20 Obyek Wisata Paling Terkenal Di Jakarta Untuk Dikunjungi

Jakarta merupakan pusat ekonomi Indonesia. Walaupun begitu, terdapat tidak sedikit ruang wisata di Jakarta yang menarik untuk dieksplorasi. Kota paling besar di Indonesia ini senantiasa sibuk, dapat dikatakan merupakan kota yang tidak pernah tidur.

Ada tidak sedikit penduduk Jakarta ataupun visitor dari bermacam macam daerah Indonesia yang gemar berkeliling kota ini.

Ditopang infrastruktur kota yang mutahir, Anda dengan mudah menemukan bermacam macam obyek wisata di Jakarta, dari wisata alam sampai buatan, wisata sejarah, sampai aneka hiburan bernuansa mutahir serta lokasi nongkrong terkini.

Kondisi demografis Jakarta yang heterogen serta keadaan daerahnya yang makin padat dengan pemukiman sampai gedung-gedung pencakar langit, serta temperatur yang kian panas, tidaklah menyurutkan langkah wisatawan untuk sejenak melepas penat di sejumlah area wisata di ibukota Indonesia ini.

Tempat Wisata di Jakarta


Konotasi Jakarta sebagai kota yang semrawut, banjir, mandek, serta segala permasalahan kota metropolitan benar-benar tak bisa dipungkiri. tapi, kota Jakarta tidaklah seburuk yang disangka. Dengan destinasi wisatanya, kuliner khas Jakarta dan metropolitan paling besar di Indonesia ini. Dihimpun dari beraneka sumber, berikut ini sejumlah lokasi wisata di Jakarta yang paling terkenal dikunjungi para pelancong, baik lokal ataupun mancanegara.

1. Monumen Nasional (Tugu Monas)

Merupakan monumen peringatan yang mempunyai tinggi 132 meter (433 kaki), didirikan buat mengenang perjuangan dan perlawanan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari tangan pemerintahan kolonial Hindia Belanda. Monumen yang dibangun oleh Presiden Soekarno ini mempunyai mahkota lidah api yang dilapisi lembaran emas.

Monas
Monas ialah area wisata di Jakarta yang paling terkenal, sekaligus juga salah satu bangunan yang menjadi kebanggaan Republik Indonesia. Monumen ini diarsiteki oleh Friedrich Silaban & R.M. Soedarsono ini terbuka buat umum tiap-tiap hari mulai jam 08:00 sampai 15:00, kecuali Senin minggu terakhir tiap-tiap bulannya ditutup untuk umum.

Di bawah Monas, terdapat Museum Sejarah Nasional Indonesia di kedalaman 3 meter. Museum ini berukuran luas 80 x 80 meter, mampu menampung visitor sampai 500 orang. Terdapat lift yang dapat membawa Anda ke puncak Monas pada ketinggiaan 115 meter, Anda bisa melihat panorama Jakarta dari puncaknya. Kapasitas lift menampung sekitar 11 orang sekali angkut serta pelataran puncak Monas maksimal mampu menampung sampai 50 orang.

Tiket masuk Tugu Monas sebesar Rp 5 ribu per orang (dewasa), mahasiswa Rp 3 ribu, & anak-anak Rp 2 ribu. Untuk memakai lift ke puncak Monas, Anda bisa membayar karcis lift sejumlah Rp 10 ribu per orang (dewasa) atau mahasiswa Rp 5 ribu.

2. Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu merupakan salah satu obyek wisata di Jakarta yg terdiri dari sekian banyak pulau kecil ini merupakan spot menarik diantara obyek wisata lain yg masuk provinsi DKI Jakarta.

Pulau Macan kepulauan seribu
Cakupan Kepulauan Seribu terdiri dari Pulau angan-angan, Pulau Bidadari, Pulau Tidung, Pulau Pari, serta puluhan pulau lain. Sebagian besar di antaranya menyajikan suasana yang tenang bila dikunjungi dengan keluarga.

Di Kepulauan Seribu, ada tidak sedikit kegiatan yg bisa Anda lakukan, mulai dari diving, snorkeling, atau sekedar berjalan-jalan menikmati sunset di diwaktu senja. Ketersediaan media akomodasi yg baik di Kepulauan Seribu memudahkan visitor yg mau lebih lama menkimati pengalaman wisatanya.

3. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Tak cuma terkenal bagi penduduk Jakarta, Taman Mini Indonesia Indah atau TMII ialah juga destinasi ternama bagi visitor dari luar Jakarta yg mau berwisata di Jakarta. Taman Mini Indonesia Indah merupakan lokasi wisata menarik di Jakarta yg tepat dinikmati dengan keluarga. Hal ini terbukti dari banyaknya visitor memadati lokasi wisata ini, mayoritas terdiri dari anak-anak, kaum muda, serta orang tua.

TMII
Ada tidak sedikit wahana menarik yg ditawarkan Taman Mini Indonesia Indah, seperti Taman Among Puro, Kolam Renang Snow Bay, tidak ketinggalan juga Taman Ria Atmaja, Kereta gantung, pun puluhan wahana lain yg menarik. Disamping wahana, TMII pun menawarkan wisata bernuansa edukasi yg sesuai untuk kemajuan pendidikan anak.

4. Ancol Dreamland

Sempat terkenal dengan nama Taman Impian Jaya Ancol, destinasi wisata yg satu ini saat ini lebih familiar dinamakan Ancol Dreamland. Boleh menjadi Ancol Dreamland yakni icon wisata di Jakarta mengingat dalam tiap-tiap harinya, destinasi ini tidak sempat sepi dari visitor baik domestik ataupun mancanegara.

Ancol dreamland
Serupa Taman Mini Indonesia Indah, Ancol Dreamland termasuk juga lokasi wisata di Jakarta yg cocok dikunjungi bersama keluarga.

Letak Ancol Dreamland lumayan strategis maka mudah dijangkau dari bermacam macam arah. Dan seperti area wisata untuk keluarga kebanyakan, Ancol Dreamland menyajikan banyak wahana yg serasi dinikmati oleh seluruh golongan umur. Ada wahana Gelanggang Samudera, Dunia Fantasi, atau Sea World yg disukai kawula muda serta anak-anak. Tentu saja, Anda bakal dikenai budget lagi buat menikmati wahana-wahana yg ada di Ancol Dreamland.

Adapun kupon masuk pintu gerbang Ancol yakni sebesar Rp 25 ribu serta tarif masuk untuk kendaraan sebesar Rp 20 ribu (mobil) atau motor Rp 15 ribu.

5. Pulau Tidung

Diantara banyak pulau-pulau kecil yang menjadi bagian dari Kepulauan Seribu, Pulau Tidung bisa jadi lokasi wisata paling menarik untuk dikunjungi. Pulau ini mempunyai garis pantai yang demikian teduh serta asri, menciptakan wisatawan betah berlama-lama singgah di pulau mungil ini. Dominasi suasana yg santai serta nyaman pastinya teramat sesuai buat bersantai dengan kawan, kerabat, atau keluarga.

Pulau tidung
Sebagai salah satu bidang dari wisata pantai Jakarta yg indah, Pulau Tidung menawarkan bermacam macam wahana air menarik seperti Water Sport, Kano, Jet Sky, Banana Boat, serta masih banyak lagi lainnya. Bagi Anda yg hobi mengunjungi lokasi wisata air di Jakarta, Pulau Tidung merupakan satu destinasi favorite buat liburan bersama keluarga.

6. Dufan (Dunia Fantasi)

Dufan atau Dunia Fantasi ialah obyek wisata terkenal di Jakarta yang jadi bagian dari Ancol Dreamland atau Taman Impian Jaya Ancol. Sesungguhnya luas lokasi Dunia Fantasi ini tak demikian gede, cuma kira kira 9 hektar. tetapi, di dalamnya terdapat beragam wahana menarik yg siap memanjakan para pengunjung.

Dufan
Dunia Fantasi terbagi menjadi sekian banyak spot dgn background negara-negara besar di dunia, serta hal-hal bernuansa Eropa, Amerika, serta Indonesia sendiri. Uniknya masing-masing spot ini dilengkap sebanyak wahana main yg lumayan kumplit, seperti kolam renang ukuran besar serta bermacam akomodasi hiburan.

7. Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan yg berdiri sejak 1864 ini pada awalnya dikelola oleh perhimpunan penyayang Flora & Fauna Batavia. Luas lokasi ruangan wisata di Jakarta yg satu ini sekitar 147 hektar & mempunyai lebih dari 2.000 ekor satwa. Kebun binatang Jakarta yg terkenal ini mempunyai lebih dari 50.000 pohon, menciptakan suasananya sedemikian & nyaman.

Gate bonbin Ragunan
Inilah salah satu destinasi wisata anak di Jakarta yg populer, memberikan edukasi & pengenalan sejak dini bagi anak-anak mengenai kehidupan satwa di habitat aslinya.

Tiket masuk Kebun Binatang Ragunan cuma sebesar Rp 4 ribu (dewasa) per orang & anak-anak Rp 3 ribu. Anda bisa mengajak putera-puteri buat menaiki wahana ataupun satwa, seperti kuda, onta, kereta keliling, sepeda ganda, sampai melihat pentas satwa. Tetapi pasti saja, masing-masing wahana serta satwa tunggangan tersebut ada tambahan biaya.

8. Kidzania Jakarta

Obyek wisata ini adalah salah satu destinasi wisata anak di Jakarta yang disukai oleh banyak anak kecil. Kidzania Jakarta menawari rekreasi unik berkonsep EDUTAINMENT bagi anak-anak umur 2-16 thn. Tempat wisata indoor ini mempunyai bentuk seperti replika kota yg sesungguhnya, namun dalam ukuran anak-anak. Ada jalan raya, Supermarket, Rumah Sakit, Teater, Salon, dan juga kendaran lalu-lalang di sekeliling kota replika ini.

Kidzania Jakarta
Orangtua tak diperkenankan ikut dalam aktivitas wisata anak selagi berlangsung, namun orang tua didorong buat jadi penonton di Teater & Stasiun Televisi. Selain itu, ada juga Parents Lounge, ialah ruangan buat orang dewasa bersantai selagi anak-anak bermain.

Tiket masuk Kidzania Jakarta disesuaikan berdasarkan rentang umur anak, kisaran harga mulai dari Rp 50 ribu sampai Rp 250 ribu per anak. Sementara buat orang dewasa, harga kupon masuk mulai dari Rp 100 ribu sampai dengan Rp 200 ribu per orang.

9. Grand Indonesia Mall

Merupakan salah satu mall paling terkenal di Jakarta. Grand Indonesia Mall tak cuma menawari pengalaman wisata belanja, tapi juga pengalaman kuliner yg menarik. Objek wisata Jakarta yg satu ini merupakan salah satu area nongkrong di Jakarta yg disukai oleh tidak sedikit kalangan. Ukuran mall ini terbilang gede & spot perbelanjaan yg komplit dari beragam merek fashion dunia.

Grand Indonesia Mall
Lahan parkirnya pun luas, Anda harus mengingat posisi parkir kendaraan Anda supaya tak susah mencarinya. Dari salon sampai bioskop, serta restoran di Jakarta & cafe sampai desserts, semua tersedia di Grand Indonesia Mall.

Di waktu akhir minggu, salah satu destinasi wisata di Jakarta ini jadi demikian ramai dgn kunjungan orang dari beraneka umur. Sebagian besar visitor merasa tak bosan buat datang kembali mengunjungi mall Jakarta yg satu ini.

10. Masjid Istiqlal

Inilah tempat ibadah paling besar di Indonesia & Asia Tenggara yang mempunyai rancangan arsitektural yang merupakan perpaduan antara arsitektur Indonesia, Timur Tengah, & Eropa. Masjid nasional yg jadi kebanggaan rakyat Indonesia ini berawal dari konsep Menteri Agama RI kala itu, KH. Wahid Hasyim pula H. Anwar Tjokroaminoto. Kemudian oleh Presiden Indonesia yang pertama, Ir. Soekarno, pembangunan tempat ibadah diprakarsai dgn pemancangan batu pertama juga sebagai tanda dimulainya pembangunan Masjid Istiqlal pada tanggal 24 Agustus 1961.

Masjid Istiqlal
Nama “Istiqlal” berasal dari kata dalam bahasa Arab, yang berarti “Merdeka”. Masjid ini dibangun sebagai ungkapan serta wujud rasa syukur bangsa Indonesia, yg atas berkat & rahmat Tuhan Yang Maha Esa sudah terbebas dari tangan penjajah. Tahukah kamu, antara Masjid Istiqlal & Geraja Katedral Jakarta berada dalam area yg sangat dekat. Hal ini dimaksudkan oleh Presiden Soekarno untuk melambangkan semangat persaudaraan, persatuan, & toleransi beragama di Indonesia sesuai dengan Pancasila.

Masjid Istiqlal mempunyai arsitektur canggih, dinding serta lantainya berlapis marmer dan dihiasi ornamen geometrik dari baja antikarat, juga bisa menampung lebih dari 200 ribu jamaah. Rancang bangun tempat ibadah kebanggaan Indonesia ini diarsiteki oleh Frederich Silaban, seseorang penganut agama Kristen Protestan, dgn karya design tempat ibadah bersandi Ketuhanan.

Saat ini, kunjungan wisatawan ke Masjid Istiqlal selalu ramai. Selain juga sebagai lokasi ibadah, tempat ibadah ini pun menjadi objek wisata religi di Jakarta yang populer, pusat pendidikan, pun pusat kegiatan syiar agama Islam.

11. Gereja Katedral Jakarta

Merupakan gereja Katolik tertua di Jakarta yg dibangun kepada th 1901 dgn gaya arsitektural neo-gotik layaknya yg biasa ditemukan di benua Eropa. Di gereja ini mempunyai museum dgn kira kira 400 koleksi barang.

Gereje Katedral Jakarta
Beberapa koleksi yg populer adalah tongkat Paus Paulus VI serta piala Paus Yohanes Paulus II, yang merupakan kenang-kenangan selagi berkunjung ke Indonesia. Museum gereja ini terbilang kumplit untuk menjelaskan tentang agama Katolik.

12. Pasar Taman Puring

Pasar Taman Puring merupakan salah satu lokasi wisata di Jakarta yg menawarkan Anda pengalaman belanja murah produk-produk sepatu. Di pasar ini, Anda bisa menemukan sepatu yg di-reject oleh pabrik-pabrik merk gede, serta beragam sepatu brand populer versi KW. Tidak cuma sepatu, Anda pun bisa menjumpai pedagang tas, baju olahraga, jam tangan, sampai suku cadang mobil di pasar ini.

Pasar Taman Puring
Pasar yg berlokasi di daerah Kebayoran Baru ini terbilang sesak oleh pedagang, kemungkinan dapat mengurangi kenyamanan Anda berbelanja sebab dapat terasa sempit sewaktu ramai visitor. Tetapi pasti saja, ketidaknyamanan tersebut akan sirna jikalau Anda sudah mendapati barang yg Anda cari.

13. Kota Tua Jakarta

Kota Tua Jakarta merupakan salah satu lokasi wisata di Jakarta yg senantiasa ramai dikunjungi para wisatawan. Kota Jakarta dengan landmark Kota Tua-nya merupakan daya pikat wisata histori di Jakarta yg memberikan banyak wawasan sejarah. Berbagai peninggalan tempo dulu tetap bisa Anda jumpai di kawasan yg senantiasa ramai disaat akhir minggu ini. Serta para penggemar fotografi akan selalu suka bila datang ke Kota Tua.

Kota Tua Jakarta
Ada banyak landmark historis di kawasan Kota Tua ini, seperti Museum Fatahillah, Pelabuhan Sunda Kelapa, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Bank Indonesia, serta Toko Merah. Tidak cuma tempat-tempat historis, Anda pun dapat menikmati pengalaman kuliner di Kota Tua Jakarta dgn singgah di Cafe Batavia atau Cafe Gazebo, juga aneka jajanan seperti gado-gado, soto, sampai kerak telor khas Jakarta.

14. Taman Suropati

Taman Suropati mempunyai penataan taman yg rapi serta bersih. Tempat wisata di Jakarta yg satu ini merupakan salah satu destinasi favorite bagi bnayak masyarakat ibukota buat melepas lelah atau sekedar bersantai bersama keluarga & para sahabat.

Taman Suropati
Terletak di kawasan elit Menteng, taman ini ditumbuhi pepohonan tinggi yang lebat sehingga menghadirkan suasana yg sejuk & nyaman.

Meski luas taman hanya sekitar 1.5 kali lapangan sepakbola, Taman Suropati senantiasa ramai dikunjungi, terutama menjadi salah satu lokasi nongkrong kawula muda di Jakarta. Anda bisa melihat aktivitas visitor yg berolahraga, atau komunitas-komunitas yg berkumpul seperti komunitas biola, grup diskusi, dan banyak yang lainnya. Soal makanan, jangan sampai khawatir dikarenakan ada tidak sedikit penjaja makanan & minuman di seputar taman ini.

15. Museum Nasional

Adalah salah satu destinasi wisata di Jakarta yg sarat akan wawasan sejarah. Di Museum Nasional, Anda bisa menjumpai sedikitnya 141.899 benda yg terbagi dalam 7 kategori koleksi, yakni prasejarah, keramik, arkeologi, histori, numismtik-heraldik, geografi, dan etnografi.

Museum Nasional
Museum Nasional di buka tiap-tiap hari Selasa – Minggu, dari jam 08:00 - 16:00, dikala weekend tutup sampai jam 17:00. Anda bisa mengunjungi objek wisata Jakarta yg satu ini dgn membayar karcis masuk Museum Nasional sebesar Rp 5 ribu (dewasa) per orang atau Rp 2 ribu (anak-anak). Jika Anda dalam rombongan dgn minimum 20 orang, maka harga ticket masuk per orang dewasa ialah sebesar Rp 3 ribu & anak-anak (TK – SMA) Rp 1.000. Turis asing dikenai ticket masuk sebesar Rp 10 ribu per orang.

16. Pasar Tanah Abang

Bagi para penyuka wisata belanja di Jakarta, Anda mampu mengunjungi Pasar Tanah Abang. Dari subuh, sudah ada banyak toko yg buka di pasar ini dan tutup ketika magrib tiba. Pasar Tanah Abang senantiasa ramai dikunjungi & terasa penuh sesak sewaktu akhir pekan.

Pasar Tanah Abang
Anda sebaiknya datang di waktu hari kerja bila mau menikmati pengalaman belanja yg nyaman dikarenakan tak penuh sesak. serta, upayakan datang di saat pagi. Di Pasar Tanah Abang, harga-harga barang yg dipasarkan rata-rata murah. Jika Anda mau menawar, tawarlah seperlunya saja.

17. Pecinan Glodok

Inilah China Town-nya Jakarta, salah satu lokasi berkumpulnya para etnis Tionghoa yg bermukim di Jakarta. Pecinan Glodok merupakan kawasan pecinan paling besar di Indonesia, jadi salah satu motor penggerak perekonomian Jakarta semenjak dahulu kala sampai sekarang.

Gerbang masuk pecinan Glodok
Romantisme musim dulu bisa Anda nikmati selagi berjalan-jalan menyusuri kawasan Pecinan Glodok mengingat Glodok secara administratif termasuk juga dalam wilayah Kota Tua Jakarta. Glodok juga merupakan pusat perdangan elektronik di Jakarta juga destinasi kuliner bercitarasa Tionghoa yg teramat kental. Anda pun bisa menonton bangunan-bangunan vihara serta kelenteng besar di kawasan pecinan Glodok.

18. Sea World Ancol

Terletak di dalam kawasan Ancol Dreamland, Sea World Ancol ialah destinasi yg menawari Anda wawasan tentang kehidupan biota yg hidup di alam. Di Sea World Ancol, mempunyai koleksi mulai dari biota perairan tawar yang terdiri dari 22.000 ekor ikan (126 kategori) 28 reptil (5 kategori) hingga biota perairan laut yg terdiri dari 5180 ekor ikan (26 type) 30 reptil (5 type) 79 avertebrata (13 type) serta 1 mamalia.

Sea World Ancol
Destinasi wisata Jakarta yg satu ini terbilang ramai dengan para pengunjung mengingat manfaatnya yang menghibur serta fungsi edukatifnya yang besar.

19. Setu Babakan

Setu Babakan yakni kawasan perkampungan yang sudah ditetapkan jadi kawasan cagar budaya Jakarta, area di mana Anda bisa menemukan beragam bangunan serta peninggalan budaya Betawi. Di lokasi ini, terdapat satu buah danau besar yg merupakan ruangan rekreasi menyenangkan bagi tidak sedikit pengunjung.

Gerbang masuk Setu Babakan
Tempat wisata budaya Jakarta yg satu ini merupakan salah satu area paling baik utk menonton budaya Betawi original secara langsung, dari trik bercocok tanam, dagang, menciptakan kerajinan, sampai menciptakan makanan khas Betawi.

Sedikitnya, terdapat seputar 3 ribu kepala keluarga di kawasan perkampungan ini dan mayoritas ditempati oleh orang asli Betawi yang mendiami daerah tersebut dengan cara turun-temurun. Setu Babakan juga merupakan lokasi paling baik buat menyantap kuliner khas Betawi yang original, dari soto betawi, kerak telor, sampai kue apem.

20. Museum Fatahillah

Terletak di kawasan Kota Tua Jakarta, Museum Fatahillah merupakan lokasi paling baik utk mengeksplorasi banyak hal berkenaan dengan sejarah kota Jakarta. Museum Sejarah Jakarta ini berdiri sejak th 1707 dgn gaya arsitektural neoklasik khas abad ke-17.

Museum Fatahillah
Saat Anda masuk ke dalam museum ini, Anda bakal diharuskan memakai sandal lunak berwarna jingga. Hal ini mengingat lantai Museum Fatahillah berasal dari abad ke-17 & pemakaian sepatu bakal mengikis lantai tersebut.

Di museum ini, Anda bisa menjumpai tidak sedikit koleksi peristiwa sejarah sedikitnya sekitar 23.500 benda yg mengisahkan asal-usul Jakarta di periode lampau.

Perbendaharaan koleksinya terbagai dalam sekian banyak lokasi, seperti Ruang Prasejarah Jakarta, Ruang Tarumanegara, Ruang Fatahillah, Ruang Jayakarta, Ruang Sultan Agung, serta Ruang MH Thamrin.

0 komentar