Friday, February 12, 2016

9 Tempat Wisata Kota Solo Paling Kekinian

Berikut ini ialah sejumlah area wisata di Solo yang mesti Kamu jenguk. Sekian Banyak di antaranya ialah tempat-tempat menarik buat mencicipi kuliner Solo & melakukan wisata belanja.



1. Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Solo

Inilah simbol & cikal bakal kota Surakarta. Didirikan pertama kalinya pada thn 1744 oleh Sunan Paku Buwono II, Keraton Surakarta menjadi sebuah lokasi yg mempunyai tidak sedikit nilai sejarah. Tahukah Kamu, di keraton ini terdapat menara yg dinamakan Panggung Sanggabuwana. Konon, di sinilah Susuhunan bersemedi & berjumpa Nyai Rara Kidul, penguasa Pantai Selatan.
Selama menghadiri tempat wisata Solo yg satu ini, Kamu wajib mematuhi beraneka peraturan, seperti tak menggunakan topi & kacamata hitam, tak bercelana pendek, tak memakai sandal & jaket.
Kamu bisa meminjam kain bawahan utk difungsikan sewaktu mengelilingi kawasan keraton kalau pada saat itu Kamu sedang mengenakan celana pendek. Harga ticket masuk keraton ialah sebesar Rp 4 ribu per orang. Seandainya Kamu mengambil camera, dapat dikenakan  penambahan tiket Rp 2 ribu. Keraton ini terbuka utk kunjungan umum mulai sejak dari hari senin sampai kamis, pukul 08.30 – 14.00 WIB, hari jumat tutup. Ketika akhir pekan, cuma buka mulai  dari pukul 08.30 – 13.00 WIB.



2. Ngarsopura Solo

Ngarsopuro yakni kawasan pedestrian yg ditata dengan cara artistik & sungguh nyaman juga sebagai ruang nongkrong bagi kawula muda. Ngarsopuro ini terletak di Jln. Diponegoro, tepat berada di depan (selatan) Pura Mangkunegaran.
Apabila Kamu berkunjung ke kawasan wisata Ngarsopura ini menjelang sore sampai tengah malam, suasana ramai dapat kelihatan di sana.
Tidak Sedikit orang menghabiskan waktu & duduk-duduk di kursi yg tersedia di sepanjang jalan. Kamu bakal menonton kesan etnik yg kuat di lokasi wisata Solo yang satu ini dimana lukisan-lukisan terpajang di sana, lampu jalan yg terpasang dalam sangkar burung, patung-patung loro Blono, dsb.



3. Ngarsopura Night Market Solo

Ngarsopuro Night Market yaitu pasar tengah malam yg dengan secara teratur diselenggarakan tiap Sabtu – Minggu sejak mulai pukul 19.00 – 21.00 WIB.
Ini ialah ruangan berdagang yg cuma diperuntukkan bagi mereka yg mempunyai KTP Solo. Produk yg dipasarkan di pasar tengah malam ini di antaranya kerajinan, batik, souvenir, sampai makanan kuliner khas Solo.
Di ruang ini serta Kamu bakal menjumpai live performance, seperti jazz, tarian, atau musik etnik dari para penggiat seni di Solo. Hal ini ditujukan utk menambah semarak suasana di Ngarsopuro Night market.



4. Museum Batik Danar Hadi Solo

Danar Hadi merupakan salah satu pembuat batik ternama di Solo. Di museum ini, Kamu akan menjumpai koleksi corak, motif, & kategori kain batik dari penjuru nusantara.
Koleksinya bahkan mencapai 10000 helai kain batik. Oleh karena itu, museum ini dipercaya oleh MURI (Museum Rekor Indonesia) juga sebagai museum yg memiliki koleksi kain batik terbanyak.



5. Museum Radya Pustaka Solo

Museum Radya Pustaka ini terletak dekat Taman Sriwedari, ialah salah satu museum lanjut usia, bahkan yg tertua di Indonesia. Di museum ini, Kamu bisa mengetahui riwayat kota Solo di periode lampau. Bahkan, Kamu bakal menjumpai porselen yg merupakan hadiah dari Napoleon Bonaparte terhadap Sri Susuhunan Paku Buwana IV.



6. Pandawa Water World Solo

Pandawa Water World yakni wahana wisata air yg terletak di perbatasan kota Surakarta & Sukoharjo.
Lokasi wisata Solo yg satu ini mempunyai 27 wahana air, antara lain Wave Pool, Action River, Fantastic Slides, Aerated Spa, Warm Spa, Sight Tower & yang lain. Juga tersedia kolam utk balita & anak-anak.
Untuk tiket masuk Kamu mesti membayar biaya sebesar Rupiah 80 ribu per orang. Di akhir minggu, harga ticket masuk jadi Rupiah 100 ribu per orang.



7. Pasar Klewer Solo

Pasar Klewer yaitu pusat tekstil & sandang di kota Solo. Di pasar ini, Kamu mampu menemukan berbagai kain & aneka sandang, terutama kain batik. Inilah ruang wisata belanja di Solo bagi Kamu yg mau berbelanja. Di seputar Pasar Klewer pula bisa Kamu dapatkan sebanyak bakul makanan khas Solo. Tidak ayal, lokasi Pasar Klewer pun adalah lokasi wisata kuliner di Solo yg layak Kamu datangi.



8. Taman Hiburan Rakyat (THR) Sriwedari Solo

Taman Hiburan Rakyat (THR) Sriwedari merupakan area hiburan yg tepat utk anak-anak, remaja, sampai orang dewasa. Inilah taman rakyat di Solo. Di ruang wisata Solo satu ini, Kamu mampu berlibur atau menikmati kebersamaan bersama keluarga. Di dalam taman, terdapat banyaknya 16 wahana permainan & Mini Water Park. Serta ada 14 wahana stand ketangkasan, panggung hiburan, pula kafe yg sediakan menu makanan seperti nasi goreng, mie ayam, bakso, roti bakar, sampai kentang goreng. Buat dewasa, sedia serta program musik seperti band, konser dangdut, Koes Ploes-an, & yang lain.



9. Kampung Batik Laweyan Solo

Kampung Batik Laweyan ialah salah satu sentra batik yg ada di kota Solo. Apabila Kamu sempat ke ruang wisata Kota Lama Semarang, sehingga Kamu bakal mendapatkan kesan arsitektural Eropa yg pula ada di kampung Laweyan ini.
Tidak Sedikit rumah-rumah di Laweyan dibangun dgn sentuhan arsitektur Eropa yg megah & kokoh. Dahulu, rumah-rumah itu ialah kediaman para saudagar batik. Kampung Batik Laweyan merupakan salah satu lokasi belanja di Solo, Kamu bisa berbelanja aneka product batik, sejak mulai dari kain, pakaian, sampai kerajinan.
Disqus Comments