Monday, June 27, 2016

Wisata Tumbak, Magnet Bunaken Jilid II di Minahasa Tenggara

Wisata Tumbak merupakan salah satu potensi wisata paling luar biasa di tanah Sulawesi Utara sesudah Bunaken. Ketika ini, publikasi & berita mengenai wisata Tumbak di Minahasa Tenggara ini masihlah sedikit. Tapi, tahukah Kamu bahwa wisata Tumbak mempunyai keindahan taman laut yg sungguh mempesona? Keindahannya sejajar dgn apa yg kemungkinan sudah Kamu rasakan di Taman Laut Bunaken yg populer itu.

Taman Laut Tambak secara geografis terletak di Kab Minahasa Tenggara, Kamu mesti menempuh perjalanan 3 jam dari kota Manado buat tiba di Desa Tumbak, suatu desa yg masuk dalam wilayah administratif Kecamatan Posumaen di Minahasa Tenggara.

Salah satu factor yg jadi karakteristik Tumbak & tak dipunyai oleh Bunaken merupakan pulau-pulau mungil berpasir putih. Pemandangan ini merupakan panorama laut yg menakjubkan yg cuma bisa Kamu temui di area wisata Minahasa yg masihlah belum populer ini. Jernihnya air laut di Tumbak yg berwarna biru sungguh indah diliat. Demikian jernihnya, menciptakan hamparan coral indah kelihatan dgn amat terang dari permukaan.
Bila Kamu mau menikmati keindahan pantai Tumbak, sehingga pilihan paling rasional yakni menyewa penginapan buat tinggal di sana tatkala paling tidak 2 hri. Terdapat suatu cottage yg bisa Kamu sewa. Cottage ini berada persis di atas laut Tumbak, Kamu bisa pergi ke cottage tersebut memakai perahu motor dengan waktu sekitar 15 menit dari Desa Tumbak.

Diving & Snorkeling di Tumbak Minahasa 

Di Tumbak, Kamu bisa pilih 20 titik snorkling & diving. Sekian Banyak spot yg menarik, antara lain Napo Kipas, Bohaga Mangrove, Bohaga Mungil, MFT 1, MFT2, Taman Karang, & Pintu Samudra.
Penyelaman di Tumbak akan membawa Kamu kepada panorama hamparan karang yg luas, baik hardcoral ataupun softcoral. Di sana, Kamu bahkan bakal menyaksikan hutan kipas laut yg beragam dalam areal seluas 300 m terhadap kedalaman 3 – 6 m.
Terkecuali snorkling & diving, aktivitas wisata menarik di Tumbak yg akan Kamu lakukan yakni dgn menikmati keindahan Tumbak bersama mengelilingi hutan mangrove memanfaatkan perahu. Seandainya Kamu menyukai, Kamu bisa melaksanakan treking di pulau-pulau menawan berpasir putih, contohnya Tumbak (Bentenan), Pulau Baling-Baling , & Pulau Ponteng.

Penginapan & Akomodasi di Tumbak 

Desa Tumbak yakni satu buah desa penangkap ikan sama seperti yg bisa Kamu temui di beraneka ragam daerah di Indonesia. Meskipun begitu, di Tumbak terdapat suatu penginapan yg berdiri diatas laut. Namanya Water Cottage. Cottage ini mempunyai dua kamar & terbuat dari papan.
Mempunyai tarif cottage se besar Rupiah 350 ribu per  malam, Kamu berkesempatan melihat sunset yg timbul di sebelah kiri Gunung Soputan, suatu gunung api di Minahasa Selatan. Tempat di sekeling cottage penuh dgn hamparan karang hidup. Kamu bahkan tak butuh jauh-jauh utk menikmati keindahan bawah laut Tumbak. Kalau Kamu suka, Kamu bisa melepas tengah malam bersama memancing ikan dari teras cottage tersebut.

Untuk informasi kamu, sekarang ini ada sekian banyak homestay yg telah mulai di buka oleh penduduk desa Tumbak bagi para penikmat perjalanan, lebih-lebih para penggemar aktivitas diving & snorkel.

Janganlah lupakan membeli sedikit oleh-oleh khas Manado untuk buah tangan buat keluarga & kerabat Kamu.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon