Sunday, September 18, 2016

10 Oleh-Oleh Paling Populer Dari Bandung Paling Dicari

Mungkin diantara Kamu ada yang bingung membeli cinderamata atau oleh-oleh khas Bandung yang layak diboyong pulang selagi berlibur di Kota Kembang tersebut.

Kota Bandung benar-benar senantiasa menarik untuk diulas. Selain terkait sejarahnya,kota ini juga mempunyai sejumlah potensi wisata dari panorama alamnya yang memikat, wisata belanja, ataupun wisata kuliner.

Oleh-oleh khas Bandung merupakan suatu hal yang tidak terpisahkan dari pengalaman tatkala berwisata di sana. Pendek kata, ada yang kurang bila sepulang dari Bandung tidak membawa oleh-oleh. Tidak Cuma lantaran unik & tidak sama, Bandung mempunyai banyak pilihan oleh-oleh, baik berupa makanan, minuman, ataupun cinderamata.

Oleh-Oleh Khas Bandung 

Berikut ini merupakan oleh-oleh khas Bandung yang mungkin saja harganya tidak terlampau mahal, tapi bisa meninggalkan kesan yang menarik.

1. Gepuk Nyonya Ong 

Gepuk merupakan jajanan sekaligus oleh-oleh khas Bandung yang terkenal di kalangan wisatawan. Gepuk Nyonya Ong, yang terletak dijalan Dr. Djunjunan ini tak pernah sepi dari costumer tiap harinya. Rasa gepuknya teramat enak lantaran dibuat dari resep tradisional yang diwariskan dengan cara turun-temurun.

Gepuk Nyonya Ong via detik.com
Gepuk yakni makanan olahan dari bahan daging sapi,di daerah lain dinamakan empal. Wujudnya sedikit aneh, merupakan potongan daging yang di-geprek serta ditipiskan dulu lalu dirangkai menggunakan lidi. Tujuannya adalah supaya daging tak hancur selagi dimasak.

Tidak cuma empal atau Gepuk daging sapi, Gepuk Nyonya Ong serta menawari oleh-oleh dari bahan ayam. Gepuk sendiri mempunyai sekian banyak varian rasa seperti Beef Lesss Sugar, Beef Salty, Beef Extra Pedas, & Beef Asli. Sedia juga Chicken Spicy & Chicken rasa Asli. Gepuk Nyonya Ong lebih lezat disantap dgn sepiring nasi hangat yg asapnya tetap mengepul.

Alamat Gepuk Nyonya Ong : Jl. Dr. Djunjunan No. 155E, Bandung, Jawa Barat

2. Surabi 

Rasa enak Surabi akan senantiasa mengingatkan kita kepada Kota Bandung. Jajanan khas Bandung ini dulunya tidak jarang dianggap sebagai ‘makanan kampung’. Tapi justru di zaman modern kini Surabi yang adalah kue tradisional dari Bandung tidak sedikit disukai oleh para wisatawan. Bahkan Surabi sendiri seolah telah jadi icon Kota Bandung yang merupakan jajanan wajib bagi visitor.

Surabi via blogspot.com
Surabi mempunyai sekian banyak varian rasa. Ada Surabi rasa Oncom, rasa Kismis, rasa Durian keju, rasa Ayam Telur Keju, serta banyak lagi pilihan rasa yang lain. Surabi ialah jajanan tradisional, tetapi bisa mengikuti perkembangan jaman. Penampilan wujud serta rasanya konsisten original biarpun dikemas lebih mutahir. Ada sekian banyak lokasi di Bandung yang menjajakan Surabi buat oleh-oleh, tapi yang populer adalah Surabi Enhai. Di Surabi Enhai, tersedia beraneka Surabi dengan rasa terlengkap serta harganya pas dikantong.

Alamat Surabi Enhaii : Jl. Setiabudi, Bandung, Jawa Barat

3. Oncom 

Jikalau Kamu sedang mencari oleh-oleh khas Bandung, janganlah lupa memasukkan Oncom dalam list belanjaan. Pendeknya, kuliner tradisional yg satu ini mempunyai rasa yang khas & unik. Oncom yakni product olahan yang terbuat dari kacang yang telah difermentasi. Dalam pengolahan setelah itu, Oncom dijadikan juga sebagai bahan baku pembuatan berbagai masakan lezat, seperti Oncom Goreng serta masakan lainnya.

Oncom via orenjieculinary.com
Oncom Raos yaitu salah satu toko yang ada di Bandung menyediakan bermacam macam tipe olahan Oncom. Oncom Raos sendiri telah ternama sejak 40 th yang lampau bersanding dengan banyak jajanan yang lain, seperti sale pisang, manisan buah, serta aneka keripik. Tidak susah menemukan tempat Oncom Raos karena letaknya yang tidak jauh dari pusat perbelanjaan Cihampelas Walk (Ciwalk).

Alamat Oncom Raos : Jl. Cihampelas No. 91 B, Bandung – Jawa Barat

4. Pisang Bolen 

Belumlah komplit membeli oleh-oleh Bandung jikalau tak menyertakan Pisang Bolen di dalamnya. Oleh-oleh khas Bandung yang satu ini rasanya teramat lezat serta sering membuat orang ketagihan.

Bolen via oleholehkhasbandung.com
Kartika Sari merupakan salah satu pusat oleh-oleh di Bandung yang menjajakan Pisang Bolen dalam rasa original. Pisang Bolen di area ini telah populer sejak thn 1970 & sampai sekarang keaslian rasanya tetap konsisten terjaga. Dapat dibilang, Pisang Bolen Kartika Sari merupakan pelopor product Pisang Bolen di Jawa Barat & lokasi ini wajib Kamu singgahi waktu berlibur di Kota Kembang.

Pisang Bolen Kartika Sari menyediakan berbagai varian rasa, seperti rasa keju, coklat keju, coklat, serta durian. Mau mencari jajanan kuliner yang lain? Janganlah khawatir, pusat oleh-oleh Kartika Sari pun menyediakan bermacam-macam pastry berisi buah & kue-kue lezat seperti risoles, kroket, bagelen, pastel, serta brownies kukus rainbow.

Alamat Kartika Sari : Jl. H. Gede No. 4 Kebun Kawung, Bandung, Jawa Barat.

5. Picnic Roll Prima Rasa 

Masyarakat Bandung memang sangat kreatif dalam berinovasi membuat beraneka kuliner lezat. Picnic Roll merupakan salah satunya. Tidak perlu waktu lama, kuliner yg satu ini telah terkenal di hati tidak sedikit orang dikarenakan rasanya yang unik serta lezat. Picnic Roll dibuat dari daging olahan yang dicincang dan sudah dibumbui pada awalnya. Daging cincang ini kemudian dimasukkan dalam kulit pastry lalu ditambahkan irisan telur rebus, seterusnya dipanggang hingga warnanya menjadi kecoklatan.

Picnic Roll Prima Rasa via ksmtour.com
Picnic Roll diproduksi pertama kali oleh toko bahan kue Prima Rasa. Ada dua varian Picnic Roll, yakni rasa daging sapi & daging ayam. Tidak hanya menciptakan Picnic Roll, di Prima Rasa pun tersedia Mousse Cake, Brownies serta Pudding Mousse.

Picnic Roll Prima Rasa tak mempunyai cabang di kota manapun, artinya cuma ada di Bandung. Aneka pastry, Picnic Roll, & seluruhnya product kue dari Prima Rasa dibuat dalam satu dapur dan seterusnya didistribusikan ke beberapa toko di kawasan Bandung. Ini dimaksudkan buat menjaga mutu rasa serta kepuasan pelanggan.

Alamat Picnic Roll Prima Rasa : Jl. Kemuning, Bandung, Jawa Barat

6. Peuyeum 

Peuyeum seharusnya menempati urutan pertama dari seluruh oleh-oleh khas Bandung. Pasalnya, oleh-oleh yang satu ini telah menjadi hal tidak terpisahkan dari Kota Bandung itu sendiri. Peuyeum benar-benar identik dengan kota Bandung. Tape ala Bandung ini mudah sekali ditemukan di berbagai tempat di Kota Bandung. Peuyeum rata rata dipasarkan dengan cara digantung di depan stand atau kios sehingga mudah dikenali oleh wisatawan.

peuyeum via ensiklopediaindonesia.com
Peuyeum atau tape adalah makanan olahan dari singkong. Proses pembuatannya lumayan gampang. Peuyeum disukai sebab bisa memberikan rasa hangat didalam badan maka tepat bila dinikmati kala hawa dingin. Kamu bisa juga menjumpai tidak sedikit bakul Peuyeum di kawasan Jalan Cihampelas, Bandung, Jabar.

Cinderamata Khas Bandung 

Beraneka ragam kuliner khas Bandung benar-benar tepat untuk dijadikan oleh-oleh, tetapi ada pula sekian banyak cinderamata khas Bandung yang tidak kalah menarik untuk dijadikan buah tangan buat keluarga. Sekian Banyak diantara cinderamata yang terkenal sebagai oleh-oleh khas Bandung yaitu sebagai berikut :

7. Tas & Sepatu Cibaduyut 

Berkwalitas tidaklah mesti berarti product luar negara (import). Bagi Kamu yang menyukai mengoleksi sepatu & tas, terutama dari bahan kulit, Kamu sebaiknya mendatangi kawasan Cibaduyut. Di kawasan ini, Kamu dapat menemukan banyak toko dengan display sepatu serta tas yang bermacam-macam.

Sepatu dan Tas Cibaduyut via sebandung.com
Kebanyakan, product yang ditawarkan di Cibaduyut lebih didominasi oleh product sepatu serta tas yang terbuat dari kulit. Meskipun product asli dalam negara, kualitasnya tak kalah dibandingkan product impor. Tidak Hanya itu, design produknya pun menarik & up to date maka kelihatan keren diwaktu dikenakan. Tidak Cuma sepatu & tas, ada pula dompet, sandal, ikat pinggang, serta accessories yang terbuat dari bahan kulit.

8. Kerajinan Tangan Lembang 

Meskipun Lembang ternama sebagai kawasan wisata alam di Bandung, kawasan ini pun populer dengan product kerajinan tangan yang menarik yang bisa dibeli sebagai oleh-oleh untuk Kamu bawa pulang.

Kerajinan Tangan Lembang via ayomlaku.com
Sekian banyak product kerajinan tangan di Lembang, diantaranya keramik, tas anyaman, sampai kerajinan dari bambu. Kamu bisa bertolak ke Jalan Raya Lembang buat memilih bermacam macam kategori kerajinan tangan yang diinginkan.

9. Baju di Factory Outlet 

Oleh-oleh khas Bandung berupa baju sampai saat ini tetap masih jadi primadona. Apalagi lagi, baju ori khas Bandung tidak sedikit beredar di banyak factory outlet. Kamu tinggal memilih utk meluncur ke Jalan Riau, Jlan Dago, atau Jalan Cihampelas. Di ke3 kawasan ini, terdapat banyak factory outlet yang bisa memenuhi hasrat belanja Kamu.

FO di Bandung via tempatwisatadibandung.info
Berbelanja di factory outlet Bandung tidak jarang bisa membuat sebahagian visitor lupa waktu. Pasalnya, banyak tersedia beragam varian pakaian model paling baru dari karya para desainer baju lokal yg kreatif.

10. Angklung 

Tertarik dengan kesenian tradisional Angklung? Alat musik dari bambu ini sanggup menghasilkan melodi yg indah sewaktu dimainkan. Buat menonton kesenian tradisional Jabar yang satu ini, Kamu bisa meluncur ke Saung Angklung Udjo dijalan Padasuka, Bandung. Di lokasi ini, diadakan pementasan Angklung tiap hari dan banyak menyedot tidak sedikit kunjungan baik dari wisatawan lokal dan wisatawan asing.

Saung angklung mang Udjo via wordpress.com
Sesudah puas menonton pertunjukan Angklung, jangan sampai lupa membeli oleh-oleh alat musik Angklung buat rekan atau keluarga. Terkecuali berupa alat musik, ada juga miniatur Angklung sebagai hiasan dinding atau gantungan kunci.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon