Friday, September 9, 2016

18 Lokasi Wisata Kuliner Paling Populer Di Semarang

Ngomongin masalah lokasi kuliner, salah satu destinasi yg tak boleh dilewatkan yaitu Kota Semarang. Wisata kuliner Semarang menyajikn hidangan kuliner yg unik & beragam. Keragaman kuliner inilah yg membuat tidak sedikit kalangan wisatawan memasukkan Kota Semarang dalam list destinasi wisata mereka. 

Kuliner asli dari Semarang mempunyai ciri khas yg unik, terutama dalam hal citarasanya. Bahan-bahan yg digunakan dalam pengolahan kulinernya biasanya memakai resep tradisional.

Ada satu aspek yg menarik. Walaupun bermacam menu kuliner Semarang ini terbilang jarang dijumpai di daerah yang lain di Indonesia, tetapi harga yg ditawarkan masihlah terjangkau oleh kantong. Factor ini pun yg menjadikan bermacam lokasi wisata kuliner di Semarang menjadi destinasi wisata yg berkesan, baik citarasa ataupun harganya.

Lokasi Wisata Kuliner di Semarang 

Sebelum berkunjung ke Semarang, sebaiknya Kamu mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk juga list lokasi wisata kuliner di Semarang yg hendak dikunjungi. Utk memudahkan Kamu, berikut ini yakni beberapa lokasi wisata kuliner paling terkenal di Semarang yg bisa Kamu kunjungi.

1. Pesta Keboen 

Pesta Keboen Restoran via wordpress.com
Tempat makan dengan desain tempo dahulu sedang jadi trend dewasa ini, termasuk juga restoran yg satu ini. Pesta Keboen mengusung gagasan resto bernuansa klasik & dalam perjalanannya tidak perlu waktu lama buat menarik kehadiran penikmat kuliner di Semarang.

Dari design bangunannya, restoran Pesta Keboen menampilkan suasana vintage termasuk juga desain interiornya. Resto ini dibagi jadi 2 lokasi, yakni indoor & outdoor. Ruangan indoor adalah kawasan non-smoking, sedangkan tempat outdoor merupakan kawasan bebas merokok. Di ruangan outdoor ini, Kamu bisa menikmati menu makanan sambil menyaksikan pemandangan diluar resto. Seandainya memilih sektor indoor, Kamu akan melihat koleksi benda-benda antik di sana sembari menunggu menu pesanan datang.

Tidak Hanya menyajikan menu khas Semarang & menu tradisional Jawa yang Lain, Pesta Keboen juga di lengkapi wahana permainan bagi anak-anak. Pada hari-hari tertentu, visitor resto akan dihibur dengan pertunjukan live music.

Alamat Pesta Keboen : Jl. Veteran No. 29, Semarang

2. Bebek Goreng Pak Thori 

Bebek goreng Pak Thori via blogspot
Tidak Cuma ayam goreng, hidangan bebek goreng juga salah satu menu kuliner yg diminati. Jikalau kebetulan berkunjung ke Semarang, janganlah lupa mampir di Bebek Goreng Pak Thori. Di Semarang, Bebek Goreng Pak Thori sangat populer. Beda dari lokasi yang lain, bebek goreng di sini teksturnya lebih empuk, tetapi dagingnya tak hancur. Rasanya lebih gurih & tak berbau amis sama sekali.

Tidak Cuma bebek goreng, tempat makan Bebek Goreng Pak Thori pun menyediakan menu lain, seperti ayam goreng, nasi goreng, & lele goreng. Uniknya, Kamu bisa pilih sambal lalapan yang cocok dengan selera Kamu. Cuma saja, jangan salah memilih sambal. Sambal warna merah utk rasa pedas yg “sedang”, sedangkan sambal warna hijau buat level pedas lebih tinggi. Janganlah terbalik pilih sambal di sana.

Alamat Bebek Goreng Pak Thori : Jl. Raya Gunungpati Kilo Meter. 15, Semarang

3. Soto Bangkong 

Soto bangkong via ksmtour.com
Soto Bangkong termasuk juga salah satu kuliner di Semarang yg unik & ternama karena citarasanya yg khas. Varian soto di Semarang memang lah terbilang tidak sedikit, namun Soto Bangkong mempunyai karakteristik rasa yg tidak serupa. Soto Bangkong telah berdiri sejak thn 1950. Dahulu kuliner khas Semarang ini cuma dijajakan secara dipikul berkeliling sebelum hasilnya mendiami satu area di Jalan Brigjen Katamso (dahulu bernama Jalan Bangkong).

Sepintas Soto Bangkong kelihatan sederhana bersama perpaduan kuah, ayam suwir, bihun, & irisan bawang. Tapi, perpaduan bahan-bahan ini justru membuahkan rasa yg mengagumkan. Ada menu lain juga yang disajikan di lokasi ini, yakni Garang Asam & Ayam Goreng.

Alamat Soto Bangkong : Jl. Brigjen Katamso (Jalan Bangkong) dan di Jl. Setia Budi No. 229 Srondol Semarang

4. Waroeng Semawis 

Waroeng Semawis via blogspot
Pasar Semawis atau lebih biasa disebut Waroeng Semawis sejatinya merupakan pasar malam yg terkenal, khususnya bagi masyarakat Semarang. Waroeng Semawis yg terletak di Kawasan Pecinan – Semarang ini cuma buka di malam hri(3 hri dalam seminggu, ialah Jumat, Sabtu, & Minggu). Tidak hanya menyajikan hidangan makanan khas Nusantara, lokasi wisata kuliner di Semarang ini pun menyediakan menu oriental & makanan Eropa.

Bagi peminat kuliner, khususnya Kamu yg beragama Islam, sebaiknya selektif dalam memilih kuliner yg ditawarkan di lokasi ini. Hal ini dikarenakan terdapat sekian banyak outlet yg menjajakan hidangan berbahan daging babi. Tidak cuma jadi tempat mencari makanan, Waroeng Semawis ini pula jadi ruangan strategis para bakul mainan anak-anak, pedagang baju, & aksesosis.

Alamat Waroeng Semawis : Jl. Gang Warung No. 50, Semarang

5. Rumah Makan Kampung Laut 

Rumah makan Kampung Laut via blogspot
Bisa dibilang bahwa Rumah Makan Kampung Laut merupakan lokasi wisata kuliner yg komplit. Tidak cuma lokasi makan dgn aneka menu kuliner, area ini pun menyediakan kolam pemancingan. Tidak cuma itu, tempat makan ini pun menyediakan tempat bermain khusus bagi anak-anak. Terdapat berbagai macam permainan, seperti ayunan, seluncuran, & jungkat jungkit.

Rumah Makan Kampung Laut menyajikan berbagai hidangan sedap, seperti olahan seafood, ayam, & iga sapi. Di lokasi ini, Kamu dapat memperoleh sensasi bersantap di dalam ruang makan berupa saung-saung yg mengapung di kolam. Di saung-saung tersebut, para visitor rata-rata menikmati pemandangan kolam & suasana sekitarnya sembari bersantap.

Alamat Hunian Makan Kampung Laut : Jl. Anjasmoro, Tawang Mas, Semarang (Puri Maerokoco)

6. Bakmi Jawa Pak Gareng 

Bakmi Jawa Pak Gareng via kateringsemarang.co.id
Apabila Kamu datang ke lokasi wisata kuliner di Semarang yg satu ini, Kamu bakal dimanjakan dgn 2 pilihan bakmi yg lezat, yakni Bakmi Goreng & Bakmi Kuah. Bagi pecinta bakmi, pasti saja keduanya sama-sama lezat, lebih-lebih jikalau di lengkapi dgn ayam suwir, telor, kol, & sawi. Jikalau Kamu kurang menyukai bakmi, masihlah ada aneka sate yg siap mengisi perut yg lapar.

Bakmi Jawa Pak Gareng pun menyajikan kuliner lain, yaitu Nasi Ruwet. Seandainya di Malang, hidangan kuliner ini dinamakan Nasi Mawut. Nasi Ruwet sebenarnya nasi goreng biasa, cuma saja dicampur dgn mie. Sebutan Nasi Ruwet barangkali diambil dari penampakan nasi goreng yg bercampur dgn mie tersebut. Di Bakmi Jawa Pak Gareng, seluruh makanan dimasak dgn memakai bahan bakar arang, bukan memanfaatkan kompor. Ini kemungkinan yg menciptakan citarasanya lebih alami & lezat.

Alamat Bakmi Jawa Pak Gareng : Jl. Wotgandul Dalam No. 173, Semarang

7. Mie Siang Kie 

Mie siang kie via penabiru.com
Meskipun sama-sama memanfaatkan bahan dasar dari mie olahan, terdapat perbedaan antara Mie Siang Kie & Bakmi Jawa Pak Gareng. Mie Siang Kie menyajikan mie pangsit dgn isian daging babi.

Mie Siang Kie menyajikan rasa mie yg lezat. Perpaduan antara mie, ayam suwir, kuah kaldu, & sawi rebus menghadirkan cita rasa unik, lebih-lebih ditambah pangsit berisi daging babi. Ingin merasakan keunikan rasa Mie Siang Kie? Datang saja ke kawasan Pecinan di Kota Semarang.

Alamat Mie Siang Kie : Jl. Gang Lombok (daerah Pecinan), Semarang

8. Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar 

Gulai Kambing Bustaman pak Sabar via hello-pet.com
Dari penamaannya, terbayang menu lezat lokasi wisata kuliner Semarang yg satu ini. Keberadaan Gulai Kambing Bustamar Pak Sabar adalah bukti bahwa kuliner lezat selain tersaji di restoran mewah juga tersedia di warung tenda dgn level kenikmatan yg sama.

Gulai kambing di lokasi ini benar-benar istimewa. Jikalau rata rata gulai kambing dimasak dgn santan utk memperoleh kuah yg kental, Gulai Kambing Bustaman Pak sabar justru tak memakai santan. Kelapa yg harusnya dijadikan santan justru diparut, disangrai hingga kering & ditumbuk sampai halus, selanjutnya dicampurkan bersama bumbu yang lain. Hasil akhirnya sungguh menakjubkan. Kamu tak akan memperoleh kuah kental penuh lemak, melainkan kuah bening segar yg demikian lezat. Lokasi makan ini buka tiap hri, mulai dari jam 08:00 - 16:00. Kebanyakan, puncak kehadiran visitor ada dikala jam makan siang.

Alamat Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar : belakang Gereja Blenduk, kawasan Kota Tua Semarang

9. Angkringan Gaul Ampiran 3 

Angkringan gaul Ampiran 3 via bolehtanya.com
Dari penamaannya yg menggunakan kata “gaul”, Angkringan Gaul Ampiran 3 ini memang lah dirancang buat segmen kawula muda. Seperti angkringan kebanyakan, Angkringan Gaul ini identik dgn hidangan menu nasi kucing, sate, & gorengan. Dari sudut harga pun ramah di kantong.

Namun, Angkringan Gaul Ampiran 3 bukanlah angkringan biasa. Salah satu lokasi kuliner di Semarang ini menyediakan akses akses Wi-Fi free bagi para pengunjungnya. Tidak cuma itu, Angkringan Gaul pun menyajikan pertunjukan live music setiap hari tertentu. Ide inilah yg menciptakan Angkringan Gaul Ampiran 3 tergolong kategori angkringan yg tidak biasa.

Alamat Angkringan Gaul Ampiran 3 : Jl. Durian Raya No. 29C, Semarang

10. Warung Asem-Asem Koh Liem 

Warung asem-asem Koh Liem via ksmtour.com
Tujuan wisata kuliner di Semarang yg unik bisa pula Kamu temukan di Warung Asem-Asem Koh Liem. Tempat makan yg satu ini benar-benar menyajikan menu sederhana, namun kelezatannya tidaklah sederhana. Menu kuliner yg disajikan, contohnya Lontong Cap Gomeh, Kikil Lombok Ijo, Bandeng Sarden, & yang lain. Ada satu menu andalan di ruangan ini, ialah asem-asem.

Kuliner asem-asem terbilang nyaris mirip dengan Garang Asam, tapi asem-asem memakai daging sapi yg dimasukkan dalam kuah asam manis segar. Asem-asem memakai campuran belimbing Wuluh & ditambah potongan tomat. Inilah yg menciptakan rasanya condong asam manis. Jika Kamu sedang mencari lokasi santap siang di Semarang, warung Asem-asem Koh Liem pun jadi area yg pantas dikunjungi.

Alamat Warung Asem-Asem Koh Liem : Jl. Karanganyar Blok C-4 No. 28, Semarang

11. Soto Kudus Mbak Lin 

Soto mbal Lin via tripadvisor
Inilah salah satu soto ayam yg paling nikmat di Semarang. Racikan soto Mbak Lin ini sebenarnya khas Kudus, tapi lokasi berjualannya di Semarang. Biasanya, antara soto khas Semarang & soto khas Kudus benar-benar nyaris sama. Perbedaan antar keduanya terletak kepada kuah & rasa. Soto Semarang rata rata mempunyai kuah yg condong bening, sedangkan Soto Kudus mempunyai kuah agak keruh kekuningan.

Soto Kudus Mbak Lin menyajikan soto ayam yg dengan dgn nasi atau lontong. Harga yg ditawarkan pun terbilang murah. Soto ini tambah nikmat apabila dibarengi dgn makanan yang lain, seperti sate ayam, sate paru, sate telur puyuh, perkedel, tempe goreng atau lauk lainnya.

Alamat Soto Kudus Mbak Lin : Jl. Kimangunsarkoro No. 15, Semarang

12. Bandeng Juwana Elrina (Pandanaran) 

Bandeng Juwana Elrina via blogois.com
Bandeng presto merupakan type makanan yg bisa diperoleh di luar Kota Semarang. Cuma saja, bandeng presto (bandeng duri lunak) yg dipasarkan di Bandeng Juwana Elrina ini menyajikan suguhan yg nikmat & khas. Popularitas Bandeng Juwana Elrina tidak asing di telinga tidak sedikit wisatawan, serta menjadi salah satu tujuan wisata kuliner di Semarang yg populer.

Resto yg terletak di Jalan Pandanaran ini menyajikan beraneka olahan bandeng, seperti sate bandeng, bakso bandeng, bandeng srani, tongseng bandeng, gulai bandeng, pepes bandeng, nasi goreng bandeng, nasi bakar bandeng, & lain-lain. Semuanya dipasarkan dgn harga yg ramah di kantong. Lokasi kuliner ini buka dari jam 07:00 - 22:00.

Alamat Bandeng Juwana Elrina : Jl. Pandanaran No. 57, Semarang

13. Kedai Beringin 

Kedai beringin via blogspot
Apabila Kamu mencari suatu lokasi makan yg nyaman dengan hidangan makanan yg lezat buat bersantap, maka Kedai Beringin merupakan salah satu yg disarankan. Sbg salah satu lokasi wisata kuliner Semarang yg terkenal, kedai ini menawari Kamu hidangan nikmat dengan harga yg tak mahal serta konsep kedai keluarga yg nyaman.

Kedai Beringin senantiasa ramai di waktu akhir minggu, oleh karenanya Kamu sebaiknya datang lebih awal biar tak masuk dalam list antrian. Area di kedai ini terbagi atas dua bidang, adalah indoor & outdoor. Sektor indoor dirancang mirip suasana rumahan & non-smoking area. Sementara bidang outdoor terbilang pas bagi Kamu yg mau menikmati sajian sambil bersantai ria & pasti saja bisa merokok.

Alamat Kedai Beringin : Jl. Imam Bonjol No. 114, Semarang

14. Lumpia Gang Lombok 

Lumpia Semarang via blogspot
Lumpia yakni makanan semacam rollade, di dalamnya berisi rebung, telur & daging ayam atau udang. Banyak bakul lumpia di kota Semarang. Tapi generasi tertua yg menjual kuliner khas Semarang ini berada di Jalan Gang Lombok. Lumpia Gang Lombok populer di seantero kota, serta terkenal di kalangan wisatawan.

Kios lumpia ini terbilang dekat dengan Klenteng Tay Kak Sie yg merupakan klenteng tertua di kota Semarang. Lokasi kuliner ini buka tiap hri dari jam 08:00 - 17:00. Kamu bisa menemukan lumpia dalam 2 macam wujud di sana , adalah lumpia basah & lumpia goreng.

Alamat Lumpia Gang Lombok : Jl. Gang Lombok No. 11, Semarang, jateng

15. Gulai Kepala Ikan Pak Untung 

Gule kepala ikan via blogspot
Inilah salah satu lokasi makan siang favorite di Semarang yang mempunyai masakan enak & harga terjangkau. Menu unggulan di warung ini ialah gulai kepala ikan. Kuliner Semarang yg satu ini dimasak dngan aneka campuran rempah sehingga membuat rasanya jadi lezat & menyegarkan, tidak ada aroma amis dari ikan. Kebanyakan gulai disajikan dgn taburan daun kemangi, cabai utuh, daun jeruk, & potongan daun bawang. Di warung ini tersedia sekian banyak pilihan ikan, seperti kepala kakap, nila, & salmon.

Warung makan ini buka dari jam 10:00 - 21:00. Tak cuma gulai & sup kepala ikan saja, ada juga olahan makanan yg dimasak rica-rica, asam manis, & tauco.

Alamat Gulai Kepala Ikan Pak Untung : Jl. Siwalan No. 1 Semarang (belakang Bank Mayapada, Bangkong).

16. Lekker Paimo 

Lekker Paimo via tripadvisor
Kue lekker mirip dengan crepes yg tidak sedikit dijual di mall-mall, terbuat dari campuran terigu, telor, gula & air. Kue ini dibuat diatas piringan logam yg dirancang khusus supaya bisa diputar, kemudian dimasak dgn api yang besar selama 5 menit. Di Semarang, kue lekker yg dipasarkan Lekker Paimo tersedia dalam banyak varian isi, seperti tuna, sosis, keju parut kraft sampai keju leleh (Mozzarella ).

Lekker Paimo berlokasi di depan SMA Kolase Loyola, buka mulai dari jam 11:00 - 17:00.

Alamat Lekker Paimo : Jl. Karang Anyar No. 37, Semarang

17. Nasi Goreng Babat Pak Karmin 

Nasi goreng babat Semarang via metrosemarang.com
Seandainya mau bersantap nasi goreng di Semarang, Kamu bisa mampir di Nasi Goreng Babat Pak Karmin. Kamu bisa merasakan suguhan nasi goreng dgn babat gongsonya yg special. Di lokasi makan ini, terdapat beragam macam nasi goreng dngan aneka kategori babat. Harga nasi goreng babat yg dipasarkan pun terjangkau oleh kantong.

Nasi Goreng Babat Pak Karmin dirintis sejak thn 1954. Meskipun sudah bertahun-tahun, tiada yg berubah dalam racikan & citarasa nasi gorengnya.

Alamat Nasi Goreng Babat Pak Karmin : Jl. Pemuda Semarang (Samping Jembatan Mberok).

18. Toko Oen 

Toko Oen Semarang via klikhotel.com
Di Toko Oen, Kamu akan menjumpai beraneka macam es krim yg lezat dgn harga yg tidak berbeda jauh di luar. Masih banyak kalangan wisatawan yg mengakui kelezatan & citarasa es krim di lokasi ini. Aspek ini wajar mengingat resep pembuatannya diwariskan turun-temurun maka masih mempertahankan rasa orisinil-nya. Dari sejarahnya, Toko Oen didirikan pertama kali pada 1922 di Yogyakarta. Sesudah itu, di buka cabang Toko Oen di Semarang pada 16 April 1936 & disusul cabang Toko Oen di Malang.

Tidak cuma es krim, Toko Oen pun menyajikan bermacam macam menu makanan. Kamu akan menemukan steak & huzarensla (salad ala Belanda) di lokasi ini. Hal ini wajar mengingat Toko Oen pada zaman dahulu merupakan tempat makan beberapa orang Belanda. Walaupun begitu, ada pula masakan Indonesia yg tidak kalah disukai visitor, seperti masakan sate ayam & nasi goreng spesial.

Alamat Toko Oen : Jl. Pemuda No. 52, Semarang

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon