Wednesday, November 30, 2016

Jalur Pacitan Trenggalek, Great Ocean Road dari Indonesia

Great Ocean Road adalah jalan pesisir yang dibangun di selatan Australia. Karena dibangun di kawasan pesisir jalan ini menyajikan pemandangan samudera yang indah serta formasi batuan karang yang menakjubkan. Great Ocean Road ini membentang sepanjang 243 km, panjang bukan. Dan tahukah kamu kalau di Indonesia ada loh kawasan yang menyerupai Great Ocean Road ini. Kawasan ini adalah jalur lintas selatan (JLS) antara Pacitan dan Trenggalek. Selain sebagai penghubung kedua kawasan tersebut jalur ini juga mempunyai pemandangan indah yang sayang untuk dilewatkan.

Rute penghubung antara dua kota ini, Pacitan dan Trenggalek memiliki panjang sekitar 120 kilometer, separuh panjang Great Ocean Road. Walaupun jalurnya cukup jauh, berliku-liku dan penuh tikungan; jalur ini dikelilingi oleh pesona Pantai Panggul dan pemandangan menarik sepanjang pantai selatan yang dapat terlihat dari atas bukit. Bila Anda mau merasakan deboran ombak dan melihat pemandangan indah, kamu wajib lewat jalur ini. Bagi Anda yang ingin menginap agar bisa lebih lama menikmati suasana disepanjang Pantai Panggul maupun area Pantai Taman di Lorok Ngadirojo, saat ini sudah tersedia beberapa hotel yang dibangun. Antara lain Hotel Ratu di Panggul dan satu hotel di Lorok. Waktu tempuh perjalanan dari Trenggalek - Panggul - Lorok antara 1,5 hingga 2 jam. Sedangkan dari Lorok ke Pacitan hanya memakan waktu sekitar 30 sampai 45 menit.

Untuk menikmati pemandangan indah disepanjang jalur Pacitan-Trenggalek disarankan untuk memakai kendaraan pribadi. Jika berangkat dari timur, Kamu bisa lewat Kabupaten Ponorogo lalu jalur utama Ponorogo-Pacitan. Jalur ini menjadi pilihan utama bagi warga Madiun/Surabaya yang ingin menuju ke Pacitan. Selain jalurnya paling pendek, pemandangan yang disuguhkan juga mempesona. JLS ini berlanjut terus sampai Kota Trenggalek. Sebagai informasi Pacitan kini sudah memiliki akses jalan sendiri yang lebih gampang menuju ke Pulau Bali.

Di sepanjang jalan JLS ini, masih terdapat banyak hutan-hutan yang lebat serta beberapa rumah penduduk dengan jarak satu dengan yang lain berjauhan. Kawasan ini pun juga sangat ideal untuk olah raga sepeda gunung maupun jogging, karena kondisi jalannya yang mulus dan pemandangan laut lepas yang indah. Ditambah dengan hembusan angin pantai yang semilir disertai pemandangan samudra yang biru sungguh instagramable. Meskipun begitu, di sepanjang pantai ini dilarang untuk melakukan olah raga air seperti surfing dan berenang.

Belum banyak yang tahu mengenai Kabupaten Pacitan, sebuah kabupaten indah yang terletak di sudut paling barat-selatan Provinsi Jawa Timur. Pacitan merupakan kota kelahiran Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dan tempat penghasil batu akik yang ternama. Secara geografis, letak Pacitan memang cukup terisolir. Terletak di antara deretan gunung serta perbukitan wilayah selatan pulau Jawa.

Kota Pacitan di bagian utara-barat-timur berbatasan langsung dengan perbukitan. Sebelah selatan berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Bagian timur berbatasan langsung dengan Kabupaten Trenggalek. Btw, kabupaten Trenggalek ini terkenal memiliki pantai yang indah lho. Bagian utara, kota Pacitan berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo yang ternama dengan sate ayamnya yang nikmat dan besar-besar dan reog-nya, serta Kabupaten Wonogiri.

Bagaimana setelah melihat penjelasan dan keindahan foto-foto kota Pacitan? Tertarik berkunjung kesana. Segera agendakan jadwal kunjungan Kamu untuk berkendara dan menikmati Great Ocean Road dari Indonesia ini.
Disqus Comments