Monday, August 1, 2016

Wisata Bahari Di Pantai Selong Belanak Lombok

Pantai Selong Belanak dengan kontur bulan sabit

Eksistensi Pantai Selong Belanak Lombok memberi bukti bahwa pulau Lombok yg berbatasan  dgn Pulau Bali ini mempunyai potensi wisata bahari yg sungguh luar biasa.

Pantai selong Belanak mempunyai karakteristik yg unik dan pesonanya yg khas. Pantai ini mempunyai hamparan pasir putih yg panjang serta garis pantai yg melengkung menyerupai bulan sabit. Pada ujung lengkungan tersebut, terdapat sekian banyak bukit yang mempunyai panorama hijau yg alami.

Pantai Selong Belanak di Lombok adalah bagian dari Teluk Selong Belanak yang mempunyai tepian sepanjang 1km yg menghadap ke Samudera Hindia. Di seperempat bidang pantai pada sisi selatan terdapat pemukiman penduduk. Di pemukiman ini, terdapat sekitar 40 nelayan yg melaut setiap harinya. Spot ini pasti tak sesuai buat melaksanakan kegiatan wisata air sebab dapat terhalang oleh perahu penangkap ikan yg banyak tertambat di tempat tersebut.

Landskap Pantai Selong Belanak 

Berkunjung ke Pantai Selong Belanak Lombok terasa kurang kalau tak melakukan kegiatan air. Pantai Lombok yg satu ini mempunyai kontur yg landai dan air yg jernih. Kami menyarankan untuk memilih sisi pantai sebelah utara yang mempunyai kondisi air yg jernih & tenang untuk melakukan aktivitas air tersebut.

Para turis sedang berjemur dan bermain surfing
Di lokasi ini, tidak sedikit turis yg berenang, berjemur, bersantai, atau sekedar berjalan-jalan menikmati panorama pantai. Bagi Kamu yg hobi memancing, Kamu bisa pula menyewa perahu penangkap ikan buat memancing.

Di Pantai Selong Belanak Lombok ini serta Kamu bisa menonton kehidupan para nelayan yg sederhana di mana sekian banyak anak penuh ceria membantu orangtuanya mengangkut air tawar buat kebutuhan hidup setiap hari.

Aktivitas di pantai Selong Belanak
Tampak pula para pria dan suami yg memperbaiki perahu atau jala yg diperlukan utk melaut. Atau, para istri/wanita yg membawa hasil tangkapan ikan utk dipasarkan. Pendeknya, di lokasi ini Kamu bisa belajar tentang arti kehidupan damai dalam balutan kesederhanaan dan saling mencintai, sungguh sangat jauh dari kata mewah.

Kesunyian dan Kedamaian di Pantai Selong Belanak, Lombok 

Selama ini, Pantai Selong Belanak, Lombok belum hanya sedikit terpublikasi di media masa. Ini pun yg menyebabkan jumlah kunjungan turis ke area pantai yang indah ini tergolong sedikit dibandingkan Pantai Senggigi serta Kuta Lombok.

Sesungguhnya, Pantai Selong Belanak Lombok mempunyai ciri khas yg tak terdapat di bermacam pantai di pulau Lombok yang lain, yaitu suasana damai & menenangkan bagi siapa saja yg mengunjunginya. Bisa Jadi hal ini disebabkan suasana pantai yg masihlah sepi dari visitor. Namun, pantai ini bakal ramai visitor selama masa liburan tiba.

Nelaayn di pantai Selong Belanak
Sesudah periode liburan berhenti, keadaan pantai kembali sunyi. Kamu mungkin saja cuma bisa melihat beberapa turis saja yg mencoba berbaur dgn para nelayan di pinggiran pantai. Bila Kamu mau menyendiri atau meninginkan suasana yg tenang, Pantai Selong Belanak ini merupakan lokasi yg cocok utk dikunjungi.

Menyangkut sarana dan prasarana umum seperti penginapan & tempat makan, teramat gampang ditemukan. Di pinggir pantai, Kamu bakal menjumpai banyak tempat makan dgn hidangan menu khas lokal. Menu kuliner yg paling terkenal di kawasan Pantai Selong Belanak ini yaitu sate ikan dgn harga yg ramah di kantong. Kamu bisa juga menemukan cafeteria maupun lahan parkir yg lumayan luas di sana.

Tips Berwisata ke Pantai Selong Belanak, Lombok

Jikalau Kamu berasal dari luar daerah, Kamu mesti sesering mungkin bertanya menyangkut arah menuju pantai pada penduduk setempat. Hal ini disebabkan lantaran sepanjang perjalanan, nyaris tidak akan ditemukan penunjuk arah ke Pantai Selong Belanak. Besar kemungkinan Kamu bakal tersesat jikalau malu bertanya kepada penduduk sekitar.

Disarankan lebih tepatnya diharuskan Kamu datang ke pantai ini memakai mobil pribadi ataupun mobil sewaan. Jikalau Kamu memakai sepeda motor, perjalanan lumayan beresiko mengingat terdapat bagian-bagian jalan yg berpasir. Jika memakai motor, Kamu sebaiknya berhati-hati & menjaga kecepatan terutama di 15 km terakhir.

Dan juga, teramat disarankan Kamu memakai sunblock & penutup kepala utk melindungi kulit Kamu dari terik matahari. Hindari memakai sandal sewaktu berjalan-jalan di tepian pantai dikarenakan pasir yg menempel di sandal akan memunculkan lecet akibat tergesek kulit kaki.

Penginapan di Pantai Selong Belanak, Lombok 

Seandainya berniat menginap di area pantai ini, Kamu bisa memilih hotel atau resort yg ada di sana. Adapun hotel dekat Pantai Selong Belanak, di antaranya yaitu Kuta Indah Hotel, Anak Bungalows dan Restaurant, serta Kuta Paradise Lombok.

Kamu bisa mencari hotel atau penginapan dekat Pantai Selong Belanak dengan cara online untuk mengetahui ketersediaan kamar. Salah satu online booking yg direkomendasikan yaitu AGODA.

Rute Menuju ke Pantai Selong Belanak 

Pantai Selong Belanak, Lombok berjarak lebih kurang 49km dari kota Mataram. Utk tiba di area pantai ini, Kamu membutuhkan waktu tempuh sekitar 1,5 jam memakai kendaraan pribadi. Kamu bisa menggunakan rute ke Bandara Internasional Lombok. Sesudah tiba di perempatan Masjid Jami’ di daerah Panunjak, seterusnya ambil arah selatan hingga sampai di kawasan pantai. Sesudah sampai di sebuah pantai yang mempunyai hamparan pasir putih berbentuk melengkung seperti bulan sabit, berarti Kamu sudah tiba di Pantai Selong Belanak.

Kondisi jalan menuju Pantai Selong Belanak terbilang lumayan bagus walau di 15 km terakhir, Kamu bakal melintasi jalanan yg naik turun. Tatkala dalam perjalanan, Kamu bakal disuguhi pemandangan hijau ladang tembakau dibagian kiri & kanan jalan nyaris di sepanjang perjalanan.


Disqus Comments