Sunday, December 25, 2016

Berlibur ke Mojokerto, Jangan Lupa Foto di monumen Kapal Majapahit


Jika Kamu mau Liburan panjang Natal dan tahaun baru ke Mojokerto, ada banyak spot keren yang bisa Kamu datangi. Ada satu yang sayang untuk dilewatkan, yaitu berfoto di landmark terbaru Mojokerto, Monumen Kapal Majapahit.

Monumen Kapal Majapahit ini berdiri sejak bulan Maret 2016. Terletak di simpang empat Miji, Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto. Monumen Kapal Majapahit ini membuat taman simpang empat Miji menjadi semakin cantik. Tujuan pembuatan monumen ini adalah untuk membangkitkan rasa kebanggaan sebagai bangsa maritim.


Usulan pendirian monumen kapal majapahit ini awalnya tidak disetujui dan barulah di era Walikota Mas'ud Yunus mendapat persetujuan. Monumen ini mulai dibangun/dirakit miniatur kapalnya di tahun 2015. Pembuatan kapal ini melalui riset yang serius hingga sampai ke negeriBelanda.

Monumen ini selesai pembuatannya tepat pada tangal 17 Agustus 2015. Miniatur kapal ini mempunyai ukuran 2,5 x 0,6 meter dean tinggi sekitar 1,5 meter dihitung dari tembok dudukannya. Pembuatan monumen ini dilakukan oleh seorang perajin miniatur petahu dibantu 4 orang selama 2 bulan. Membutuhkan baja seberat 300 kg serta biaya Rp 60 juta.

Djuhhari Witjaksono

Monumen Kapal Majapahit ini dibuat oleh Djuhhari Witjaksono (87). Dia adalah seorang perajin miniatur perahu tradisional. Sejak tahun 1990, Djuhari menjadikan rumahnya sebagai galeri sekaligus sebagai bengkel pembuatan kerajinan miniatur perahu. Jika berkunjung kesana kamu akan melihat banyak miniatur kapal yang bermacam-macam.
Disqus Comments