Kalau beruntung, Kamu bisa melihat beberapa ratus kupu-kupu liar yg bermain-main di bebatuan yg kering.

Sesudah menuruni jalanan yg licin & curam dan melewati ribuan anak kepiting liar yg menghuni batuan karang, Kamu akan bisa menikmati keajaiban Pantai Jogan Gunungkidul yg mempesona.

Sejauh mata memandang horizon di depan, langit senja diatas Samudera Hindia sungguh tampak luar biasa & Kamu akan menjadi saksi eloknya batu karang menghempas gululungan ombak & melemparkannya ke pantai. Sementara di belakang sana, suara gemuruh air terjun seolah mendendangkan orkestra alam yg menaikkan puji-pujian atas mahakarya Sang Pencipta.

Nada air terjun ini terdengar bergemuruh di telinga, namun inilah momen paling istimewa di mana Kamu sanggup menikmati percikan airnya sebelum hasilnya menyatu di laut. Keindahan alam yg mempesona serta panorama langit yg demikian indah merupakan suguhan yg bakal Kamu nikmati di kawasan wisata Pantai Jogan Gunungkidul ini, seolah membantah anggapan bahwa Kab Gunungkidul yakni wilayah yg gersang.

Hotel di Pantai Jogan Gunungkidul 

Kamu bisa mencari hotel atau penginapan dekat Pantai Jogan Gunungkidul dengan secara online untuk mengetahui ketersediaan kamar. Salah satu online booking yg terkenal adalah AGODA.

Jalur Perjalanan ke Pantai Jogan Gunungkidul 

Pantai Jogan Gunungkidul terletak di Desa Purwodadi atau berjarak lebih kurang 70 kilo meter dari pusat kota Yogyakarta. Kamu memerlukan waktu tempuh sekitar 2 jam utk bisa tiba di lokasi Pantai Jogan ini. Kamu bisa memakai kendaraan pribadi, baik mobil atau motor & menyusuri jalanan aspal yg terbilang mulus. Tetapi, harus berhati-hari dikarenakan jalanan berkelok-kelok. Disaat Kamu sudah tiba di Pos Retribusi Pantai Siung, itu artinya perjalanan Kamu tinggal 400 meter lagi untuk sampai di Pantai Jogan. Kamu bisa mengikuti petunjuk arah yang ada di kawasan tersebut.

Bila Kamu mau memanfaatkan transportasi umum, Kamu bisa bertolak dari terminal Giwangan Yogyakarta dengan menaiki bis rute Wonosari, kemudian berganti angkutan yang akan mengantarkan Kamu menuju Desa Tepus atau arah Pantai Siung.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon