Thursday, September 22, 2016

10 Oleh-Oleh Asli Semarang Paling Dicari Oleh Wisatawan

Oleh-oleh khas Semarang secara tak langsung ikut berperan serta dalam mempromosikan Kota Semarang, terutama melalui wisata kulinernya.

Tiap-tiap daerah di Indonesia mempunyai ciri khas masing-masing. Entah itu lokasi wisata, kesenian, bahkan makanan tradisional kadang jadi simbol identitas sebuah daerah. Demikian pun dengan kota Semarang, salah satu tujuan wisata yang terkenal di Indonesia.

Perjalanan wisata di Semarang tidaklah cukup hanya dengan mandatangi sejumlah pantai maupun landmark yang menarik di sana, seperti Lawang Sewu atau kawasan Kota Lama Semarang. Ada satu hal yang tidak kalah menarik dari Kota Semarang, adalah hidangan khas kulinernya yang beraneka ragam.

Telah sejak dulu kuliner Semarang dikenal oleh banyak wisatawan. Masih banyak wisatawan, baik domestik ataupun mancanegara menyatakan bahwa yang paling berkesan dari Kota Semarang yaitu hidangan kulinernya yang khas serta tak bisa ditemukan di daerah lain.

Dikarenakan karakteristik wisata kulinernya yang khas, tidak pelak banyak olahan makanan serta kreativitas lokal turut dibawa pulang oleh banyak pelancong. Oleh-oleh asli Semarang ini telah menjadi sesuatu yang wajib diboyong pulang selagi berwisata di sana.

Oleh-Oleh Khas Semarang

Kalau Kamu sudah puas berkeliling menikmati banyaknya area wisata di Semarang, sempatkan diri Kamu buat membeli oleh-oleh khas Semarang berikut ini.

1. Lumpia

Kuliner yang satu ini dari dahulu memang lah jadi ciri khas-nya Kota Semarang. Bahan isian yang terdiri dari rebung serta ayam manis yang gurih menciptakan tidak sedikit wisatawan senantiasa merindukannya.

Lumpia via wikihow
Oleh-oleh khas Semarang yang satu ini lumayan gampang didapatkan. Nyaris di tiap-tiap penjuru Kota Semarang ada yang menjual Lumpia. Tapi kalau mau coba Lumpia asli dari tempatnya, Kamu bisa langsung datang ke pusat produksi Lumpia di Gang Lombok, suatu kawasan Pecinan di Semarang.

Kamu dapat menemukan Lumpia yang sudah dikemas dalam besek (wadah kotak yang terbuat dari anyaman bambu). Perlu Kamu ketahui, pembuatan Lumpia di Gang Lombok ini masihlah memanfaatkan resep ori turun-temurun, sehingga rasa aslinya tetap sama.

2. Tahu Bakso Ungaran

Oleh-oleh khas dari Semarang yang satu ini serasi dinikmati kala bersantai sambil minum teh atau kopi. Tahu Bakso di Semarang ternama dikarenaka rasanya yang gurih. Bagi yang gemar pedas bakal lebih enak disantap bersama cabe rawit. Ada 2 tipe makanan tahu bakso di Semarang, yakni tahu bakso goreng serta tahu bakso rebus. Keduanya sama-sama enak serta lezat.

Tahu Bakso Ungaran via blogspot
Tahu Bakso Ungaran mempunyai sejarahnya sendiri. Bisnis tahu bakso ini awal mulanya dirintis pada tahun 1955 oleh satu orang warga Ungaran bernama Bu Pudji. Di periode itu, Bu Pudji menjajakan tahu bakso berkeliling di sekian banyak perkantoran di Ungaran & Semarang. Seterusnya bisnis tahu bakso Bu Pudji berkembang kian pesat sampai akhirnya banyak orang Semarang yang ikut menjajal usaha ini.

Jajanan tahu bakso bisa Kamu dapatkan dengan gampang dibeberapa toko oleh-oleh khas Semarang, terutamanya di kawasan Jalan Pandanaran.

3. Wingko Babat

Wingko Babat sebenarnya bukan kuliner asli dari Semarang, melainkan dari daerah Babat Lamongan. Dikarenakan Wingko Babat amat terkrnal di Semarang, tidak sedikit kalangan yang menyebut bahwa makanan ini berasal dari Semarang. Wingko Babat terbuat dari beras ketan yang ditumbuk kasar, ditambah gula serta kelapa muda. Rasanya teramat unik, legit serta lezat. Mayoritas wisatawan yang berkunjung di Semarang senantiasa mencari Wingko Babat.

Wingko Babad cap kereta api via panduanwisata.id
Wingko Babat awal mulanya dipopulerkan di Semarang oleh pendatang dari Babat Lamongan yang menetap di Semarang, adalah Nyonya Mulyono. Pada awal mula bisnis Wingko Babat dirintis, penjualannya cuma disekitar Stasiun Tawang saja. Sekarang ini oleh-oleh khas Semarang yang ternama ini bakal Kamu dapatkan dengan gampang, terutama Wingko Babat Cap Kereta Api dijalan Cendrawasih No. 14 Semarang.

4. Mocha (Moaci Gemini)

Meskipun tak setenar Lumpia atau Wingko Babat, Mocha atau disebut Moaci Gemini termasuk juga makanan khas Semarang yang patut Kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh. Layaknya Wingko Babat, Mocha sebenarnya bukan kuliner original Semarang. Konon makanan yang satu ini berasal dari negara seberang. Di Indonesia, Mocha mulanya diproduksi di Semarang.

Mochi via berjelajah.com
Oleh-oleh dari Semarang yang satu ini berbentuk unik, Mocha terbuat dari adonan tepung ketan yang diisi dengan gula serta kacang yang ditumbuk kasar, sementara dibagian terluar ditaburi wijen. Teksturnya kenyal serta terasa legit mulai dari gigitan pertama. Kuliner ini dibuat tidak memakai bahan pengawet maka cuma tahan kira kira 1 pekan. Penasaran dengan rasa Mocha? Kamu dapat membelinya di Moaci Gemini, Jalan Kentangan Barat No. 101, Semarang.

5. Bandeng Juwana Erlina

Bila Kamu pecinta masakan dari ikan, Kamu mesti singgah di Bandeng Juwana. Lokasi ini menjajakan aneka oleh-oleh khas Semarang, termasuk juga seluruh kategori makanan dari ikan bandeng yang lezat, dari mulai Otak-Otak Bandeng, Bandeng Asap, serta Bandeng Duri Lunak (Bandeng Presto).

Bandeng Juwana Elrina via blogspot
Tidak cuma buat oleh-oleh, Kamu bisa juga menikmati makanan ikan bandeng ini di tempat. Kamu tinggal masuk saja ke warung makan Bandeng Juwana Erlina, tempatnya berada di lantai 2. Ada pula aneka olahan bandeng yang lain, seperti Gudeg Bandeng, Bandeng Tauco dan Sate Bandeng. Jangan sampai melewatkan Bandeng Juwana disaat Kamu berada di Semarang, datang saja segera ke Jalan Pandanaran No. 57 Semarang ataupun Jl. Pamularsih No. 70, Semarang.

6. Brillian Super Cake

Kawasan Simpang Lima Semarang penuh dengan wisata budaya serta histori. Tidak cuma sejumlah bangunan kuno, di kawasan Simpang Lima pun terdapat sejumlah area wisata kuliner Semarang, salah satunya yakni Brillian Super Cake. Cake di sini rasanya amat enak, teksturnya halus serta terasa lembut di lidah.

Brillian Super Cake via anketempatwisata
Brillian Super Cake dibuat memanfaatkan resep kuno yang diwariskan turun-temurun maka rasa aslinya masihlah terjaga. Ada tidak sedikit varian rasa Super Cake yang dapat Kamu pilih, seperti rasa keju, coklat, almond, serta kismis. Kuliner ini tepat untuk dijadikan oleh-oleh dikarenakan bisa bertahan selama beberapa hari. Diliat dari kemasannya yang mutahir, Brillian Super Cake ini terjamin higienitasnya. Kamu bisa membeli oleh-oleh khas Semarang ini secara langsung di tempatnya, yaitu di Istana Brillian – Jalan Simpang Lima Semarang.

7. Roti Ganjel Rel

Mendengar namanya, barangkali Kamu bakal tersenyum geli. Tunggu dahulu, ini bukan roti untuk mengganjal rel kereta api. Dibalik namanya yang terbilang unik, Roti Ganjel Rel ini mempunyai rasa yang teristimewa. Tidak seperti namanya yang agak ekstrim, roti ini sesungguhnya tidak jauh berbeda dengan roti pada umumnya, cuma saja ada penambahan bahan lain yang menciptakan rasanya lebih enak.

Roti Gandjelrel via tokopedia
Roti Ganjel Rel terbuat dari adonan tepung tapioka, ditambahkan air nira, gula, santan, serta kayu manis sebagai penyedap rasa. Supaya tampilannya lebih menarik, ditaburi wijen pada bagian paling luar. Tekstur roti ini agak keras dengan dominasi warna coklat. Mungkin saja sebab tekstur serta warnanya ini yang membuat roti ini dinamakan Roti Ganjel Rel. Tidak Sedikit ahli kesehatan yang berpendapat bahwa tekstur roti yang keras ini justru amat sangat baik untuk kesehatan.

Secara turun-temurun, Roti Ganjel Rel pun senantiasa jadi hidangan wajib pada event Dugderan atau pawai menjelang bulan ramadhan. Di hari-hari biasa, barangkali Kamu bakal agak susah menemukan jajanan ini di pasaran. Tapi ada satu lokasi yang senantiasa menjajakn Roti Ganjel Rel ini, yakni kawasan pusat oleh-oleh khas Semarang yang berlokasi di Jalan Pandanaran.

8. Kaos Costa Brava van Java

Jikalau oleh-oleh berupa makanan serta cemilan terlampaui mainstream, Kamu bisa memilih alternatif yang lain, contohnya baju. Pilihan paling sesuai pasti saja kaos khas Semarang, ialah Costa Brava van Java. Dibanding product Dagadu Djogja, label Costa Brava van Java benar-benar masihlah kalah ternama. Namun, mutu kaos hasil kreatifitas anak-anak Semarang ini tidak usah diragukan lagi.

Kaos Costa Brava van Java via seputarsemarang.com
Kaos Costa Brava van Java dirancang unik sesuai dengan karakter anak muda era kini. Buat mengangkat popularitas Kota Semarang, mayoritas product kaos tersebut bergambar beberapa obyek wisata di Semarang, seperti Lawang Sewu atau Simpang Lima. Tidak Hanya kaos, tersedia pula product lain seperti tas, gantungan kunci, serta aneka accessories yang lain. Untuk memperoleh kaos Costa Brava van Java dengan harga yang murah, silahkan datang ke Jl. Tlogosari III No. 32A Tembalang. Atau, Kamu bisa memesan via online.

9. Batik Semarangan

Batik tidak cuma identik dengan kota Solo, Pekalongan atau Djogja dikarenakan Semarang pun populer dengan motif batiknya yang unik. Tidak sama dari tipe batik dari daerah lain, batik khas Semarang mempunyai motif yang condong mengekspos landmark kota Semarang, seperti Tugu Muda, Greja Blenduk, Lawang Sewu, serta landmark lainnya. Inilah kenapa tidak sedikit wisatawan yang membeli serta menjadikan batik ini sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau teman kerja.

Batik Semarangan via blogspot
Untuk membeli batik ori Semarangan, Kamu bisa berangkat ke pusat penjualannya yang terletak di Kampung Batik Semarang (Jalan Batik). Di sana, Kamu pun bisa melihat proses pembuatannya, bahkan ikut belajar cara membatik.

10. Oleh-Oleh Khas di Kampung Semarang

Seandainya Kamu bingung atau kesusahan menemukan lokasi oleh-oleh Semarang yang Kamu inginkan, Kamu bisa segera meluncur ke Kampoeng Semarang. Lokasinya berada dijalan Raya Kaligawe No. 96 Semarang. Kampoeng Semarang merupakan tempat yang pas buat memperoleh oleh-oleh khas Semarang di satu lokasi, tidak mesti capek-capek berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain.

Kampoeng Semarang via hellosemarang.com
Di Kampoeng Semarang pun terdapat beraneka ragam jajanan kuliner khas Semarang, tidak hanya bermacam macam product kerajinan hasil produksi UKM di Semarang. Masih banyak hal lain yang tersedia disini, termasuk juga sejumlah rumah makan di area Kampoeng Semarang yang siap memuaskan rasa lapar Kamu dengan menu-menun khasnya masing-masing.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon