Wisata Danau Toba, Daya Pikat Danau Vulkanik Paling Besar di Dunia

maritim.go.id/
Pesona utama dari wisata Danau Toba di Sumatera Utara terletak kepada keindahan alam nan cantik jelita. Danau vulkanik paling besar di dunia ini merupakan primadona wisata Sumatera Utara, jadi salah satu dari sekian banyak destinasi wisata Indonesia yg paling ramai dikunjungi wisatawan mancanegara, selain Bali, Jakarta, Jogja, & Surabaya. 

Secara administratif, kawasan Danau Toba terbentang di tujuh Kab yg ada di Sumatera Utara, adalah Samosir, Toba Samosir, Simalungun, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Tanah Karo, & Dairi. 
Perihal ini disebabkan panjang danau yg mencapai sampai 100 kilometer dgn lebar sepanjang 30 kilometer. Danau Toba mempunyai kedalaman maksimal mencapai 529 meter dan luas danau 1.130 km persegi. 

Secara geografis, Danau Toba berada di pegunungan Bukit Barisan Propinsi Sumatera Utara dimana topografi wilayahnya didominasi oleh perbukitan & pegunungan. Wilayah yg jadi daerah tangkapan air di kawasan wisata Danau Toba terdiri dari hutan alam, hutan rapat, hutan tanaman, sampai kebun campuran. Permukaan air danau ini berada di ketinggian 903 meter dpl. Inilah suguhan panorama alam yg memikat ketika Kamu tiba di kawasan Danau Toba bersama hembusan hawa yg demikian sejuk. 

Wisata Danau Toba 

Danau Toba yakni danau hasil aktivitas vulkanik suatu gunung berumur, ialah danau yg tercipta akibat letusan vulkanik Gunung Toba yg terjadi kurang lebih 69.000 sampai 77.000 th yg dulu. Letusan Gunung Toba tersebut ribuan kali lebih besar dari letusan gunung berapi normal & mempengaruhi iklim dunia dengan cara global.
letusan vulkanik gunung toba (rovicky.wordpress.com)
Inilah letusan gunung berapi paling besar di Bumi yg pernah diketahui manusia dalam dalam tempo 25 juta th terakhir. Hasil penelitian menemukan bahwa debu hasil erupsi vulkanik purba dari gunung tersebut menyebar sampai ke Kutub Utara dengan ditemukannya bukti-bukti berwujud molekul debu vulkanik yg sama di 2.100 titik. 

Tetapi, warga lokal mempunyai kisah tersendiri mengenai pembentukan danau paling besar di Indonesia & Asia Tenggara ini. 

Menurut legenda, danau ini berawal dari kisah keluarga siluman ikan. Ada satu orang pemuda yg sedang mencari ikan & sukses memperoleh seekor ikan. Tapi nyata-nyatanya ikan tersebut tak seperti ikan pada umumnya, melainkan bisa berkata & berubah bentuknya menjadi satu orang perempuan berparas jelita dgn nama Toba. Singkat narasi, mereka menikah, tapi dengan satu syarat bahwa sang pemuda tersebut tak boleh sekalipun menyinggung asal-usul sang perempuan. 

Dalam perjalanan pernikahan mereka, Toba melahirkan seseorang anak & dikasih nama Samosir. Anak ini senang sekali makan. Sampai kepada satu buah diwaktu, Samosir diminta oleh ibunya buat mengantarkan makanan kepada bapaknya di ladang. Namun ditengah jalan, Samosir memakan habis makanan tersebut. Sang Ayah yg sudah merasa kelaparan memutuskan utk pulang ke hunian.

danau toba dari pulau samosir (mendetail.com)
Di tengah jalan, sang Ayah menyaksikan bekas-bekas makanan yg dihabiskan sang anak tadi. Hasilnya sang Ayah geram & berbicara bahwa Samosir ialah anak ikan. Seketika itu pun, hujan turun dengan derasnya & air ke luar dari dalam tanah sampai membentuk suatu danau yg sekarang dinamakan Toba & pulau yg ada di tengahnya bernama Samosir. 

Pariwisata Danau Toba menyuguhkan suatu keajaiban alam yg cantik di Pulau Sumatera. Dgn Pulau Samosir yg terletak ditengah danau, Danau Toba merupakan ikon penting dari area wisata di Sumatera Utara yg paling populer. Sekian Banyak aktivitas menarik yg paling ternama dilakukan di kawasan wisata Danau Toba ini yakni berenang, berperahu motor, sampai mendaki gunung. Kesemuanya dibalut dalam hembusan hawa yg sejuk & bersih juga kaharmonisan alam yg berpadu indah. 
licdn.com

Spot Menarik Wisata Danau Toba 

Secara umum, kawasan wisata Danau Toba bisa dinikmati pada spot wisata berikut ini: 

1. Pulau samosir 

Terletak di tengah Danau Toba, Kamu bisa menjumpai lokasi tinggal asli penduduk Batak Toba di pulau ini. Ada bermacam macam macam peninggalan kebudayaan jaman dahulu dari penduduk Batak di Pulau Samosir, di antaranya kuburan batu & desa tradisional dengan design arsitektur bangunannya yg unik. 

Kamu bisa bertolak buat menonton makam Raja Sidabutar yg sudah berumur 500 thn juga melihat patung Sigale-Gale yg mampu menari. Salah satu wisata budaya yg menarik di Kampung Tua Huta Bolon yaitu pertunjukan tarian Batak tradisional yg bernama Tari Sigale-Gale. 
panduanwisata.id
Menyewa kendaraan motor merupakan salah satu opsi lain yg menarik di Pulau Samosir. Kamu cuma butuh bertolak ke Desa Tomok di pulau tersebut utk mencari motor, lalu berkeliling pulau buat menikmati panorama asri yg ada di sana, & pastikan saja Kamu melihat panorama Danau Toba dari puncak paling tinggi yg ada di Pulau Samosir. 

Seandainya mau menyaksikan pengadilan tradisional suku Batak, pergilah ke Ambarita utk melihat Batu Parsidangan yg berumur ratusan dan juga area eksekusi mati tahanan di sana. 
tobatabo.com
Sekian Banyak ruangan menarik yang lain di Pulau Samosir bisa Kamu datangi, antara lain Danau Sidihoni & Danau Aek Natonang. Danau Aek Natonang terletak di Desa Tanjungan, mempunyai air yg demikian jernih di tengah rerumputan hijau yg tumbuh di sekelilingnya. Dari ruang ini, Kamu akan menonton panorama alam yg indah bersama bentang perbukitan yg ditumbuhi pepohonan pinus. Seperti namanya Natonang, situasi di seputaran Aek Natonang ini terasa kalem & alami. 
sisi lain danau toba (beritaseri.com)
Seandainya Kamu mau mencari oleh-oleh khas Batak, pergilah ke Desa Jangga buat membeli kain Ulos yg ditenun demikian indahnya dengan motif yg halus. Desa ini merupakan salah satu ruang komunitas Ulos tenun yg populer di Sumatera Utara dimana Kamu bisa juga menonton proses pembuatannya di sana. 

2. Kota Parapat 

Parapat ialah satu buah kota yg terletak di semenanjung yg menjorok ke arah Danau Toba. Inilah salah satu tempat wisata Danau Toba yg populer dengan jumlah kunjungan wisatawan yg banyak, serta jadi pilihan mutlak buat mengawali perjalanan ke Pulau Samosir memakai kapal ferry atau boat. 

Di Parapat, keindahan Danau Toba bisa dinikmati dengan bermacam aktivitas menarik, di antaranya yg ternama yaitu aktivitas air. Kamu bisa berenang, main ski air, berkano ria, menaiki motorboat, memancing, & lain sebagainya. Bahkan main-main golf dapat juga Kamu lakukan di Parapat. 

Di bukit Sungai Naborsahon, Kamu sanggup menonton beragam macam tanaman yg berbunga sepanjang thn, di antaranya bogenvile, pointetties, & honey sucle. Iklim yg sejuk di kota Parapat menjadikan daerah ini sebagai salah satu destinasi wisata Sumatera Utara yg ramai dikunjungi wisatawan. 
panoramio.com
Di Parapat, Kamu bisa juga bertolak ke Hunian Pengasingan Bung Karno. Inilah ruangan dimana Presiden pertama Republik Indonesia tersebut sempat diasingkan oleh Belanda pada th 1948 dengan beberapa tokoh nasional, seperti Sutan Sjahrir & Agus Salim. Hunian pengasingan ini berdiri kokoh dgn dominasi cat berwarna putih & pekarangan yg luas, mempunyai arsitektural bangunan ala Eropa klasik, & terletak di pinggir jalan kota Parapat yg menghadap ke Danau Toba. 

Di beberapa area dari kota ini, Kamu pun akan menemukan banyaknya toko yg jual bermacam macam merchandise dan aneka oleh-oleh khas Batak, dari mulai aneka accessories sampai baju. 

Hotel di Kawasan Wisata Danau Toba 

Di Pulau Samosir, Tuktuk merupakan suatu daerah yg jadi konsentrasi wisatawan dimana terdapat bermacam macam penginapan, mulai dari guesthouse sampai homestay. Sementara di kota Parapat, jumlah hotel & aneka penginapan yang lain tersedia dalam jumlah yg tidak sedikit. 

Transportasi ke Danau Toba 

Secara umum buat tiba di kawasan Danau Toba ialah dgn menaiki bis di Terminal Bus Pinang Baris kota Medan dgn trayek Medan – Parapat & perjalanan ini dapat memakan durasi waktu 6 jam. Kota Parapat terletak sejauh 176 kilo meter dari Medan & tersedia sekian banyak moda transportasi darat, seperti bis, mobil travel, taksi, & persewaan kendaraan pribadi. 

Bersama menaiki bis, Kamu cuma butuh mengeluarkan budget kira kira 40 ribu Rupiah sampai 50 ribu Rupiah per orang. Sementara itu, mobil travel bakal mematok tarif se besar 70 ribu sampai 80 ribu Rupiah per orang. Bila mau menyewa kendaraan pribadi, Kamu bakal dikenai biaya se besar 600 – 700 ribu Rupiah per hri. 

Tidak Hanya jurusan Medan – Parapat, Kamu bisa tiba di kawasan wisata Danau Toba dgn menaiki bis jalur Medan – Brastagi & dikenakan tarif 40 ribu Rupiah per orang. Setiba di Parapat, Kamu bisa menyambung rute perjalanan Kamu ke Pulau Samosir atau menikmati Danau Toba dari kota Parapat. Bila hendak ke Pulau Samosir, Kamu bisa menaiki kapal feri dengan ongkos 10 ribu Rupiah per orang.

2 komentar