Inilah Negara dengan Paspor Terkuat di Dunia


Bagi yang kerap traveling ke luar negeri pastilah tidak asing dengan paspor. Yup, paspor adalah pengganti identitas diri (KTP) ketika berpergian ke luar Indonesia.

Paspor sendiri bukanlah sekedar mengenai warna sampul ataupun jumlah halaman. Dari paspor kita bisa melihat kekuatan suatu negara.

Negara Jerman sebagai contoh didapuk sebagai negara yang mempunyai paspor paling kuat di dunia. Kok bisa ya?

Dikutip dari web Travel and Leisure, Passpor Index 2016 mengatakan jika pemegang paspor Jerman dapat mengunjungi 177 negara di dunia tanpa harus memakai visa. Pemegang paspor Jerman sudah menjadi yang terkuat di dunia mulai tahun 2014.

"Banyak orang di seluruh dunia menganggap paspor adalah penghalang untuk peluang mereka dalam kehidupan dan memilih untuk memberdayakan identitas mereka dan jejak global dengan mendapatkan kewarganegaraan kedua melalui investasi," kata President of Arton Capital, Armand Arton dalam siaran pers di laman Passportindex.org.

Dibelakang Jerman, paspor terkuat di dunia diikuti oleh negara Swedia, Italia, Swiss, Spanyol, Korea Selatan, serta Inggris. Pemegang paspor Swedia bebas traveling ke 176 negara di Dunia tanpa mengurus visa.

Untuk pemegang paspor Italia, Swiss, Spanyol, serta Inggris dapat traveling ke 175 negara di dunia. Sedangkan Belgia, Denmark, Belanda d matreserika Serikat menempati posisi ke empat dengan jumlah negara yang bisa diakses 174 negara.

Untuk paspor terkuat di negara-negara non-Eropa dipegang oleh Singapura dan Korea Selatan.

Metode yang dipakai dalam status paspor terkuat di dunia ini berdasarkan nilai bebas visa. Nilai ini adalah negara-negara yang bebas dikunjungi dan kebijakan Visa on Arrival (VoA).

Passportindex.org merupakan website interaktif buatan Arton Capital yang mengumpulkan, menampilkan serta memeringkatkan paspor di dunia.

Arton Capital merupakan perusahaan penasihat keuangan global, yang mengkhususkan diri dalam Program Investor untuk residen serta kewarganegaraan di seluruh dunia.

Berikut ini daftar lengkap 25 paspor terkuat di dunia


  1. Jerman
  2. Swedia
  3. Finlandia
  4. Perancis
  5. Swiss
  6. Spanyol
  7. Korea Selatan
  8. Inggris
  9. Singapura
  10. Denmark
  11. Italia
  12. Belanda
  13. Belgia
  14. Malaysia
  15. Norwegia
  16. Jepang
  17. Amerika Serikat
  18. Austria
  19. Luxemburg
  20. Portugal
  21. Irlandia
  22. Kanada
  23. New Zealand
  24. Yunani
  25. Australia

0 komentar